Channel E – Beberapa orang menghabiskan berjam-jam di gym beberapa kali seminggu, sementara yang lain hampir tidak punya waktu dan energi untuk ber-olahraga dalam satu sesi. Tetapi kedua jenis pengunjung gym bisa sama-sama frustrasi karena tidak melihat hasilnya. Jadi, apa titik manis utama dalam hal seberapa sering seseorang harus berolahraga?

Jawabannya tergantung pada berbagai faktor, seperti aktivitas fisik yang Anda pilih untuk dilakukan. Aktivitas fisik didefinisikan sebagai “setiap gerakan tubuh yang dihasilkan oleh kontraksi otot rangka yang meningkatkan pengeluaran energi di atas tingkat basal,” menurut Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS.

Latihan adalah bentuk aktivitas fisik “terrencana, terstruktur, berulang” yang dilakukan dengan tujuan meningkatkan kesehatan atau kebugaran.

“Meskipun semua olahraga adalah aktivitas fisik, tidak semua aktivitas fisik adalah olahraga. Tentu saja beberapa aktivitas fisik lebih baik daripada tidak sama sekali tetapi “aktivitas fisik sedang hingga berat yang teratur” mengurangi risiko banyak hasil kesehatan yang merugikan.

 

1Berapa Hari Dalam Seminggu Saya Perlu Berolahraga?

olahraga
gambar istimewa

Seberapa sering seseorang harus berolahraga akan tergantung pada tingkat kebugaran individu serta tujuan kebugaran mereka, mulai dari menurunkan berat badan hingga membangun otot. Baik untuk melakukan setidaknya 30 menit aktivitas fisik moderat setiap hari.

Bagi mereka yang tidak punya waktu, bahkan “serangan aktivitas singkat” menawarkan manfaat kesehatan. Jadi, Anda dapat menukar jalan kaki 30 menit di siang hari dengan beberapa jalan kaki lima menit. Namun, jika Anda ingin menurunkan berat badan, mempertahankan penurunan berat badan atau memenuhi tujuan kebugaran tertentu, Anda mungkin perlu berolahraga lebih banyak

selama seminggu Anda harus melakukan beberapa jenis “aktivitas tidak terstruktur,” Ini bisa berarti berlari, naik tangga daripada naik lift ke gedung, berjalan ke tempat kerja apa pun untuk meningkatkan detak jantung Anda selama sekitar 20 atau 30 menit.

Baca Juga :  5 Manfaat Pisang untuk Ibu Hamil yang Perlu Diketahui

Berikan tubuh Anda istirahat pada satu hari dalam seminggu untuk “bersantai dan menikmati kemajuan yang Anda buat selama seminggu.” Tapi berhati-hatilah untuk tidak “binge eat” atau minum pada hari istirahat Anda.

Konsistensi juga merupakan kunci untuk melihat hasil. “Bersikaplah konsisten, Anda tidak bisa berolahraga selama seminggu dan kemudian mengambil cuti seminggu dan berharap untuk menunjukkan keuntungan apa pun. Konsistensi adalah dasar dari semua perbaikan yang didorong oleh.”

 

2Berapa Banyaknya Aktivitas Fisik yang Sehat?

olahraga
gambar istimewa

Salah satu jenis utama aktivitas fisik adalah aktivitas aerobik, yang mengharuskan otot-otot besar tubuh bergerak secara berirama untuk jangka waktu yang berkelanjutan . Idealnya, aktivitas aerobik Anda harus tersebar sepanjang minggu.

Tingkat aktivitas aerobik ditentukan oleh tiga komponen. Mereka termasuk intensitas (seberapa keras Anda bekerja untuk melakukan aktivitas), frekuensi (seberapa sering Anda melakukan aktivitas aerobik) dan durasi (berapa lama Anda melakukan aktivitas dalam satu sesi).

Meskipun komponen ini membentuk profil aktivitas fisik aerobik, penelitian telah menunjukkan bahwa jumlah total aktivitas fisik (menit aktivitas fisik intensitas sedang dalam seminggu, misalnya) lebih penting untuk mencapai manfaat kesehatan daripada salah satu komponen (frekuensi, intensitas, atau durasi).

Beberapa manfaat kesehatan dapat dimulai dengan sedikitnya satu jam aktivitas fisik dalam seminggu. Namun, “manfaat kesehatan substansial” untuk orang dewasa terjadi dengan total mingguan 150 hingga 300 menit aktivitas fisik intensitas sedang (seperti jalan cepat).

Menurut penelitian, total minimum mingguan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik intensitas sedang “secara konsisten mengurangi” risiko banyak penyakit kronis dan hasil kesehatan yang merugikan lainnya.

Orang dewasa yang melakukan aktivitas penguatan otot dengan “intensitas sedang atau lebih besar” yang melibatkan semua kelompok otot utama pada dua hari atau lebih dalam seminggu akan menuai manfaat kesehatan tambahan.

Baca Juga :  Memahami Perbedaan Pandemi dan Endemi

 

3Berapa Lama Seharusnya Latihan Saya?

olahraga
gambar istimewa

Dalam hal berolahraga, Anda tidak perlu berolahraga lebih dari sekitar satu jam.

“Sesi latihan dapat bervariasi panjangnya, tetapi jika Anda berada di gym selama lebih dari satu jam, Anda bermain-main atau berbicara terlalu banyak. Rencanakan latihan Anda dan selesaikan.

Berolahraga pada waktu yang sama di siang hari. “Mencoba untuk menyebarkan latihan selama tiga atau empat periode yang lebih pendek di siang hari tidak memberi tubuh Anda tantangan yang dibutuhkannya.

Anda juga harus “meningkatkannya” jika Anda tidak merasa lelah atau tertantang dengan latihan Anda saat ini. Anda harus merasakan nyeri pada kelompok otot pada hari kedua setelah Anda mengerjakannya. Ini berarti jika Anda melatih kaki Anda pada hari Senin, kaki Anda akan terasa kencang atau sakit pada hari Rabu. Jika tidak, Anda tidak mendorong tubuh Anda cukup keras.

Untuk sebagian besar hasil kesehatan, manfaat tambahan terjadi ketika jumlah aktivitas fisik meningkat melalui intensitas yang lebih tinggi, frekuensi yang lebih besar, dan / atau durasi yang lebih lama.

 

4Berapa Lama Sebelum Saya Melihat Hasil Yang Signifikan?

olahraga
gambar istimewa

Jika Anda mengembangkan program pelatihan dan diet yang kompeten dan konsisten mengikutinya, Anda akan melihat hasil yang signifikan dalam tiga hingga enam bulan.

Anda tidak mengalami kelebihan berat badan dua puluh pon atau kehilangan kekuatan otot dalam beberapa minggu dan Anda tidak akan siap menjadi sampul majalah dalam beberapa minggu. Tetapi Anda akan sampai di sana jika Anda konsisten,

 

5Diet Sangat Penting untuk Berolahraga

olahraga
gambar istimewa

Nutrisi yang tepat dan olahraga berjalan seiring. Diet Anda adalah aspek “paling kritis” dari program latihan untuk menurunkan berat badan dan menambah otot.

Baca Juga :  Penyebab Mual Setelah Minum Kopi

Kesalahan terbesar dalam berolahraga untuk menurunkan berat badan adalah melakukan diet yang menjanjikan hasil ajaib. Intinya adalah untuk menurunkan berat badan Anda harus membakar lebih banyak kalori setiap hari daripada yang Anda makan. Sesederhana itu.

Tubuh kita tidak dirancang untuk bekerja dengan cara itu, katanya, mencatat bahwa setiap pon tambahan berat pada tubuh Anda menambah lima pon tekanan pada lutut Anda.

Menjaga diet dan berat badan Anda sangat penting untuk gaya hidup yang lebih sehat. Tidak masuk akal untuk mempertahankan diet Anda selama seminggu dan kemudian pesta pada hari libur atau liburan Anda.

Dia sangat menyarankan menemui ahli gizi atau berkonsultasi dengan pelatih pribadi yang berkualifikasi untuk membantu mengatur diet yang memenuhi tujuan latihan Anda.

 

6Sebelum Memulai Program Latihan

olahraga
gambar istimewa

Ini sangat penting jika Anda belum pernah melakukan program kebugaran atau ber-olahraga di gym. Dalam kedua kasus tersebut, mintalah konsultasi awal dengan pelatih pribadi yang berkualifikasi.

Anda juga harus memeriksa ketentuan penyedia asuransi kesehatan Anda.

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here