Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan
Foto Istimewa

Sambiloto merupakan daun yang sudah tidak asing lagi dalam dunia pengobatan herbal. Tanaman yang satu ini paling sering diolah menjadi jamu dan dipercaya mampu untuk mengobati berbagai macam penyakit. Sambiloto mengandung zat andrografolida yang membuatnya memiliki rasa yang sangat pahit, namun justru dari zat tersebutlah manfaat daun sambiloto banyak didapatkan.Manfaat Daun Sambiloto Daun sambiloto yang memiliki rasa amat pahit tetap diminati oleh banyak masyarakat. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan, melainkan karena duan sambiloto dipercaya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Berikut adalah 10 manfaat daun sambiloto yang banyak dipercaya oleh masyarakat:

10. 1. Mengatasi gangguan sistem pencernaan

Manfaat daun sambiloto yang pertama adalah untuk menjaga kerja sistem pencernaan. Daun sambiloto dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan mulai dari diare, sembelit, hingga kolik abdomen. Tanaman herbal satu ini juga dapat mengatasi berbagai macam gejala yang sering muncul ketika terjadi gangguan pencernaan yaitu sakit perut dan kembung.

9. 2. Mengatasi flu

Manfaat daun sambiloto untuk menyembuhkan penyakit yang kedua adalah dapat mengatasi flu. Penyakit influenza merupakan jenis infeksi virus yang ditandai dengan gejala seperti demam, sakit kepala, nyeri, bersin-bersin, batuk, dan kedinginan. Flu merupakan kondisi yang lebih berbahaya dari pilek. Konsumsi sambiloto dipercaya dapat menurunkan semua gejala tersebut.

8. 3. Menjaga fungsi hati

Menjaga fungsi dan kerja hati juga merupakan salah satu manfaat daun sambiloto. Infeksi pada hati bisa bermacam-macam bentuknya dan setiap penyakit yang menyerang fungsi hati tentunya memiliki risiko untuk mengganggu fungsi organ lainnya. Daun sambiloto dapat mengatasi beberapa gangguan hati seperti penyakit kuning, pembesaran hati, dan juga kerusakan hati yang disebabkan oleh penggunaan obat tertentu.

7. 4. Membantu mengobati gangguan saluran pernapasan

Manfaat daun sambiloto selanjutnya adalah untuk mengobati berbagai gangguan saluran pernapasan. Sistem pernapasan disusun oleh banyak organ, jika salah satunya mengalami ganggun, tentunya akan mengganggu sistem secara keseluruhan. Penyabab gangguan sistem pernapasan juga bermacam-macam mulai dari virus dan bakteri atau infeksi lainnya. Beberapa jenis gangguan sistem pernapasan yang dipercaya dapat diobat dengan daun sambiloto antara lain adalah seperti bronkitis, pneumonia, dan juga tuberkulosis.

6. 5. Mencegah diabetes

Manfaat daun sambiloto yang paling populer selanjutnya adalah dapat mencegah diabetes. Diabetes merupakan kondisi di mana kadar gula darah naik akibat insulin tidak diproduksi atau tidak bekerja dengan baik. Sebuah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa daun sambiloto dapat memberikan efek hipoglikemik atau dapat menurunkan kadar gula darah.

5. 6. Menurunkan kolesterol

Selain dapat menurunkan gula darah, penelitian yang sama juga menunjukkan manfaat daun sambiloto lainnya adalah dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Menjaga kadar kolesterol dalam darah adalah hal yang sangat penting karena penumpukan kolesterol dalam darah bisa memicu terbentuknya plak dalam pembuluh darah dan memicu penyumbatan pembuluh darah.

4. 7. Mencegah penyakit jantung

Daun sambiloto tidak hanya dapat menurunkan kolesterol dan mencegah penyumbatan pembuluh darah, tetapi juga dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah atau bahkan memecah gumpalan darah. Maka dari itu, daun sambiloto juga memiliki manfaat untuk melancarkan peredaran darah sehingga Anda dapat terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskular.

3. 8. Mengatasi masalah kulit

Manfaat daun sambiloto selanjutnya adalah untuk mengatasi berbagai macam infeksi kulit. Efek antibakteri dan antiperadangan dari tanaman yang satu ini membuatnya ampuh untuk digunakan sebagai obat berbagai kondisi kulit seperti iritasi, meredakan gatal-gatal, mengobati bisul, hingga mengatasi gigitan ular dan gigitan serangga.

2. 9. Mencegah kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Salah satu pemicunya adalah radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Daun sambiloto juga mengandung senyawa antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas sehingga dapat menjadi salah satu agen antikanker.

1. 10. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat daun sambiloto yang terakhir adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Senyawa antioksidan juga sangatlah penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Sambiloto yang mengandung antioksidan dapat mencegah perkembangan berbagai virus, bakteri, dan mikroorganisme yang dapat menginfeksi tubuh. Konsumsi sambiloto secara rutin tidak hanya dapat mengobati tapi juga dapat mencegah berbagai penyakit. Selain manfaat daun sambiloto yang sudah disebutkan di atas, daun pahit yang satu ini juga dipercaya dapat mengatasi banyak jenis infeksi lainnya. Contohnya seperti penyakit menular seksual seperti gonore dan sifilis. Beberapa sumber juga menyatakan bahwa daun sambiloto dijadikan sebagai salah satu penyobatan HIV/AIDS.

  • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!