Channel E – Penyakit jantung menjadi salah stau penyakit mematikan yang pernah ada. Penyebabnya pun cukup beragam. Mulai dari gaya hidup yang tidak sehat, kebiasaan mengonsumsi makanan berlemak tinggi, tekanan darah yang tinggi, serta masih banyak lagi penyebab lainnya. Tapi bukan berarti penyakit tersebut tidak dapat dicegah lho. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan sehat pencegah penyakit jantung ini. Apa saja? Simak di bawah ini!

 

1. Buah Berries

jantung
gambar istimewa

Stroberi, bluberry, cranberry, raspberry, dan jenis buah berry lainnya ternyata tidak hanya enak untuk dikonsumsi namun juga dapat membantu memelihara kesehatan jantung. Selain memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, buah berry juga memiliki fitonutrien yang merupakan senyawa yang dapat melindungi kerja jantung.

 

2. Kacang-kacangan

jantung
gambar istimewa

Kacang-kacangan mengandung serat yang cukup tinggi yang baik bagi kesehatan jantung. Konsumsi kacang juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Dimana LDL yang tinggi memicu resiko tinggi penyakit jantung. Manfaat lainnya yaitu menurunkan risiko terjadinya pembekuan darah yang memicu serangan jantung. Jadi coba ganti cemilanmu dengan kacang almond atau hazelnut.

 

3. Ikan Salmon

jantung
gambar istimewa

Kandungan omega 3 yang tinggi dalam ikan salmon dapat mengurangi penyumbatan pembuluh darah dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Untuk itu, yuk rajin konsumsi ikan mulai dari sekarang.

 

4. Dark Cokelat

jantung
gambar istimewa

Siapa yang menyangka bahwa coklat ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan jantung? Ternyata, coklat hitam mengandung flavonoid yang bisa menurunkan resiko penyakit kardiovaskular​. Selain itu, kandungan antioksidannya dapat membantu sel-sel tubuh melawan kerusakan akibat radikal bebas dari kontaminasi lingkungan, asap rokok, serta paparan cahaya matahari berlebihan. Namun pastikan kamu memilih coklat hitam dengan kandungan kakao yang tinggi. Hot chocolate yang dibuat dari bubuk kakao dan dicampur sedikit susu juga boleh lho.

Baca Juga :  INILAH 7 SAYURAN YANG BISA BANTU TURUNKAN BERAT BADAN

 

5. Bawang Putih

jantung
gambar istimewa

Bahan dapur yang stau ini telah dikenal sejak lama sebagai antiobiotik alami. Nggak cuma itu, bawang putih ternyata juga bermanfaat untuk mengurangi pengentalan darah dan bisa meningkatkan kesehatan jantung.​ Selain itu, bawang putih juga mampu merangsang produksi empedu untuk membantu menurunkan kadar lemak pada hati.​ Jadi, pastikan gunakan bawang putih dalam setiap masakanmu yah!

 

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here