Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan Bantu Pernapasan hingga Atasi Stres

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan Bantu Pernapasan hingga Atasi Stres
Foto Istimewa

Daun mint, yang juga dikenal sebagai Pudina, adalah ramuan aromatik yang populer di kalangan masyarakat karena kesegarannya. Selain itu, daun mint ini juga dinilai memiliki beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan. Bahkan sejak zaman kuno, banyak orang telah menggunakan berbagai jenis mint di seluruh dunia. Berbagai jenis tanaman mint memang menawarkan banyak sifat anti-oksidan dan manfaat kesehatan. Daun mint dikemas dengan antioksidan dan fitonutrien, serta mengandung vitamin A, vitamin C, dan B kompleks, fosfor, kalsium, dan memiliki sifat anti bakteri. Daun ini juga menjadi salah satu sumber yang kaya zat besi, kalium, dan mangan yang meningkatkan kadar hemoglobin dan meningkatkan fungsi otak. Bagi tubuh, daun mint ini bisa menjadi tanaman herbal yang membantu meningkatkan kesehatan Anda. Dikutip dari pharmeasy.in, berikut adalah manfaat daun mint yang berguna untuk kesehatan tubuh.

10. Obati Gangguan Pencernaan

Manfaat daun mint yang pertama adalah untuk mengobati gangguan pencernaan. Daun mint dikenal sebagai makanan pembuka yang luar biasa. Ini akan membantu meningkatkan sistem pencernaan dengan merangsang enzim pencernaan. Minyak mint memiliki sifat antiseptik dan antibakteri untuk meredakan gangguan pencernaan, infeksi perut, dan lain sebagainya. Minyak ini bertindak sebagai obat anti-spasmodik karena kandungan metanol di dalamnya.

9. Meringankan Irritable Bowel Syndrome

Manfaat daun mint yang kedua adalah untuk meringankan kondisi Irritable Bowel Syndrome. Irritable Bowel Syndrome adalah gangguan umum pada sistem pencernaan. Kondisi ini dapat menyebabkan sakit perut, sembelit, diare, kembung, dan gangguan pencernaan. Perawatan utama dan penting untuk sindrom ini adalah dengan melakukan perubahan pola makan, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak mint juga dapat membantu meringankannya. Ini karena minyak mint mengandung senyawa yang disebut mentol yang memberikan efek relaksasi pada otot-otot saluran pencernaan.

Baca Juga :  Manfaat Air Rebusan Daun Putri Malu Bagi Suami

8. Mengatasi Keluhan Pernapasan

Manfaat daun mint yang ketiga adalah untuk mengatasi keluhan pernapasan. Daun mint sangat dianjurkan untuk orang yang menderita asma, karena berfungsi sebagai relaksan yang baik dan meredakan hidung tersumbat. Konsumsi daun mint setiap hari dapat memberikan efek menenangkan bagi penderita asma. Mint juga dikenal dapat membersihkan hidung tersumbat, karena kandungan mentolnya dapat membuat pernapasan lebih mudah. Ini juga mengurangi iritasi yang disebabkan oleh batuk kronis.

7. Perawatan Mulut

Manfaat daun mint yang keempat yaitu sebagai perawatan mulut. Anda bisa mencoba mengunyah daun mint untuk menghilangkan bau yang menyengat. Daun mint dapat membantu menyegarkan napas Anda secara instan karena kandungan bahan pembasmi kuman. Ekstrak daun mint dapat membantu membersihkan penumpukan plak pada gigi. Mentol yang mengandung pasta gigi, obat kumur, atau permen karet dapat menghentikan pertumbuhan bakteri mulut dan menjaga kebersihan rongga mulut Anda.

6. Mengatasi Stres & Depresi

Manfaat daun mint yang kelima yakni untuk mengatasi stres dan depresi. Mint adalah bagian penting dari aromaterapi. Aromanya yang kuat dan menyegarkan dapat membantu mengatasi stres dan menyegarkan pikiran. Dengan menghirup aroma mint, pikiran Anda dapat menjadi tenang. Anda dapat menambahkan mint ke dalam minuman teh Anda, menggunakan ekstrak mint pada alat penguap atau mandi mint untuk menghilangkan stres dan depresi dengan segera.

5. Meningkatkan Kekuatan Otak

Manfaat daun mint yang selanjutnya adalah untuk membantu meningkatkan kekuatan otak. Daun mint adalah tonik otak. Menurut berbagai penelitian, dengan mengonsumsi mint dapat meningkatkan kewaspadaan dan fungsi kognitif. Daun mint dinilai juga dapat meningkatkan daya ingat dan kewaspadaan mental.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Daun mint juga dapat berperan dalam menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Daun mint akan meningkatkan pencernaan dan meningkatkan metabolisme untuk membantu menurunkan berat badan. Teh mint adalah minuman bebas kalori yang menyegarkan dan akan membantu Anda untuk menurunkan berat badan.

2. Perawatan Kulit

Mint adalah obat kuno untuk mengobati masalah terkait kulit seperti jerawat dan bekas luka. Sifat antibakteri, antijamur, dan anti-inflamasi yang kuat dari daun mint efektif dalam mengobati jerawat dan menurunkan peradangan dan kemerahan yang terkait dengan ledakan jerawat. Daun mint mengandung asam salisilat tinggi dan vitamin A yang mengontrol sekresi minyak sebum di kulit dan membantu menyembuhkan jerawat. Ekstrak daun mint juga bermanfaat untuk mengobati dan mencegah timbulnya jerawat. Kekayaan mentol dan antioksidan alami dalam daun mint digunakan sebagai pembersih, toner, astringen dan pelembap yang luar biasa untuk kulit. Manfaat lain, daun mint akan memberi warna pada kulit, melembutkan kulit kering dan gatal.

1. Menjadikan Rambut Sehat

Manfaat daun mint yang terakhir adalah untuk membantu menjadikan rambut yang sehat. Ekstrak daun mint adalah sumber karoten dan antioksidan yang dapat membantu pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok. Sifat antimikroba dan antijamur yang kuat dari daun mint digunakan untuk menangkal ketombe, kutu rambut, dan sebagainya. Anda bisa mengoleskan pasta daun mint yang dicampur dengan jus lemon pada kulit kepala rambut dan biarkan selama 30-40 menit, kemudian bilas rambut dengan baik.

  • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan Bantu Pernapasan hingga Atasi Stres artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia
Baca Juga :  Manfaat Buah Semangka untuk Kesehatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here