29.9 C
Jakarta
Friday, August 19, 2022

Taman Wisata Iman Dairi

Tiap orang punya ketertarikan sendiri untuk menikmati liburan apa yang ia sukai.
Ada yang suka traveling ke gunung, pantai atau air terjun. Tapi, tidak sedikit pula yang suka berwisata dengan menghabiskan waktu di museum, tempat sejarah dan wisata religi di sebuah kota. Sumatera Utara punya Taman Wisata Iman Dairi (TWI) untuk anda penyuka wisata religi. Tidak menutup untuk hanya satu agama melainkan bisa dikunjungi semua agama, karena di dalamnya terdapat gereja, kuil, vihara dan mesjid.

                                             Foto Istimewa

Ide pembangunan Taman Wisata Iman ini bermula dari awal tahun 2001. Awalnya Bupati Dairi, DR.MP Tumanggor pulang dari Medan dan singgah di kawasan itu, dan menyempatkan diri untuk berdoa di sebuah tempat yang paling tinggi di perbukitan itu. Dalam doanya disebutkan, “ ya Tuhan begitu indah Engkau ciptakan alam di Kabupaten Dairi ini”. Sepulang dari kawasan itu, MP Tumanggor yang sudah banyak menjalani berbagai daerah terutama tempat-tempat wisata mencoba menawarkan ide kepada tokoh-tokoh adat dan tokoh-tokoh agama serta warga setempat.

Usulan itu berlanjut dengan pembahasan-pembahasan dan terakhir diwujudkan dalam sebuah visualisasi. Bupati Dairi kemudian merancang sebuah kawasan, yang di dalamnya terdapat beberapa fasilitas ibadah yang mengakomodir semua pemeluk agama di kabupaten tersebut. Untuk mewujudkan gagasan itu, lalu Bupati mengumpulkan beberapa tokoh masyarakat dan pemuka agama untuk berdialog guna merealisasikan rencana ini.

Pertemuan tersebut didapat kesepakatan mengenai lokasi pembangunan Taman Wisata Iman Dairi yaitu di Perbukitan Sitinjo, Kecamatan Sitinjo. Lokasi yang ditutupi oleh hutan dan pepohonan pinus, sangat bagus untuk dijadikan sebagai kawasan religius sekaligus tempat berwisata. Kawasan Taman Wisata Iman berada pada lahan seluas 13 hektar.

Baca Juga :  Rekomendasi Gunung yang Sering di Daki

Pemda setempat, membangun beberapa tempat ibadah, Gereja, Masjid, Vihara, Kuil, arena bermain dan fasilitas pendukung lainnya. Pembangunan proyek dilaksanakan dalam kurun waktu 3 tahun, mulai dari tahun 2001 sampai tahun 2003. Tahap awal pembangunan selanjutnya, pembangunan melengkapi beberapa fasilitas pendukung. Pemda setempat, melakukan pembangunan secara 40 Universitas Sumatera Utara bertahap agar Taman Wisata Iman Dairi menjadi tempat yang nyaman untuk beribadah sambil berwisata. Selain untuk mendatangkan wisatawan dari daerah di Sumatera Utara dan daerah di luar provinsi. Pemerintah Daerah Kabupaten Dairi menargetkan kawasan ini menjadi kawasan wisata iman bagi wisatawan mancanegara.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,490SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles