Manfaat Bunga Rosella Untuk kesehatan

Manfaat Bunga Rosella Untuk kesehatan
Foto Istimewa

Manfaat bunga rosella memang sudah lama dikenal baik bagi kesehatan. Bunga rosella sendiri merupakan jenis bunga yang berasal dari benua Afrika dengan nama latinĀ Hibiscus sabdrariffah. Bunga dan daun rosella biasa diolah menjadi teh herbal yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Bunga jenis ini memiliki ciri khas warna merah yang pekat serta rasa asam di bagian kelopak bunganya. Selain itu, tanaman herbal ini juga ternyata mampu berfungsi sebagai bahan antiseptik, agen astringen. Bunga Rosella kaya akan Vitamin C dan Beta-caroten. Selain itu, rosella juga mengandung kalsium tinggi, omega-3, potasium, asam esensial, dan vitamin A. Tanaman ini juga banyak digunakan dalam pengobatan tradisional seperti batuk, lesu, demam, tekanan perasaan, gusi berdarah dan mencegah penyakit hati.

8. Turunkan Tekanan Darah

Melansir dari Alodokter, manfaat rosella yang pertama adalah dapat membantu menurunkan tekanan darah seseorang. Sejumlah penelitian menunjukkan, ekstrak tanaman rosella dapat menurunkan tekanan darah khususnya pada penderita sindrom metabolik. Penyakit ini biasanya akan ditandai dengan adanya peningkatan pada gula darah, kolesterol, tekanan darah dan berat badan. Selain itu, baik suplemen ataupun teh rosella juga mampu mencegah seseorang terkena hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi. Meski begitu, penggunaan teh rosella sebagai obat hipertensi tetap harus dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Hal ini agar pengobatan tersebut tidak menimbulkan efek samping lainnya pada pasien.

6. Cegah Risiko Terkena Obesitas

Manfaat rosella yang ketiga adalah mampu membantu mencegah seseorang terkena obesitas atau kelebihan berat badan. Berbagai penelitian menunjukkan, tanaman rosella dapat mengurangi dan menghambat penumpukan jaringan lemak pada tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan flavonoid dan polifenol yang ada di tanaman rosella. Di samping itu, kalian juga harus menyeimbangkan dengan melakukan olahraga secara rutin dan menjaga pola makan sehat. Meski begitu, konsumsi lah teh tanaman rosella secukupnya. Bila ada indikasi lain, segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Sebab, jumlah aman mengonsumsi tanaman rosella masih belum diketahui secara pasti.

5. Cegah Penyakit Jantung

Manfaat bunga rosella yang mampu membantu mengatasi kolesterol jahat da menurunkan tekanan darah tentu berhubungan dengan berkurangnya risiko terjadinya penyakit kardiovaskular. Seperti, jantung, stroke, dan aterosklerosis. Dengan mengonsumsinya, risiko terkena penyakit jantung bisa semakin berkurang. Namun ingat, konsultasikan lah ke dokter ahli jika ingin mengonsumsi teh rosella untuk mengurangi penyakit jantung.

4. Mengatasi Infeksi dan Peradangan

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam rosella dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C mampu membantu mengobati beberapa penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau peradangan. Selain itu, kandungan vitamin C ini juga bersifat sebagai antibakteri dan antiinflamasi bagi tubuh.

3. Menjaga Saluran Pencernaan

Dengan mengonsumsi bunga rosella secara rutin, disebut mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan saluran pencernaan. Kandungan dalam bunga rosella disebut bisa melancarkan buang air besar sehingga mengatasi sembelit.

2. Merangsang Menstruasi

Bunga rosella disebut bisa memengaruhi hormon estrogen yang dapat merangsang terjadinya menstruasi. Jika Anda mengalami masalah pada jadwal menstruasi, cobalah untuk mengonsumsi bunga rosella. Selain itu, bunga rosella juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa cemas dan depresiĀ pada seseorang. Hal ini dikarenakan, kandungan flavonoid yang terkandung dalam rosella. Flavonoid yang terkandung di dalamnya memiliki sifat antidepresan sehingga dapat membuat kamu lebih tenang dan santai.

Baca Juga :  Ramuan Ini Dapat Mengusir Dahak Tenggorokan Yang Tidak Batuk

1. Lindungi Kulit Wajah

Yang terakhir, bunga rosella disebut mampu membantu menjaga kulit wajah dari radikal bebas dan sinar UV yang berbahaya. Teh rosella mengandung protein esensial, asam amino, dan vitamin C yang dapat menjadikan kulit wajah lebih sehat dan cerah.

  • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Bunga Rosella Untuk kesehatan artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here