Mansa Musa Adalah Seorang Raja Muslim

di tepi barat Afrika ia mempunyai kekayaan yang tidak tertandingi bahkan di era modern saat ini, Mansa merupakan gelar yang dipakai untuk merujuk pada seorang ‘Sultan’ atau ‘Kaisar’,¬†Sebuah imperium yang menguasai sebagian kawasan penting di wilayah Afrika Barat.

Di kutip Dari Business Insider

Kerajaan Mali dulu sempat menguasai wilayah yang saat ini dikenal sebagai negara Mali, Mauritania, Senegal, Gambia, Guinea, Burkina Faso, Niger, Nigeria, and Chad.

Negara-negara ini merupakan wilayah dengan cadangan emas yang melimpah, yang kemudian menyumbang terhadap kekayaan Mansa Musa.

Pada saat kepemimpinan beliau sebagian besar Eropa sedang berjuang dan dan menghadapi penurunan produksi emas dan perak, Sementara banyak kerajaan di Afrika berkembang pesat berkat cadangan emas yang melimpah.

Pada masa kepemimpinannya, Kerajaan Mali menyumbang hampir setengah dari produksi emas dunia Dan semua cadangan emas itu berada di bawah kendali raja.

Sebagai penguasa, Mansa Musa memiliki akses yang hampir tidak terbatas ke sumber kekayPusat perdagangan utama yang memperdagangkan emas dan barang lainnya juga berada di wilayahnya dan dia mengumpulkan kekayaan dari perdagangan ini,” tambahnya.

Jurnalis Jacob Davidson dari majalah Time menyebut nilai kekayaan dari Mansa Musa tidak bisa diprediksi. Menurutnya tidak ada cara untuk menghitung kekayaannya secara akurat, terlebih kisahnya itu sudah berlangsung dari beberapa abad silam. Karena itu cerita kekayaannya itu bisa saja dilebih-lebihkan.

Terkenal Murah Hati

Dengan harta berlimpah, Mansa Musa juga terkenal tidak pelit atas kekayaannya. Dia sering memberikan hadiah kepada pejabat yang ditemui.

Selain itu, kepemilikan terhadap aset yang melimpah hanyalah satu sisi dari kekayaan materi yang dimiliki Mansa Musa.

Baca Juga :  KEHIDUPAN UMAT MUSLIM DI CHINA!

Itulah informasi mengenai kisah mansa musa yang menjadi orang terkaya hingga di era modern saat ini. nah untuk info selanjutnya? yuk langsung aja simak videonya di channel youtubenya “KanalPengetahuanIslam”

Baca Juga : inilah 2 mukjizat kitab suci Al-Qur’an, disekitar kita¬†

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here