Gula darah yang terlalu tinggi dapat menyebabkan berbagai risiko penyakit. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa mengontrol kadar gula darah normal. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti cara menurunkan gula darah secara alami.

Kunci utamanya kamu harus menerapkan gaya hidup yang lebih sehat. Mulai dari olahraga hingga diet yang bernutrisi. Walaupun butuh waktu dan tenaga, ini merupakan cara yang tepat untuk menurunkan gula darah secara alami.

71. Rajin Cek Gula Darah

Dianggap sebagai silent killer, kebanyakan orang tidak menyadari kadar gula darah mereka sudah di atas normal, yaitu 200 mg/dL. Gejala pun jarang muncul sebelum gula darah menjadi terlalu tinggi.

Karena dari itu, ada baiknya jika kamu sering mengecek kadar gula darah. Untuk yang masih muda, bisa mulai dengan 6 bulan sekali atau setahun sekali. Jika kamu sudah berumur di atas 40, ada baiknya untuk mengecek sebulan sekali.

Dengan begitu, kamu pun bisa mendeteksi jika gula darah kamu naik. Sehingga kamu pun bisa melakukan langkah pencegahan dan menurunkan gula darah kamu kembali ke normal.

62. Minum Air yang Cukup

Tubuh kita membutuhkan cairan yang cukup untuk bisa berfungsi secara optimal. Jika kita minum air yang cukup, maka otomatis tubuh kita pun bisa membantu menurunkan gula darah yang berlebihan secara alami.

Karena cairan dapat memperlancar fungsi kerja ginjal dalam menyaring gula dalam darah. Gula yang berlebih ini pun akan keluar melalui urine setelah tersaring.

Adapun air bisa memperlancar peredaran darah yang memastikan pasokan oksigen lebih banyak tersebar ke seluruh tubuh. Dengan begitu, lebih banyak gula yang mengendap dalam darah pun bisa dikonversi menjadi energi.

Namun, pastikan cairan yang kamu konsumsi adalah air putih. Karena jenis minuman yang lainnya akan cenderung mengandung manis dan malah menambah kadar gula darah kamu.

53. Makan Makanan Berserat

Makanan berserat dapat mengurangi kecepatan proses terserapnya karbohidrat dan gula. Karena itu, peningkatan kadar gula darah pun menjadi lebih lambat.

Ada dua jenis serat, yaitu serat yang dapat larut dalam air dan tidak. Walaupun keduanya bagus dan penting untuk tubuh, serat yang dapat larut itu lebih berperan dalam penurunan kadar gula darah.

Makanan yang kaya akan serat yang dapat larut ini antara lain:

  • Pir
  • Ubi
  • Apel
  • Wortel
  • Alpukat
  • Brokoli
  • Gandum (Oats)
  • Kacang polong
  • Buah citrus, termasuk limau, lemon, jeruk nipis, jeruk, dan jeruk bali

Selain makanan ini, kamu pun tetap bisa menambah semua jenis serat melalui perbanyak makan sayur, buah, dan kacang-kacangan.

44. Jaga Berat Badan Ideal

Berat badan ideal dapat membantu menjaga kadar gula darah normal. Hal ini dikarenakan seorang yang mempunyai berat badan berlebih akan cenderung mengalami kondisi resistensi insulin.

Hitung Berat Badan Ideal dengan Kalkulator BMI

Ini berarti sel dalam tubuh mereka menjadi “kebal” atau resisten terhadap insulin yang dihasilkan pankreas. Alhasil, insulin tidak dapat efektif melakukan fungsinya untuk memasukkan gula dari darah ke dalam sel. Pada akhirnya, darah kamu jadi mengandung kelebihan gula.

Selain itu, menjaga berat badan ideal juga mencegah berbagai risiko penyakit kritis. Mulai dari penyakit jantungstroke, hingga tekanan darah tinggi.

35. Biasakan Berolahraga

Olahraga tidak hanya membantu kamu menjaga berat badan ideal, tapi juga dapat menambah sensitivitas insulin. Artinya sel tubuh kamu bisa bekerja lebih baik dalam mengoptimalkan gula berlebih yang ada dalam tubuh kamu.

Selain itu, olahraga juga mendorong otot kamu untuk bekerja. Artinya akan lebih banyak gula yang terpakai untuk menjadi sumber energi dan membantu kerja otot.

Jenis olahraga yang sesuai pun bisa berupa angkat beban, berjalan kaki, lari, bersepeda, menari, mendaki gunung, berenang, dan seterusnya.

26. Jaga Asupan Karbo

Karbohidrat adalah sumber alami gula. Tubuh kita memecah karbo menjadi glukosa. Kemudian insulin yang tubuh kita hasilkan memasukkan gula ke dalam sel untuk dibakar menjadi oksigen.

Namun, ada kalanya asupan karbo di tubuh kita terlebih. Otomatis jika ini terjadi, gula dalam tubuh kita akan naik. Maka dari itu, menjaga asupan karbo menjadi salah satu kunci penting dalam menurunkan kadar gula darah secara alami.

Kamu bisa mulai dari kecil. Misalnya dengan tidak memakan cemilan berbasis tepung atau gorengan. Atau memakan nasi merah daripada nasi putih.

17. Makan Lebih Banyak Ikan

Ikan adalah jenis daging yang paling sehat. Kandungan gula dari ikan pun tidak ada. Karena itu, ada baiknya jika kamu lebih memilih ikan dibanding daging yang lain. Mulailah biasakan konsumsi ikan minimal 2x dalam 1 minggu.

Selain menurunkan gula darah, ikan pun mempunyai banyak manfaat kesehatan lainnya. Misalnya saja, berbagai jenis ikan juga mengandung Omega-3, vitamin B2, dan vitamin D.

Namun, pastikan pengolahan ikan pun sehat. Hindari ikan yang digoreng, serta ikan yang mengandung banyak merkuri.

Lihat tips & trick lainnya disini.

Tonton video menarik dari Channel E Indonesia disini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!