Fakta Menarik Hewan Serigala
Foto Istimewa

Meskipun memiliki sifat yang sangat berbeda, serigala dan harimau sama-sama digolongkan sebagai predator yang berada di puncak rantai makanan. Mereka telah melewati evolusi panjang dan bisa menjadi penyintas hebat di alam liar sampai saat ini. Keberadaan mereka juga memberikan banyak pelajaran bagi manusia. Berikut ini merupakan fakta menarik hewan serigala :

  1. Serigala adalah hewan monogami

cara monogami yang dilakukan oleh serigala adalah salah satu kunci keselamatan spesies dalam proses evolusi.
Dalam dunia evolusi menyatakan bahwa seleksi alam akan terjadi bagi siapa saja yang tidak bisa fit atau beradaptasi dengan baik di alam liar.

Dengan cara kawin secara monogami, serigala dapat mempertahankan keturunan yang murni dan kuat dari paparan penyakit di alam liar. Cara monogami juga akan memudahkan kelompok sosial serigala dalam mengatur hierarki yang telah disepakati bersama.

2. Selain cerdas, Serigala juga memiliki Stamina yang luar biasa 

Menurut penelitian di alam liar, setidaknya ada tiga dasar dalam berburu yang dimiliki oleh serigala. Ketiga dasar tersebut adalah kecerdasan, stamina, dan kemampuan mengaplikasikan strategi berburu di alam liar.

Dalam dunia fauna, serigala merupakan salah satu kawanan hewan yang memiliki strategi berburu terbaik. Strategi berburu serigala mencakup beberapa aspek yang mereka lakukan terhadap mangsanya, yakni mengawasi, mengintimidasi, membuat mangsa kelelahan, dan akhirnya membunuh mangsanya

3. Serigala memiliki beberapa spesies dan subspesies

spesies serigala memiliki cukup banyak subspesies di alam liar. Beberapa subspesies tersebut muncul karena evolusi mikro yang terjadi pada spesies serigala dalam kurun waktu yang cukup lama.

Adanya perbedaan kondisi di alam menjadi salah satu penyebab mengapa serigala berevolusi dan mengalami spesiasi di alam liar. Biasanya perbedaan subspesies pada beberapa jenis serigala terdapat pada ukuran tubuh, warna bulu, mata, dan beberapa hal minor lainnya.

Baca Juga :  Jangan Bingung Lagi, Ketahui Perbedaan Penyu, Kura-Kura, dan Terrapin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!