Manfaat Jinten Hitam yang Dijuluki Sebagai Obat dari Segala Penyakit

Manfaat Jinten Hitam yang Dijuluki Sebagai Obat dari Segala Penyakit
Foto Istimewa

Manfaat jinten hitam bagi tubuh ternyata sangatlah banyak. Jinten hitam atau yang dikenal dengan habatussauda, dipercaya mampu mengatasi berbagai macam penyakit. Jinten hitam memang dikenal sebagai herbal yang berguna menangani berbagai jenis penyakit. Tak heran, jika banyak orang menyebut jinten hitam dengan julukan ‘obat dari segala penyakit’. Tanaman jinten hitam banyak tumbuh di daerah Eropa Timur, Asia Barat dan Timur Tengah. Oleh masyarakat India dan Timur Tengah jinten hitam banyak digunakan sebagai bumbu masakan. Namun, manfaat jinten hitam juga populer sebagai bahan pengobatan tradisional yang sudah dipraktikkan selama ribuan tahun. Tumbuhan dengan nama latin¬†Nigella Sativa ini, memang diketahui mengandung beberapa nutrisi yang baik untuk kesehatan. Selain itu, jinten hitam juga memiliki efek sebagai antibakteri, anti radang, analgenik, hingga bantu perkuat kekebalan tubuh. Lantas, apa sajakah manfaat jinten hitam bagi kesehatan? Berikut informasi selengkapnya berikut:

4. Jaga Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang terlalu tinggi, dapat menyebabkan penyakit diabetes. Gejala kadar gula darah yang terlalu tinggi bisa ditandai dengan beberapa reaksi pada tubuh seperti mudah lelah, sering haus, serta sulit berkonsentrasi. Dengan rutin mengonsumsi jinten hitam selama beberapa minggu, dikatakan akan membantu mengurangi kadar gula darah dan resistensi insulin.

Obati Kolesterol Tinggi

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi, tentu saja dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai macam penyakit seperti stroke dan juga serangan jantung. Beberapa studi kasus menyebut, jika rutin konsumsi jinten hitam dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, serta meningkatkan kadar kolesterol baik.

Obati Darah Tinggi (Hipertensi)

Dilansir dari laman alodokter, dikatakan jika dalam sebuah studi kecil, jinten hitam disebut dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Dalam penelitian tersebut, dikatakan jika pasien mengalami penurunan tekanan darah setelah mengonsumsi ekstrak jinten hitam selama delapan minggu.

Baca Juga :  Manfaat Sayur Pakis Untuk Ibu Hamil

3. Memiliki Efek Anti Radang

Salah satu efek baik yang dimiliki jintn hitam untuk kesehatan yakni kemampuannya dalam mengalami peradangan. Dalam sebuah penelitian yang dijalani selama 3 bulan pada penderita asma, menunjukkan bahwa jinten hitam dapat mengurangi keparahan dan frekuensi serangan asma. Studi lain juga menunjukkan bahwa obat herba ini mampu membantu mengatasi penyakit lain akibat peradangan, seperti sinusitis, alergi, dan radang sendi.

Melawan Infeksi
Seperti yang diketahui, jika jinten hitam memiliki sifat antibakteri dan antivirus. Jinten hitam atau habbatussauda disebut mampu membantu membasmi virus penyebab hepatitis C, HIV, dan juga flu. Selain itu, jinten hitam juga dikatakan dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur, sehingga dianggap mampu melawa infeksi.

2. Menjaga Kulit

Jinten hitam juga dikatakan mampu membantu mengatasi berbagai masalah kulit. Minyak ekstrak jinten hitam, disebut mampu meredakan gejala eksim. Bagi yang mengalami masalah jerawat, efek anti mikroba dan antiradang dari minyak habbatussauda bisa menjadi solusi. Khasiat jinten hitam yang dibuat dalam bentuk minyak, juga diyakini mampu melembabkan rambut dan melembutkan kulit.

Bantu Cegah Kanker

Dalam biji jinten hitam, mengandung senyawa aktif Thymoquinone. Senyawa ini disebut memiliki efek antikanker. Selain itu, uji laboratorium menunjukkan bahwa thymoquinone secara efektif dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Mengatasi Rematik

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Immunological Investigations, minyak jinten hitam dapat membantu dalam mengobati rematik. Penelitian ini dilakukan pada 43 wanita dengan rematik ringan sampai sedang yang mengonsumsi kapsul minyak jintan hitam atau plasebo setiap hari selama satu bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengobatan dengan minyak jinten hitam menyebabkan pengurangan gejala arthritis (yang dinilai oleh skala rating DAS-28), tingkat penanda peradangan darah, dan jumlah sendi yang bengkak. Bahkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Otolaryngology, menunjukkan bahwa manfaat jintan hitam bagi pria juga dapat mengurangi hidung tersumbat, gatal, pilek, dan bersin setelah dua minggu.

Baca Juga :  5 Fakta Tentang Burung Toco Toucan

1. Turunkan Berat Badan

Suplemen ekstrak biji jinten hitam, disebutkan dapat membantu menurunkan indeks massa tubuh (body mass index). Selain itu, sebuah tinjauan sistematis yang diterbitkan dalam Journal of Diabetes & Metabolic Disorders menemukan bahwa minyak jintan hitam cukup efektif dalam mengatasi obesitas.

Meningkatkan Kualitas Sperma

Jinten hitam ternyata juga memiliki manfaat yang baik dalam membantu meningkatkan kualitas sperma yang baik pada pria. Sebuah penelitian asal University of Malaysia tahun 2014 dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine melaporkan bahwa minyak jinten hitam meningkatkan kualitas sperma dan menunjang struktur jaringan organ testis yang lebih baik. Terlebih bagi para perokok berat, jinten hitam dinilai sangat cocok untuk meningkatkan kualitas sperma. Sebab, kandungan nikotin dan racun lainnya dalam rokok telah lama diketahui bisa mengurangi kelincahan sperma untuk melakukan motilitas dan juga memengaruhi bentuk normalnya.  Nikotin juga memunculkan dampak negatif pada struktur jaringan testis.

  • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Jinten Hitam yang Dijuluki Sebagai Obat dari Segala Penyakit artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here