Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan Salah Satunya Bisa Menurunkan Berat Badan

Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan Salah Satunya Bisa Menurunkan Berat Badan
Foto Istimewa

Kumis kucing adalah tanaman herbal yang bisa tumbuh sekitar 1-2 meter. Biasanya tanaman ini tumbuh dengan baik di bawah terik sinar matahari dalam iklim ringan dan lebih menyukai tanah yang dikeringkan dengan baik dan kandungan organik tinggi. Dengan begitu dapat menahan kelembaban dan memiliki pH netral hingga sedikit basa. Kumis kucing secara alami tumbuh di tepi hutan, tetapi biasanya terlihat di sepanjang tepi jalan dan lahan terlantar. Namun memang hanya daunnya yang bisa dimakan dan banyak digunakan untuk teh herbal (Java Tea) di Asia Tenggara dan bagian tanaman lainnya beracun! Dikutip dari Health Benefit Times, dijelaskan bahwa karena daunnya memiliki sedikit aromatik, tanaman ini tercatat sebagai kerabat jauh dari keluarga basil. Oleh karena itu, daun kumis kucing digunakan secara medis di Malaysia, Indonesia, Filipina, dan bahkan Cina, mengingat manfaat kesehatannya begitu banyak. Chief Executive Officer Bioteknologi Melaka Profesor Dr. Ramli Hitam mengatakan daun kumis kucing telah digunakan secara turun-temurun untuk mengobati gangguan peredaran darah, batu ginjal, hipertensi, dan diabetes. “Tidak hanya itu, tanaman ini juga dianjurkan agar seseorang memiliki fungsi ginjal baik, pencegahan infeksi saluran kemih, menjaga fungsi hati yang optimal, dan mencegah asam urat,” katanya seperti dikutip dari The Star. Bioteknologi Melaka telah melakukan penelitian ekstensif pada tanaman atau daun kumis kucing dan memiliki satu produk yang diproduksi dengan memanfaatkan tanaman tersebut. Selain itu, kelompok dari School of Pharmaceutical Sciences yang diketuai oleh Dr. Amin Malik Shah Abdul Majid yang juga merupakan Dosen di Universiti Sains Malaysia, menemukan fakta bahwa kumis kucing memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat mencegah dan mengontrol pertumbuhan sel kanker. Dia mengatakan ekstrak kumis kucing bernama “Canssufive” telah diuji pada hewan dan terbukti dapat memperlambat perkembangan pembuluh darah, sehingga mencegah sel-sel kanker menyebar ke jaringan dan organ lain.

Baca Juga :  CEGAH FLU DENGAN BUNGA LAWANG

6. Membantu Masalah Pernapasan

Manfaat daun kumis kucing yang pertama adalah membantu masalah pernapasan. Daun kumis kucing sangat menjanjikan dalam mengobati masalah pernapasan seperti asma dan batuk. Untuk membuatnya efektif melawan masalah pernapasan, ramuan obat ini sering dicampur dengan ramuan kuat lainnya yang bekerja sangat baik melawan masalah pernapasan.

5. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Manfaat daun kumis kucing yang selanjutnya adalah mengatasi tekanan darah tinggi.  Bahan kimia yang ada di daun kumis kucing membantu mengurangi tingkat tekanan darah. Beberapa percaya bahwa ini adalah efek dari kandungan daun kumis kucing yang kaya antioksidan dan anti-inflamasi. Methylripariochromene kimiawi yang ada dalam ramuan dapat menurunkan tekanan darah sistolik pada tikus. Penderita hipertensi hanya harus merebus 2 gelas air dengan 2 genggam daun kumis kucing hingga tersisa 1 gelas. Ini harus dikonsumsi satu kali sehari untuk hasil yang maksimal.

4. Anti Jamur

Manfaat daun kumis kucing yang selanjutnya adalah anti jamur. Daun kumis kucing terdiri dari senyawa yang membantu mencegah pertumbuhan parasit dan inang asing yang hidup di dalam tubuh. Mereka melakukannya dengan memotong rantai pasokan nutrisi jamur. Oleh karena itu, daun kumis kucing dapat dioleskan ke area yang terinfeksi jamur.

3. Efek Diuretik

Manfaat daun kumis kucing yang selanjutnya adalah efek diuretik. Istilah ‘diuretik’ mengacu pada zat yang membantu meningkatkan aliran urine. Diduga bahwa sinensetin dan tetrametoksi-flavon yang ada dalam daun kumis kucing, dapat membantu meningkatkan aliran urine dengan mengendurkan otot-otot dinding pembuluh internal. Tindakan diuretik dari ramuan ini juga dapat dikaitkan dengan Methylripariochromene A. Dalam penelitian yang dilakukan pada tikus hiperurisemik, penggunaan ramuan daun kumis kucing dikaitkan untuk mengurangi kadar urat serum. Hasil penelitian menunjukkan efek diuretik dan hipourikemik ramuan ini pada tikus.

Baca Juga :  Manfaat Buah Jambu Biji yang Dapat Meningkatkan Imun

2. Menyembuhkan Masalah Kandung Kemih

Manfaat daun kumis kucing yang selanjutnya adalah menyembuhkan masalah kandung kemih. Khasiat daun kumis kucing untuk membersihkan saluran dan memudahkan kerja sistem kandung kemih telah terbukti sangat efektif dalam pengobatan terhadap infeksi organ tersebut. Selain itu, ini juga bantu mencegah masalah kandung kemih terjadi di masa mendatang.

1. Gangguan Ginjal

Manfaat daun kumis kucing yang selanjutnya adalah mengatasi gangguan ginjal.  Daun kumis kucing juga populer disebut sebagai tanaman ginjal. Hal ini mungkin karena manfaat tanaman ini untuk menyelamatkan ginjal. Di pulau Jawa, diyakini bahwa tisane yang dibuat dengan menggunakan daun kumis kucing dapat menghilangkan batu ginjal secara efisien (hingga ukuran 5 cm). Manfaat ini juga telah diverifikasi dalam beberapa penelitian klinis. Ramuan tanamam ini digunakan untuk mengobati infeksi ginjal akut dan kronis, infeksi kandung kemih, infeksi saluran kemih, sering buang air kecil dan batu kandung kemih. Moms hanya perlu merebus segelas air tawar dengan ¼ genggam daun kumis kucing hingga berbentuk cair ½ gelas.  Setiap ½ gelas harus diminum 2 kali sehari.

  • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan Salah Satunya Bisa Menurunkan Berat Badan artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here