32.9 C
Jakarta
Friday, August 12, 2022

Fakta Menarik Hewan Ikan Lingcod

Udah pernah dengar ikan lingcod yang semakin dikenal karena memiliki daging berwarna biru muda? Ternyata, ga semua daging ikan lingcod berwarna biru. Sebagian besar justru memiliki daging berwarna putih.  Meski berada di lingkungan berbatu dan ukuran terbesar sekitar 1,5 meter, ikan ini dijuluki predator rakus. Lingcod juga tidak berkerabat dengan ikan cod. Mau tahu lebih lanjut tentang lingcod? Yuk, simak fakta menarik Hewan Ikan Lingcod berikut!

1. lingcod merupakan keluarga Hexagrammids.

Ikan satu ini bernama ilmiah Ophiodon elongatus. Sedangkan dilansir dari laman Britannica, ikan cod merupakan keluarga Gadidae. Spesies yang biasa ditemukan dan sering dimanfaatkan untuk bahan makanan, yakni Gadus morhua.

2. Predator yang rakus bergigi tajam

Ikan berwarna hijau gelap kecokelatan ini dapat tumbuh mencapai 1,5 meter dan berat 32 kg. Awalnya, lingcod jantan dan betina menunjukkan pola pertumbuhan serupa. Namun, ketika berusia 4 tahun, betina akan tumbuh lebih cepat dibandingkan lingcod jantan.

ikan yang mampu hidup hingga 25 tahun di alam liar tersebut memiliki mulut lebar. Ikan ini juga memiliki sekitar 18 gigi besar yang tajam dan melengkung ke dalam. Tidak heran jika mampu melahap apa saja, bahkan memangsa lingcod lainnya. Hal tersebut membuatnya dijuluki predator yang rakus.

3. Mampu menghasilkan 40.000 hingga 500.000 telur

Seperti kebanyakan hewan laut, lingcod dewasa bereproduksi melalui pembuahan eksternal. Betina mampu menghasilkan 40.000 hingga 500.00 telur dan jantan lah yang akan menetapkan serta menjaga sarangnya. Jantan akan bersifat teritorial dan agresif selama musim kawin.

Meski lingcod merupakan predator yang rakus, namun telur lingcod rentan terhadap predator seperti rockfish, starfish, sculpins dan cod. Sehingga, peran lingcod jantan sangat penting untuk keberlangsungan hidup telur dan larva.

Baca Juga :  4 Fakta Kucing Merah, Hewan Liar Endemik Kalimantan yang Hampir Punah

4. Ikan bentik soliter di pantai barat Amerika Utara hingga Teluk Alaska

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, lingcod hidup di zona bentik yang mampu beradaptasi dengan suhu rendah dan tekanan tinggi. Warnanya yang hijau gelap kecokelatan pun memiliki keuntungan, sebab habitatnya berbatu. Selain itu, lingcod sering kali bergerak menuju perairan dangkal pada malam hari untuk mencari makan.

Lingcod merupakan penghuni asli pantai barat Amerika Utara. Persebarannya mudah ditemukan dari Kepulauan Shumagin di Teluk Alaska hingga Baja California, Meksiko. Banyak pula ditemukan di lepas pantai British Columbia, Kanada.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,420SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles