Manfaat Kapulaga Tangkal Kanker hingga Atasi Bau Mulut

Manfaat Kapulaga Tangkal Kanker hingga Atasi Bau Mulut
Foto Istimewa

Berbagai manfaat kapulaga untuk kesehatan tubuh. Rempah ajaib yang atasi tekanan darah, tangkal kanker hingga hindari bau mulut. Kapulaga merupakan rempah-rempah yang telah digunakan secara turun temurun sebagai bumbu masakan maupun sebagai alternatif obat herbal. Tanaman ini dipercaya dapat menurunkan tekanan darah hingga membantu melawan bakteri pada tubuh. Selain digunakan sebagai pengobatan secara tradisional, menambahkan kapulaga sewajarnya pada makanan maupun minuman yang dikonsumsi juga merupakan cara paling direkomendasikan untuk merasakan manfaat kapulaga bagi kesehatan. Tentunya kapulaga memiliki berbagai manfaat lainnya yang dapat kamu rasakan secara langsung setelah rutin mengonsumsi kapulaga. Penasaran apa saja manfaat Kapulaga? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Berbagai nutrisi yang dikandungnya adalah alasan mengapa kapulaga telah diandalkan sejak lama. Berikut kandungan yang terdapat di dalamnya:

  • 18 kalori
  • 2 gram (g) karbohidrat
  • 0,6 kalori
  • 22,2 g kalsium
  • 64,9 miligram (mg) kalium
  • 10,3 fosfor
  • 13,3 magnesiumKapulaga memiliki segudang manfaat bagi tubuh, berikut berbagai macam khasiatnya jika kita rutin mengonsumsi kapulaga dalam takaran yang tepat:

    11. 1. Menurunkan Tekanan Darah

    Salah satu manfaat kapulaga yang terkenal adalah ia dapat membantu menurunkan tekanan darah. Dalam sebuah penelitian, peneliti memberikan tiga gram bubuk kapulaga kepada 20 orang dewasa yang baru didiagnosis dengan tekanan darah tinggi. Setelah 12 minggu, tingkat tekanan darah menurun secara signifikan pada kisaran normal. Hasil tersebut berhubungan dengan tingginya antioksidan dalam kapulaga. Selain itu, tekanan darah juga dapat turun karena efek diuretik dari kapulaga yang dapat mendorong tubuh untuk buang air kecil dan membuang garam berlebih dari tubuh.

    10. 2. Mengandung Senyawa Penangkal Kanker

    Senyawa dalam kapulaga dapat membantu melawan sel kanker. Studi pada tikus menunjukkan bahwa bubuk kapulaga dapat meningkatkan aktivitas enzim tertentu yang membantu melawan kanker. Rempah-rempah ini juga dapat menyerang sel penyebab tumor. Satu penelitian turut menunjukkan bahwa senyawa tertentu yang terdapat dalam rempah-rempah ini, dapat menghentikan sel kanker agar tidak berkembang biak.

    9. 3. Menghindari Bau Mulut Tidak Sedap

    Kapulaga memiliki rasa yang unik dan sedikit pedas, dengan mengunyah kapulaga maka bau mulut yang tidak sedap dapat dihindari atau dengan kata lain nafas kamu bisa terasa lebih segar. Hal tersebut dapat terjadi karena kapulaga memiliki senyawa antibakteri didalamnya. TIdak hanya menyegarkan nafas, kapulaga juga mampu mencegah gigi berlubang.

    8. 4. Melindungi Diri dari Penyakit Kronis

    Kapulaga memiliki senyawa yang dapat melawan peradangan. Peradangan jangka panjang yang terjadi dalam tubuh tentu dapat menyebabkan penyakit kronis Antioksidan yang dapat melawan peradangan dapat ditemukan dalam kandungan nutrisi kapulaga. Antioksidan berfungsi untuk melindungi sel dari kerusakan dan menghentikan peradangan terjadi.

    7. 5. Membantu Masalah Pencernaan

    Kapulaga dipercaya sebagai pengobatan tradisional untuk menyelesaikan gangguan pencernaan. Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa ekstrak kapulaga dapat sepenuhnya mencegah atau mengurangi  tukak lambung setidaknya 50%. Faktanya juga pada dosis 12,5 mg per kg (5,7 mg per pon) berat badan, ekstrak kapulaga lebih efektif daripada obat anti maag yang umum. Kapulaga juga dapat melindungi diri terhadap Helicobacter pylori atau bakteri yang terkait dengan perkembangan sebagian besar masalah tukak lambung.

    6. 6. Sebagai Antibakteri dan Mengobati Infeksi 

    Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kapulaga memiliki senyawa yang secara aktif dapat melawan beberapa jenis bakteri penyebab infeksi pada tubuh. Suatu penelitian mengemukakan bahwa ekstrak kapulaga terkadang lebih efektif dibandingkan obat standar yang dapat melawan E. coli dan Staphylococcus atau bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Studi lainnya  juga menunjukkan bahwa kapulaga  dapat melawan bakteri Salmonella yang menyebabkan keracunan makanan dan Campylobacter yang menyebabkan peradangan perut.

    5. 7. Meningkatkan Sistem Pernapasan

    Senyawa dalam kapulaga dapat membantu meningkatkan aliran udara ke paru-paru dan meningkatkan pernapasan pada tubuh. Kapulaga yang dijadikan aromaterapi, dapat memberikan bau menyegarkan dan merilekskan tubuh. Cara lain agar kapulaga dapat meningkatkan pernapasan adalah dengan merelaksasi jalan pernapasan kamu untuk membantu untuk mengobati asma dan mencegah saluran udara meradang.

    4. 8. Menurunkan Kadar Gula Darah

    Kapulaga juga memiliki manfaat menurunkan gula darah. Senyawa flavonoid yang terdapat dalam daun kapulaga ternyata secara langsung dapat menurunkan gula darah sekaligus memenuhi kebutuhan glukosa. Kamu dapat mengonsumsi kapulaga secara teratur dalam batas wajar untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

    3. 9. Secara Luas Aman Digunakan

    Kapulaga umumnya aman digunakan bagi kebanyakan orang. Kamu bisa menggunakan kapulaga sebagai bahan masakan maupun langsung menggunakan suplemen yang mengandung kapulaga. Penggunaan suplemen kapulaga akan dibatasi oleh dokter pada anak dengan usia tertentu maupun pada ibu hamil. Jika kamu tertarik untuk mencoba kapulaga, menambahkannya sebagai bumbu masakan merupakan cara paling tepat.

    2. 10. Melindungi Hati dan Turunkan Berat Badan

    Tingkat antioksidan dalam kapulaga cukup tinggi sehingga ekstrak kapulaga dapat menurunkan peningkatan enzim hati, trigliserida dan kadar kolesterol. Mereka juga dapat mencegah pembesaran hati dan berat hati, yang mengurangi risiko penyakit hati berlemak. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa suplemen kapulaga dapat menurunkan lingkar pinggang dan mencegah perilaku cemas maupun perlemakan hati. Manfaat ini memiliki hubungan dengan kandungan antioksidan yang tinggi pada rempah tersebut.

    1. 11. Antiperadangan

    Kapulaga memiliki sifat anti inflamasi dan antibakteri yang sangat cocok digunakan untuk mengatasi permasalahan kulit kamu. Sifat bawaan dari kapulaga dapat menenangkan kulit yang meradang atau iritasi jadi kembali pada kondisi normal dan menjadikannya lebih sehat.

    • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Kapulaga Tangkal Kanker hingga Atasi Bau Mulut artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia
Baca Juga :  Manfaat Lemon Untuk Ginjal dan Kandung Kemih