24.4 C
Jakarta
Sunday, August 7, 2022

Fakta Menarik Hewan Kupu-Kupu

Kupu-kupu adalah salah satu hewan serangga yang dikenal karena coraknya yang indah serta kemampuannya dalam membantu proses penyerbukan pada tanaman bunga. Tentunya kupu-kupu adalah salah satu hewan yang tidak asing juga untuk dilihat. Berikut ini merupakan fakta menarik hewan kupu-kupu

1. Kupu-kupu mencicipi sesuatu dengan kakinya

Reseptor rasa di kaki kupu-kupu membantunya menemukan tanaman inang dan melacak makanannya.

Jaringan di belakang kakinya memiliki chemoreceptors yang mendeteksi pasangan kimia tanaman yang cocok. Ketika ia mengidentifikasi tanaman yang tepat, ia akan bertelur. Seekor kupu-kupu juga akan menginjak makanannya, menggunakan organ yang bisa merasakan gula larut untuk mencicipi sumber makanan seperti buah masak.

2. Pola makan kupu-kupu itu bergantung pada jenis yang cair

Berbicara soal pola makan kupu-kupu, kupu-kupu dewasa hanya makan cairan, biasanya nektar. Bagian mulutnya dimodifikasi untuk mampu meminum, tapi mereka gak mampu mengunyah makanan padat.

3. Kupu-kupu minum dari butiran lumpur

Seekor kupu-kupu gak bisa hanya hidup dari gula; ia juga butuh mineral. Untuk menyuplemen pola makan nektarnya, seekor kupu-kupu akan beberapa kali menyedot butiran lumpur, yang kaya akan mineral dan garam. Nutrisi-nutrisi ini kemudian ditransfer ke betina saat kawin yang meningkatkan ketahanan telur-telurnya.

4. Kupu-kupu hanya hidup selama 2-4 minggu, biasanya

Sekalinya ia keluar dari kepompong sebagai kupu-kupu dewasa, seekor kupu-kupu hanya memiliki beberapa minggu saja untuk hidup. Sepanjang waktu tersebut, ia akan memfokuskan energinya untuk 2 hal: makan dan kawin. Beberapa kupu-kupu terkecil, yang berwarna biru, hanya bisa bertahan beberapa hari

5. Kupu-kupu cukup cerdik dan memiliki banyak trik untuk bisa terbebas dari dimakan predatornya

Kupu-kupu berada di posisi sangat rendah dalam rantai makanan, banyak predator yang siap mengincar mereka. Beberapa kupu-kupu melipat sayap mereka untuk berkamuflase menyamarkan diri dengan alam.

Baca Juga :  Mengapa Daun Bawang Merah Menguning? Ini Penyebabnya

Sementara ada spesies lainnya yang menggunakan strategi berlawanan, sayapnya justru dibuat sangat terang dan mencolok untuk mengumumkan keberadaan mereka. Serangga berwarna super terang biasanya dianggap beracun oleh para predatornya sehingga dihindari, inilah siasat yang mereka gunakan.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,360SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles