Memiliki Leluhur Yang Sama

ar
foto istimewa

Thalhah bin ubaiddillah Berasal dari suku quraisy, ia Lahir pada tahun ke-28 sebelum hijriah di Mekkah. Berdasarkan silsilah keluarga Thalhah bin Ubaidillah, nasabnya (keturunan) Itu bertemu dengan Rasulullah SAW karena keduanya memiliki leluhur yang sama.
Thalhah merupakan salah satu dari delapan orang pertama yang memeluk Islam.

Ia masuk Islam melalui anak dari pamannya yaitu Abu Bakar Ash-Shiddiq,
Thalhah juga merupakan salah seorang sahabat nabi yang selalu ikut berperang bersama Rasulullah Kecuali dalam Perang Badar karena Rasulullah menugaskannya bersama Sa’id bin Zaid menuju Syam.

Memiliki Banyak Julukan Dari Rasulullah

ar
foto istimewa

Kesetiannya kepada nabi membuatnya memiliki banyak julukan, salah satunya Burung Elang Perang Uhud, Julukan itu diberikan kepadanya lantaran penglihatannya yang tajam bak burung elang.

Ia adalah sepupu dari khalifah pertama Abu Bakar bin Abu Quhafah
kisah bermula saat Thalhah ikut serta dalam Perang Uhud dan menjadi pelindung dari Rasulullah SAW.

Ia berjuang paling depan dengan seluruh tenaga untuk menghadang musuh.
Formasi kaum muslimin yang tergoncang akibat harta jarahan membuatnya berusaha untuk melindungi Rasulullah dengan segenap kekuatannya yang tersisa.

Jaraknya dengan Rasulullah tidaklah begitu jauh, namun untuk menggapai jarak yang dekat, terjangan pedang bertubi-tubi menghantuinya di tengah jalan.

Thalhah melihat luka di pipi Rasulullah, ia tak kuasa menahan rasa panik yang terlintas dan terus menerus mengayunkan pedangnya, menerjang banyak musuh hingga berhasil menyelamatkan Nabi Muhammad ke tempat yang lebih aman.

Kemudian, Rasulullah SAW memerintahkan Abu Bakar Ash-Shiddiq dan Abu Ubaidah bin Al-Jarrah untuk membantu Thalhah yang sedang berjuang seorang diri melawan pasukan musuh. Saat ditemukan, kondisi Thalhah sudah dalam keadaan pingsan dan tubuhnya berlumuran darah.

Baca Juga :  Inilah 5 Kebiasaan Rasulullah SAW di Bulan Ramadan yang Bisa Kita Tiru!

Juga jari-jari tangannya terputus, ia luka parah Karena ada puluhan luka tusukan tombak, sobekan pedang dan tancapan panah. Kondisi tersebut membuat Abu Bakar dan Abu Ubaidah mengira Thalhah sudah gugur.

Namun ternyata Thalhah belum gugur dan hanya pingsan saja. Hal itulah yang membuatnya mendapat gelar syahid yang masih hidup dari Rasulullah SAW.

saat itu Rasulullah sedang membaca QS. Al-Ahzab ayat 23. Sebagai informasi Thalhah bin Ubaidillah adalah salah seorang yang dimaksud dalam firman Allah tersebut.

Demikianlah kisah ini kami sampaikan. nah, untuk mengetahui secara lebih dalam kisahnya? Yuk langsung aja pindah ke channel youtubenya “KanalPediaIslam”

 

Baca Juga : kisah mukjizat Nabi Ibrahim tahan di bakar api

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here