Manfaat Buah Manggis Termasuk Membantu Turunkan Berat Badan

Manfaat Buah Manggis Termasuk Membantu Turunkan Berat Badan
Foto Istimewa

Buah manggis adalah buah tropis dari Asia dan umum ditemukan di India, Malaysia, dan Indonesia. Jenis buah dengan nama latin Garcinia mangostana ini memiliki rasa manis dan asam yang khas, sehingga disukai dan cukup populer di kalangan masyarakat. Namun, tak hanya enak dimakan, buah manggis juga memiliki segudang manfaat, khasiat, dan kandungan gizi yang berguna untuk kesehatan Anda. Beragam kandungan gizi buah ini dapat membantu mencukupi kebutuhan gizi serta meningkatkan kesehatan tubuh, termasuk untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan. Yuk, ketahui lebih lanjut kandungan gizi dan manfaat buah manggis!

Kandungan gizi dari buah manggis

Beberapa tahun belakangan, manfaat kulit buah manggis menjadi populer karena penggunaannya sebagai obat herbal. Kenyataannya, tak hanya kulit, seluruh bagian dari buah manggis juga mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Dilansir dari Data Komposisi Pangan Indonesia, Kandungan gizi atau nutrisi dari 100 gram buah manggis mentah adalah:

  • Air: 83 gram
  • Energi : 63 kal
  • Protein: 0,6 gram
  • Lemak: 0,6 gram
  • Karbohidrat: 15,6 gram
  • Serat: 1,5 gram
  • Abu:; 0,2 gram
  • Kalsium: 8 mg
  • Fosfor: 12 mg
  • Zat besi: 0,8 mg
  • Natrium: 10 mg
  • Kalium: 61,9 mg
  • Tembaga: 0,10 mg
  • Seng: 0,1 mg
  • Vitamin┬áB1: 0,03 mg
  • Vitamin B2: 0,03 mg
  • Niasin: 0,3 mg
  • Vitamin C: 5 mg

Selain vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya, buah manggis juga mengandung xanthones, yaitu senyawa bioaktif dalam tanaman yang memiliki sifat antioksidan. Adapun salah satu jenis senyawa xanthones yang tersimpan di dalam buah manggis adalah gartanin. Selain efek antioksidan, senyawa gartanin ini juga memiliki efek antiinflamasi, antijamur, dan bahkan antikanker yang kuat.

Baca Juga :  Manfaat Kapulaga Tangkal Kanker hingga Atasi Bau Mulut

Apa manfaat dari buah manggis?

Berdasarkan kandungan-kandungan gizi di atas, beberapa manfaat yang tersimpan di dalam buah manggis adalah:

8. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat yang paling terkenal dari buah manggis adalah membantu menurunkan berat badan. Studi yang dipublikasikan di Journal of medicinal food pada 2016 menemukan bahwa, tikus yang mengonsumsi ekstrak manggis mengalami penurunan berat badan secara signifikan dibandingkan yang tidak mengonsumsinya. Namun, penelitian sebelumnya pada manusia juga menyebutkan, orang yang mengonsumsi 90-270 ml jus manggis dua kali sehari cenderung memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah. Para peneliti meyakini efek antiinflamasi dari senyawa xanthone mampu mengurangi peradangan pada individu yang mengalami kelebihan berat badan, sehingga manfaat ini bisa muncul.

7. Mengontrol kadar gula darah

Berbagai penelitian mengenai buah manggis menemukan fakta bahwa senyawa xanthone dan serat di dalamnya dapat membantu menjaga kadar gula darah. Salah satunya, yaitu studi pada tahun 2018 yang dipublikasikan di jurnal Nutrients. Studi tersebut menemukan fakta bahwa wanita obesitas yang mengonsumsi 400 mg ekstrak manggis setiap hari mengalami penurunan resistensi insulin yang signifikan. Adapun resistensi insulin merupakan salah satu faktor risiko kadar gula darah tinggi hingga diabetes.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah manggis mengandung vitamin C dan serat, yang keduanya penting untuk sistem kekebalan tubuh manusia. Vitamin C memiliki sifat antioksidan serta berperan untuk meningkatkan fungsi sel kekebalan, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit. Sementara serat berperan dalam sistem pencernaan, yang juga merupakan komponen penting dalam kekebalan tubuh manusia. Tak hanya vitamin C dan serat, manfaat buah manggis ini juga dapat dirasakan karena sifat antibakteri pada senyawa bioaktif didalamnya. Senyawa ini dapat membantu melawan bakteri yang berbahaya, yang bisa menimbulkan berbagai penyakit.

Baca Juga :  Manfaat Air Rebusan Daun Putri Malu Bagi Suami

6. Menjaga kesehatan kulit

Tak hanya melawan penyakit, efek antioksidan dan antibakteri pada buah manggis juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian kecil yang dipublikasikan di journal of clinical biochemistry and nutrition. Penelitian tersebut menemukan fakta bahwa, seseorang yang mengonsumsi ekstrak manggis 100 mg setiap hari memiliki elastisitas kulit yang lebih baik. Ia juga mengalami pengurangan senyawa yang menyebabkan penuaan kulit setelah mengonsumsi ekstrak buah tersebut.

5. Mencegah penyakit kanker

Selain khasiat-khasiat di atas, manfaat buah manggis lainnya yang terkenal adalah untuk mencegah penyakit kanker. Pasalnya, senyawa xanthones dalam buah manggis diyakini memiliki sifat antikanker, antioksidan, dan antiinflamasi yang dapat membantu melawan perkembangan dan penyebaran sel kanker. Meski telah dilakukan sejumlah penelitian mengenai khasiat buah manggis ini, tetapi hasilnya pada manusia masih sangat terbatas. Oleh karena itu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai efek buah manggis sebagai pencegah kanker pada manusia.

4. Meredakan radang sendi

Dilansir dari Mayo Clinic, sejumlah penelitian di laboratorium dan pada hewan menunjukkan bahwa manggis memiliki efek antiinflamasi yang kuat. Oleh karena itu, buah ini sering disebut dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri pada penderita arthritis (radang sendi). Hal ini memang belum sepenuhnya terbukti pada manusia. Namun, berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di jurnal PeerJ pada 2019, senyawa bioaktif xanthones pada buah manggis dapat melawan peradangan serta melindungi berbagai organ tubuh, termasuk sendi.

3. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat buah manggis lainnya yang sayang dilewatkan adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini dibuktikan melalui beberapa penelitian yang dilakukan pada hewan. Salah satunya adalah penelitian yang dipublikasikan di jurnal BMC complementary and alternative medicine pada 2016. Menurut penelitian tersebut, polifenol pada buah manggis dapat menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat serta meningkatkan kolesterol baik pada tikus. Oleh karena itu, buah ini diyakini bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Meski demikian, dibutuhkan penelitian lanjutan untuk membuktikannya pada manusia.

Baca Juga :  Resep Olahan Telur Sederhana

2. Menjaga kesehatan otak dan mental

Tidak hanya jantung, beberapa studi pun menunjukkan bahwa buah manggis memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan otak. Buah ini disebut bisa mengurangi peradangan pada otak serta membantu pengobatan gangguan mental tertentu pada tikus. Sebagai contoh, studi yang dipublikasikan di jurnal Psychiatry pada 2019 menyebutkan, senyawa antioksidan pada buah manggis (salah satunya xanthones) dapat dijadikan pengobatan tambahan untuk mengobati gangguan bipolar dan skizofrenia. Selain itu, studi lain juga menyebutkan, gejala depresi pada tikus terbukti membaik dengan pemberian ekstrak buah manggis. Bahkan, efeknya sama seperti obat antidepresan imipramine.

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Buah manggis adalah salah satu makanan tinggi serat yang perlu Anda konsumsi. Pasalnya, dengan mengonsumsi serat, kesehatan pencernaan Anda akan terjaga dan Anda pun terhindar dari berbagai penyakit di sistem pencernaan. Institute of Medicine (IOM) merekomendasikan, sebaiknya Anda mengonsumsi sekitar 19-38 gram serat per hari untuk dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Selain dari manggis, Anda juga bisa memenuhi kebutuhan serat dari makanan lainnya, seperti sayuran.

  • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Buah Manggis Termasuk Membantu Turunkan Berat Badan artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here