28 C
Jakarta
Thursday, March 28, 2024

Fakta Menarik Bebek Kayu

Dari segi fisik, bebek kayu memiliki ukuran tubuh yang sama dengan jenis bebek pada umumnya yakni memiliki rata-rata panjang tubuh 54 cm dan panjang sayap 73 cm. Di alam liar, bebek kayu sering berpindah-pindah tempat pada setiap pergantian musim. Memiliki penampilan dan sifat yang mirip dengan spesies bebek mandarin, berikut ini beberapa fakta menarik  bebek kayu yang harus kamu ketahui!

1. Kebiasaan hidup bebek kayu

Sehari-harinya bebek kayu memakan berbagai jenis biji-bijian, buah-buahan, serangga, ulat, siput, cacing hingga udang-udang kecil yang terdapat di dalam sungai. Hidup dengan cara berpasangan, bebek kayu jantan akan berkelahi untuk melindungi betina saat ada yang mencoba mengganggunya dengan cara mengejar dan mematuk musuh dengan paruhnya.

Bebek kayu dewasa mampu mengeluarkan sebanyak dua belas jenis suara yang mana salah satunya berfungsi sebagai peringatan bahaya terhadap anak-anak mereka

2. Cara reproduksi bebek kayu

Hanya memiliki satu pasangan seumur hidupnya membuat bebek kayu termasuk hewan tipe monogami. Dilansir dari laman Allaboutbirds, seekor bebek kayu betina bisa bertelur 10 hingga 11 butir.

Telur-telur tersebut akan diinkubasi oleh induknya selama satu bulan hingga menetas. Biasanya anak bebek kayu yang telah berumur dua bulan akan keluar dari sarang induknya dan memulai hidup mandiri. Masa kawin dari bebek kayu dimulai pada bulan Februari hingga awal Maret.

3. Perbedaan bebek kayu jantan dan betina

Bebek kayu jantan memiliki bulu yang berwarna-warni dengan pinggiran mata berwarna merah, sayap biru, dada coklat serta tubuh berwarna hitam dengan garis-garis putih. Sedangkan bebek kayu betina tidak memiliki warna bulu yang mencolok dengan tubuh yang didominasi warna coklat. Akan tetapi, bebek kayu betina mempunyai ciri khas bercak putih pada bagian mata yang menyerupai tetesan air mata.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles