32.1 C
Jakarta
Friday, August 12, 2022

Penemu Aplikasi Instagram

Instagram merupakan media sosial favorite didunia terutama dikalangan remaja. sesaat setelah diluncurkan tanggal 6 Oktober 2019, aplikasi berbagi foto ini langsung menarik perhatian penggguna internet saat itu. Instagram diluncurkan di Platform App Store, Apple.

PENEMU APLIKASI INSTAGRAM

Foto Istimewa

orang yang membuat instagram adalah Kevin Systrom, seorang pria yang tinggal di San Francisco, California. Dia ada di daftar billionaires 2020 pada urutan ke-1.613 dan pengusaha terkaya Amerika di bawah umur 40 tahun (2016) urutan ke-15.

Systrom lahir di Holliston, Massachusetts, pinggiran kota yang kaya di Boston.

Systrom kuliah di Universitas Stanford. Dia awalnya berencana untuk belajar ilmu komputer, tetapi begitu dia tiba, memutuskan untuk beralih jurusan ke ilmu manajemen dan teknik. Dia pun tertarik pada fotografi dan membangun situs berbagi foto untuk saudara-saudaranya di waktu luangnya. Selama tahun pertamanya, dia menghabiskan satu semester di Florence untuk belajar fotografi.

Terbentuknya Aplikasi 

Lalu pada 2004, ketika Systrom masih kuliah, Mark Zuckerberg mencoba merekrutnya untuk bekerja di Facebook. Tapi Systrom menolaknya.

“Sayangnya, saya memutuskan untuk tetap bersekolah, dan itu adalah salah satu keputusan yang saya pikirkan kembali,” ujar Systrom pada Fast Company.

Setelah lulus, Systrom ditawari pekerjaan di Google. Selama 2 tahun pertama Systrom menangani pemasaran untuk Gmail dan Kalender Google. Kemudian dia beralih ke divisi M&A Google.

Setelah tiga tahun di Google, Systrom pergi bekerja di startup rekomendasi perjalanan sosial bernama Nextstop. Perusahaan ini diakuisisi oleh Facebook pada Juli 2010. Tidak jauh dari itu, Systrom mulai mengerjakan aplikasinya sendiri.
Aplikasi itu diberi nama Burbn. Aplikasi itu menggabungkan jejaring sosial berbasis lokasi dan berbagi foto.

Segera setelah itu, Systrom membawa Mike Krieger sebagai salah seorang pendiri. Dia adalah lulusan Stanford juga tapi sebelumnya menggarap aplikasi bernama Meebo. Usai Krieger bergabung, pasangan ini memutuskan untuk memusatkan pada Burbn, mengeliminasi banyak fitur untuk fokus hanya pada berbagi foto.

Baca Juga :  Momen-Momen Krusial Dalam Sejarah Selfie
Foto Istimewa

Systrom dan Krieger secara resmi mengubah nama Burbn menjadi Instagram pada Oktober 2010. Instagram adalah kombinasi “instan” dan “telegram.”

Ketika aplikasi ini di-launching, lebih dari 25.000 orang mengunduhnya dalam 24 jam pertama, hingga membuat server Instagram mogok. Sebulan setelah diluncurkan, Instagram telah tumbuh menjadi 1 juta pengguna. Sembilan bulan kemudian, itu mencapai 7 juta.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,420SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles