SEPEDA LISTRIK DENGAN DINAMO SEPEDA SEBAGAI GENERATOR

Sepeda Listrik

Harganya yang murah dan juga modelnya yang mirip dengan model sepeda motor biasa memastikan bahwa gak akan ada bedanya antara sepeda listrik dengan sepeda motor bahan bakar fosil.

Di era yang serba keterbaruan ini, kendaraan listrik bisa dijadikan sebagai kendaraan masa depan yang lebih baik dengan baterai sebagai sumber energi pastinya guys.

Tak luput juga melakukan studi banding penelitian ini dengan penelitian sebelumnya. Optimasi penelitian dengan menambahkan dinamo sepeda sebagai generator dapat menghemat daya hingga 0.05 Wh pada jarak 300 m.

Terbukti dalam penelitian di jarak 300 m sebagai berikut:

  • E-Bike yang menggunakan dinamo sepeda hanya menghabiskan harga Rp 4,14/300 m,
  • E-Bike yang menggunakan trafo menghabiskan harga Rp 4,2/300 m.

Daya listrik pada jarak 300 m dengan dinamo sepeda menghabiskan daya 271.59 W. Sedangkan daya listrik pada jarak 300 m dengan trafo step-down menghabiskan daya hanya 295.02 W. Dan terbukti dinamo sepeda lebih efisien dalam konsumsi energi listrik kan guys.

Electric-bike (E-Bike) ini adalah sepeda dengan sumber tenaga listrik yang berasal dari baterai guys.

Perkembangan Teknologi Kendaraan Elektrik

Sepeda Listrik

Seiring dengan perkembangan zaman, pendidikan dan teknologi maka kehadiran kendaraan ini di kancah dunia transportasi semakin menonjol dengan munculnya inovasi baru seperti ini ya.

Sepeda listrik dengan trafo ini bertujuan sesuai dengan kebutuhan si pengendara agar pengendara dapat memposisikan sepeda ini sesuai fungsinya. Sebagai contoh jika pengendara ingin menaikkan arus agar sepeda lebih bertenaga maka digunakan trafo step-up sebagai tambahan komponen untuk memacu arus.

Sebaliknya ada juga pengendara yang gak memerlukan kendaraan ini dengan kecepatan tinggi namun untuk kecepatan tidak terlalu tinggi agar lebih efisien daya dan lebih ramah lingkungan serta aman dalam penggunaan.
Dalam hal tersebut dibutuhkan E-Bike dengan trafo step-down.

Baca Juga :  5 HP Xiaomi Rp3 Jutaan Terbaik Tahun 2022, Cocok buat Apa Saja!

Tapi karena E-Bike belum bisa masyarakat terima dengan baik, nah ada juga inovasi pada kendaraan roda dua salah satunya dengan eco-racing.

Ecoracing merupakan sebuah suplemen dari tumbuhan yang berfungsi untuk meningkatkan efisiensi pemakaian bahan bakar pada sepeda motor.

Sepeda motor dengan eco-racing merupakan sepeda motor dengan bantuan eco-racing sebagai suplemen untuk meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar.

Kelebihan Sepeda Listrik

Kelebihan yang menonjol dari sepeda listrik adalah kemampuannya yang bisa menghemat bahan bakar ya Guys sudah jelas!

Sebab jenis kendaraan ini hanya menggunakan arus listrik sebagai bahan bakarnya. Harganya yang murah dan juga modelnya yang mirip dengan model sepeda motor biasa. Memastikan bahwa gak akan ada bedanya antara E-Bike dengan sepeda motor bahan bakar fosil.


ARTIKEL MENARIK LAINNYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here