Manfaat Bunga Tapak Dara Sebagai Obat Berbagai Penyakit

Manfaat Bunga Tapak Dara Sebagai Obat Berbagai Penyakit
Foto Istimewa

Bunga yang terlihat sederhana ini ternyat mengandung senyawa flavonoid dan alkaloid yang bersifat antikanker. Senyawa alkaloid inilah yang menghasilkan dua obat yang ampuh menyembuhkan kanker. Dua obat itu adalah vinblastin, obat kanker kelenjar getah bening dan vinkristin, obat kemoterapi. Vincristine bekerja dengan menghentikan perkembangbiakan sel kanker saat sel akan memperbanyak diri dengan membelah diri menjadi dua.Bunga tapak dara biasanya digunakan sebagai obat oles atau topikal. Air rebusannya pun dimanfaatkan untuk meredakan mata yang bengkak, menurunkan kadar gula pada penderita diabetes, perdarahan, gigitan serangga, hingga kanker. Ternyata tidak hanya bunganya yang diambil untuk obat. Di tempat asalnya, yaitu Madagaskar, manfaat daun tapak dara yang dihaluskan, digunakan untuk menghentikan perdarahan pada luka dan mengobati sakit gigi. Sementara itu di Filipina, air rebusan daunnya digunakan untuk perawatan penyakit diabetes, kram perut dan parasit usus. Akarnya pun digunakan untuk mengobati diare.

7. 1. Mengatasi sariawan

Kandungan tanin pada bunga tapak dara bisa membantu meredakan nyeri dan bengkak akibat sariawan. Sariawan umumnya terjadi karena adanya luka atau area mulut yang tidak higienis.

6. 2. Mengobati diare

Di Eropa, para ahli herbal menggunakan tanaman ini untuk mengobati keluarnya cairan yang tidak normal, seperti diare atau gusi berdarah. Para ahli telah menggunakan tapak dara untuk sakit kepala, vertigo, dan ingatan yang buruk sejak abad pertengahan.

4. 4. Mencegah kolesterol tinggi

Sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Flavonoid dan vinpocetine yang terkandung pada ekstrak daun tapak dara diketahui dapat menyeimbangkan kolesterol dalam tubuh dengan menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida, dan menurunkan kolesterol jahat.Kondisi kolesterol yang normal dapat menurunkan risiko terkena penyakit, seperti stroke, serangan jantung, hingga penyakit ginjal kronis.

3. 5. Mempercepat penyembuhan luka

Saat Anda memiliki luka pada kulit, terutama luka luar yang terbuka, Anda dapat menggunakan bunga tapak dara untuk meredakannya. Ekstrak etanol dari bunga tapak dara diketahui mampu mempercepat penyembuhan luka.

2. 6. Pengobatan kanker

Tanaman tapak dara telah dikenal dalam pengobatan tradisional untuk mengobati berbagai penyakit. Ayurveda atau Ilmu Kesehatan dari India juga telah mengenal penggunaan tanaman berbunga mungil ini sebagai antitumor, antidiabetes, antimikrobial, antioksidan serta antimutagenik ,atau mencegah penyebaran gen penyebab kanker.Vinblastin yang umumnya digunakan untuk pengobatan berbagai jenis kanker seperti penyakit Hodgkin, kanker payudara, kanker kulit, dan leukemia limfoblastik diekstrak secara alami dari tanaman tapak dara merah muda. Menurut penelitian, obat ini termasuk obat kanker kedua yang paling banyak digunakan, namun harus tetap disertai dengan terapi dan pengobatan medis lainnya.

1. 7. Mencegah kerusakan oksidatif

Manfaat bunga tapak dara lainnya adalah dapat mencegah kerusakan oksidatif akibat radikal bebas yang berlebih, karena mengandung flavonoid. Jenis antioksidan ini dapat mengurangi risiko terkena berbagai penyakit kronis, termasuk aterosklerosis, hipertensi, parkinson, hingga penyakit Alzheimer.

  • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Bunga Tapak Dara Sebagai Obat Berbagai Penyakit artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!