Manfaat Air Kelapa Muda

Manfaat Air Kelapa Muda
Foto Istimewa

Air kelapa adalah dari cairan bening yang disadap dari kelapa muda yang masih hijau. Berbeda dengan santan, air kelapa muda murni didapatkan dari buah kelapa muda dan mengandung beberapa nutrisi dan elektrolit sementara santan terbuat dari air dan daging di dalam kelapa tua. Lebih dari 95% kandungan kelapa adalah air. Tidak hanya menyegarkan, lezat, sangat menghidrasi, dan menjadi alternatif minuman olahraga sehat yang sangat baik, air kelapa juga memberikan beberapa manfaat kesehatan.Air kelapa memiliki rasa manis dan pedas serta mengandung karbohidrat yang mudah dicerna dalam bentuk gula dan elektrolit. Air kelapa memiliki lebih sedikit kalori, lebih sedikit natrium, dan lebih banyak kalium daripada minuman olahraga. Rata-rata, air kelapa mengandung 5,45 kalori, 1,3 gram gula, 61 miligram kalium, dan 5,45 miligram natrium. Sebagai perbandingan, Gatorade memiliki 6,25 kalori, 1,75 gram gula, 3,75 miligram kalium, dan 13,75 miligram natrium.Adapun manfaat air kelapa muda untuk kesehatan adalah sebagai berikut.

10. 1. Menyembuhkan sakit perut

Gula dan air dari makanan sering tidak diserap dengan baik oleh lapisan perut sehingga perut menjadi radang dan menyebabkan hilangnya mineral seperti magnesium, kalium dan natrium. Air kelapa muda mampu mengembalikan kekurangan mineral tersebut dengan menyediakan potasium dan vitamin serta mineral lainnya. Tanin yang ada dalam air kelapa juga mengurangi peradangan.

9. 2. Menjaga kesehatan jantung

Air kelapa tidak mengandung lemak dan kolesterol sehingga dapat membantu meningkatkan jumlah kolesterol baik dan menurunkan jumlah kolesterol jahat dan melindungi jantung. Mengonsumsi air kelapa bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit jantung. Air kelapa juga mengandung sifat anti-platelet dan anti-inflamasi, artinya, air kelapa mampu membantu mengurangi pembentukan plak dan meningkatkan sirkulasi darah.

Baca Juga :  5 Destinasi Wisata di Cappadocia Turki, Pesonanya Bikin Betah!

8. 3. Mencegah batu ginjal

Meskipun minum banyak air biasa bisa menjaga sistem ginjal tetap sehat, minum air kelapa merupakan alternatif yang lebih baik. Minum air kelapa akan membantu mencegah batu ginjal. Menurut sebuah penelitian dalam International Brazilian Journal of Urology, air kelapa mampu mengurangi pembentukan kristal dalam urin sehingga dapat mencegah batu ginjal.

7. 4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Air kelapa muda kaya akan nutrisi dan vitamin seperti riboflavin, niacin, thiamin dan pyridoxine, dan folates, serta memiliki sifat anti-virus dan anti-bakteri yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dan melawan infeksi virus seperti flu. Air kelapa meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena asam lauratnya yang memiliki sifat antijamur, antibakteri dan antivirus, yang melawan infeksi sekaligus menyingkirkan cacing usus dan bakteri candida. Kalium dalam air kelapa juga dapat membantu menjaga sel dan darah.

6. 5. Minuman alami setelah berolahraga

Elektrolit alami dalam air kelapa muda membuatnya sangat cocok untuk minuman selepas berolahraga karena dibuat tanpa tambahan gula, pewarna makanan, atau pemanis buatan. Studi oleh International Society for Horticultural Science telah menunjukkan bahwa air kelapa dapat berfungsi mencegah dehidrasi ketika berolahraga dan membantu mengisi kembali cairan yang hilang. Para peneliti juga merekomendasikan untuk menghindari air kelapa dengan tambahan gula karena dapat menghambat proses hidrasi dan menambah kalori yang tidak diperlukan tubuh.

5. 6. Menurunkan tekanan darah

Air kelapa mungkin bagus untuk mengontrol tekanan darah. Dalam satu penelitian kecil yang diterbitkan dalami West Indian Medical Journal, orang dengan tekanan darah tinggi yang mengonsumsi air kelapa dapat secara signifikan meningkatkan tekanan darah sistolik pada 71% peserta. Selain itu, air kelapa mengandung 600 miligram (mg) potasium dalam setiap 8 ons (240 mililiter/ml). Kalium telah terbukti menurunkan tekanan darah pada orang dengan tekanan darah tinggi atau normal. Terlebih lagi, air kelapa memiliki aktivitas anti-trombotik, yang berarti dapat mencegah pembentukan gumpalan darah.

Baca Juga :  Inilah 7 Fenomena Astronomi Bulan April 2022

4. 7. Menjaga kesehatan kulit

Kurangnya hidrasi yang tepat dapat menyebabkan kulit kering,bahkan terkelupas. Minum air kelapa muda dapat berkontribusi pada kebutuhan hidrasi harian Anda yang meningkatkan sirkulasi dan kulit bercahaya.Varietas air kelapa tertentu juga memiliki vitamin C yang secara alami mampu merangsang sintesis kolagen. Ada sekitar 10 miligram Vitamin C per 100 gram air kelapa muda yang dapat membantu menjaga kulit Anda tetap kencang dan tampak awet muda.

3. 8. Memiliki kandungan antioksidan

Antioksidan sangat penting untuk menjaga tubuh tetap sehat dan awet muda. Antioksidan adalah senyawa penting yang berfungsi untuk melindungi sel-sel Anda dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas ini dapat berasal dari polusi lingkungan seperti racun, asap, produk pengawet makanan, atau stres. Stres adalah salah satu penyebab utama penuaan dan penyakit. Minum air kelapa muda yang mengandung banyak antioksidan dapat membantu melindungi tubuh. Studi dalam jurnal Anais da Academia Brasileira de Ciências telah menunjukkan bahwa air kelapa dapat memberikan antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas.

2. 9. Membantu menurunkan berat badan

Asupan air yang cukup sangat penting untuk memberi nutrisi pada setiap sel dalam tubuh dan mengoptimalkan sistem metabolisme. Banyak orang salah mengira rasa haus sebagai rasa lapar sehingga mendorong mereka untuk makan berlebihan yang dapat menyebabkan berat badan naik. Air kelapa muda memang memiliki lebih banyak kalori daripada air biasa, namun, secara substansial, air kelapa muda lebih rendah kalori daripada minuman lain seperti soda dan jus. Mengganti minuman manis dengan air kelapa muda dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan kalori.

1. 10. Membantu memaksimalkan kinerja fisik

Jika tubuh kekurangan air, Anda akan mengalami dehidrasi sehingga kinerja fisik dapat menurun. Dehidrasi dapat menyebabkan dampak negatif jika Anda kehilangan sedikitnya 2% dari kadar air tubuh. Tak jarang, atlet kehilangan sebanyak 6-10% dari berat air mereka melalui keringat karena olahraga yang intens. Hal tersebut dapat menyebabkan perubahan suhu tubuh, penurunan motivasi, dan kelelahan. Mengonsumsi air kelapa muda dapat mencegah dehidrasi secara optimal dan dapat mengurangi kelelahan sehingga mampu memaksimalkan kinerja fisik.

Baca Juga :  Ketahui 4 Gejala Darah Rendah pada Remaja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here