Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan

Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan
Foto Istimewa

Semangka adalah salah satu jenis buah yang biasa dijadikan pencuci mulut, alias makanan penutup. Buah yang satu ini cukup populer dan digemari, mulai anak-anak hingga orang dewasa. Selain mudah dicari dengan harga murah, semangka juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Tak hanya itu, bahkan semangka penting dikonsumsi bagi pria dan wanita. Semangka mengandung mineral tinggi, sehingga bisa membuat tubuh menjadi lebih segar. Buah bercangkang hijau loreng ini memiliki warna daging yang berbeda, ada yang merah dan kuning. Buah semangka mengandung kalium, protein, vitamin A, B6, C, E, dan K. Semangka juga memiliki senyawa zat besi, sodium, mangan, dan masih banyak lagi.

7. Meningkatkan Kesehatan Prostat bagi Pria

Semangka mengandung lycopene tinggi ketimbang jenis buah atau sayuran lainnya. Kandungan tersebut dipercaya memiliki kualitas antioksidan untuk menjaga kulit, jantung dan prostat tetap sehat. The University of Illinois di Chicago pernah menguji peserta tes mencerna lycopene selama tiga minggu sebelum menjalani prostatektomi. Hasilnya menunjukkan bahwa kerusakan pada jaringan prostat berkurang secara signifikan pada akhir percobaan tiga minggu.

6. Menyuburkan Kandungan

Senyawa asam folat tinggi dalam buah semangka baik dikonsumsi oleh ibu hamil, karena bisa menyuburkan kandungan serta mencegah terjadinya cacat fisik dan juga saraf pada bayi. Manfaat tersebut bisa lebih maksimal jika semangka diolah menjadi jus lebih dulu sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Anda juga perlu memisahkan bijinya terlebih dahulu.

5. Meningkatkan Produksi Sperma

Kandungan vitamin B12 dan asam folat dalam semangka sangat bermanfaat dalam pembentukan materi genetik, sehingga sangat baik untuk memperbaiki sperma abnormal, meningkatkan jumlah sperma dan juga meningkatkan kemampuan gerak sperma. Oleh karena itu, rajin-rajinlah mengonsumsi buah semangka secara rutin, terutama jika Anda yang ingin memiliki cairan sperma berkualitas, ingin meningkatkan vitalitas yang berhubungan dengan organ seksual lebih maksimal.

Baca Juga :  Ciri-Ciri Lemah Jantung Yang Wajib Diketahui

4. Menghidrasi tubuh

Melansir Health, semangka termasuk buah yang banyak mengandung air. Satu cangkir semangka memiliki lima ons air. Mengonsumsi cairan dalam jumlah yang cukup, seperti minum air putih atau makan makanan kaya air, dapat menghidrasi tubuh. Hidrasi tubuh penting untuk melancarkan peredaran darah, mengatur suhu tubuh, sampai menunjang metabolisme dan fungsi organ vital. Kekurangan cairan akibat dehidrasi bisa mengganggu kesehatan fisik dan mental.

3. Menurunkan tekanan darah

Manfaat semangka yang sayang dilewatkan lainnya yakni membantu menurunkan tekanan darah. Kandungan L-citrulline dalam semangka, terutama di bagian putih dekat kulitnya, terbukti bisa meningkatkan fungsi arteri dan membantu pembuluh darah rileks. Hal itu berguna untuk menurunkan tekanan darah.

2. Membantu mengontrol berat badan

Semangka bisa membantu mengontrol berat badan saat dikonsumsi sebagai pengganti camilan manis olahan. Sebuah penelitian dari San Diego State University pada 2019 menemukan, orang dewasa yang kelebihan berat badan dan obesitas cenderung merasakan kenyang lebih lama setelah makan semangka. Selama penelitian, salah satu kelompok diminta makan dua cangkir buah semangka segar setiap hari. Sedangkan kelompok kedua diminta makan kue rendah lemak dengan kalori sama dengan semangka. Hasilnya, para peneliti menemukan responden yang makan buah semangka lebih awet kenyang 90 menit ketimbang kue tersebut.

1. Melancarkan pencernaan

Meskipun tidak terlalu tinggi serat, buah semangka cukup untuk membantu melancarkan pencernaan. Buah ini mengandung banyak cairan dan prebiotik yang bisa merangsang pertumbuhan bakteri baik di saluran pencernaan. Selain melancarkan pencernaan, prebiotik juga bisa menunjang kekebalan tubuh, antiperadangan, dan menjaga suasana hati tetap positif.

  • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia
Baca Juga :  Kondisi Pembuluh Darah Pecah di Otak dan Penanganannya

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here