Untuk menjaga kesehatan tubuh dan kesehatan mental, salah satu kegiatan penting untuk dilakukan adalah melakukan olahraga secara rutin.

Ada banyak jenis olahraga yang dapat dilakukan tanpa memerlukan alat khusus dan ekonomis, salah satunya adalah berlari.

Lari merupakan jenis olahraga yang praktis untuk dilakukan dimanapun dan kapanpun, namun memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh, termasuk kesehatan fisik maupun kesehatan mental.

Olahraga lari dikategorikan sebagai olahraga kardiovaskular yang sempurna. Lari secara rutin efektif untuk membakar lemak di dalam tubuh, selain itu dapat menjaga kesehatan jantung hingga membuat suasana hati menjadi lebih bahagia sehingga berpengaruh baik bagi kesehatan fisik dan mental.

Jenis olahraga lari sering dianjurkan sebagai salah satu opsi alternatif yang dapat memperbaiki kebiasaan buruk khususnya bagi yang malas berolahraga untuk memulai menjalani hidup sehat.

1. Mengurangi resiko penyakit Jantung

Olahraga lari akan melatih jantung agar lebih kuat dan mengurangi risiko penyakit jantung. Hal tersebut ditandakan dari detak jantung yang berdegup lebih kencang dari biasanya ketika berlari. Jika sudah terbiasa, degupan jantung itu akan kembali normal dan tidak terlalu kencang lagi. Hal ini menandakan bahwa jantung sudah terbiasa dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar, sehingga jantung akan jadi lebih sehat dan dapat terhindar dari ancaman penyakit.

 

2. Terhindar dari obesitas

Seperti yang kita tahu, manfaat olahraga lari secara rutin efektif untuk membantu proses pembakaran lemak di dalam tubuh karena lancarnya metabolisme di dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi resiko obesitas.

3. Meningkatkan kinerja otak

Manfaat olahraga lari yang dapat melancarkan sirkulasi darah tidak hanya mempengaruhi kinerja dan kesehatan jantung, namun dapat juga meningkatkan konsentrasi dan kesehatan otak karena sirkulasi darah yang terjadi pada saat berlari membantu oksigen masuk kedalam jaringan tubuh, termasuk otak yang dapat membantu terhindar dari penurunan daya ingat.

 

4. Meningkatkan Sistem Imun 

Imun atau daya tahan tubuh yang baik merupakan manfaat olahraga lari secara rutin. Stamina dan daya tahan tubuh yang baik dapat meningkatkan mood bahkan menumbuhkan semangat dalam bekerja maupun beraktifitas lainnya, sehingga performa kerja dan aktivitas lainnya juga akan lebih maksimal.

5. Menyehatkan fungsi organ Tubuh

Selain untuk menyehatkan fungsi jantung dan otak, manfaat olahraga lari dapat menyehatkan fungsi organ tubuh lainnya, diantaranya adalah menyehatkan fungsi sendi yang dapat mengurangi resiko osteoartritis, menyehatkan fungsi hati yang dapat mengurangi resiko pengembangan fatty liver penyebab stroke, manfaat olahraga lari juga dapat meningkatkan kualitas fungsi paru-paru dan memperkuat otot-otot pernapasan sehingga hal ini sangat bagus bagi penderita asma.

6. Meningkatkan Metabolisme dalam Tubuh

Melambatnya metabolisme dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai efek buruk bagi stamina, kondisi kulit, masalah psikis, kondisi rambut dan juga pencernaan. Manfaat olahraga lari secara rutin juga merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

7. Memperbaiki Kualitas Tidur

Masalah gangguan tidur merupakan salah satu faktor penyebab  menurunnya gairah, kecemasan dan depresi. Manfaat olahraga lari secara rutin di pagi hari akan membantu untuk tidur lebih nyenyak di malam hari. Karena pada saat berlari, otot-otot tubuh akan merasa lelah dan akan mengirimkan sinyal ke otak untuk beristirahat.

Lihat tips & trick lainnya disini.

Tonton video menarik dari Channel E Indonesia disini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!