Channel E – Urang aring berasal dari tanaman yang bernama false daisy dari Inggris, yang masih satu keluarga dengan bunga matahari yang biasa tumbuh di tempat lembap termasuk India, Brazil dan Thailand. Minyak urang aring diekstraksi dari daun tanaman tersebut yang kemudian dipanaskan menggunakan minuak asli.

Urang aring telah diakui memberikan berbagai manfaat untuk masalah tekanan darah, gangguan hati dan bahkan untuk menjaga kesehatan rambut. Nah, penasaran kan apa saja manfaat urang aring untuk kesehatan tubuh dan rambut? Berikut penjelasan selengkapnya.

 

1. Merangsang pertumbuhan rambut

Berdasarkan studi yang dilakukan pada tahun 2008, menunjukkan hasil bahwa minyak urang-aring mampu meningkatkan jumlah pada folikel rambut. Kandungan vitamin E yang terdapat pada urang aring mampu melawan radikal bebas yang dapat menghambat pertumbuhan pada rambut.

2. Mengurangi ketombe

Sifat anti jamur dan anti mikroba yang terdapat pada minyak urang aring ternyata mampu membantu dalam mengurangi ketombe. Selain itu, minyak urang aring juga memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa mengatasi iritasi dan psioriasis pada kulit kepala.

Minyak ini juga dipercaya mampu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, sehingga rambut menjadi lebih sehat dan bernutrisi.

3. Menunda pertumbuhan uban

Minyak tanaman urang aring juga dipercaya mampu mencegah dan memperlambat proses pembentukan uban pada rambut. Uban atau rambut putih terjadi karena kehilangan melamin atau pigmen pada rambut.

Minyak ini memiliki sifat penggelapan yang dimilikinya dapat membantu untuk membuat rambut tampak kurang beruban.

4. Untuk kesehatan liver

Penyakit pada liver atau dikenal sebagai penyakit kuning akan mengakibatkan perubahan pada warna kulit kuning, akibat dari kondisi hati dan fungsinya. Berdasarkan penelitian yang dimuat dari jurnal Health Benefit of Eclipta alba, ternyata urang-aring mampu melindungi dan mengobati penyakit hati seperti penyakit kuning dan hepatitis.

Baca Juga :  Manfaat Buah Cermai Juga Bisa Menurunkan Kolesterol

Jus atau ramuan daun urang aring dapat berperan dalam pembentukan sel hari sehingga baik digunakan sebagai tonik.

5. Sebagai antimikroba

Urang aring juga memberikan manfaat yang berfungsi sebagai antimikroba. Sehingga penggunaan urang-aring baik kamu gunakan untuk melakukan pengobatan infeksi.

6. Sebagai pereda nyeri

Manfaat urang aring berpotensi memberikan efek analgesik yang dapat menghilangkan rasa sakit dengan aspirin. Urang aring dapat menghilangkan rasa sakit dengan kandungan ekstrak etanol dan alkaloid yang dimilikinya.

Nah, kamu bisa menggunakan urang aring ini sebagai pereda nyeri konvensional saat sakit gigi.

7. Untuk mengatasi dermatis

Urang aring memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat melembapkan dan mengatasi kulit kering. Kamu bisa mengoleskan minyak urang aring pada kulit karena minyak ini juga mampu membantu kamu untuk mengatasi peradangan kulit seperti dermatitis dan jerawat.

8. Mengatasi sakit maag

Sakit maag akan memberikan efek seperti nyeri panas, mual hingga jantung terbakar. Urang aring mampu membantu dalam mengatasi sakit maag, akibat dari mengonsumsi obat anti inflamasi dan aspirin.

Selain itu, ekstrak urang aring juga dapat mengurangi tukak pada lambung yang terjadi akibat aspirin dan alkohol.

9. Menjaga kesehatan jantung

Jantung yang sehat dapat diperoleh apabila memiliki kadar kolesterol yang seimbang dan tekanan darah yang sehat. Ternyata, urang aring mampu membantu dalam mengontrol tekanan darah dan mengatur kolesterol pada tubuh kamu.

Selain itu, ekstrak daun urang aring yang dikonsumsi dengan madu juga dapat membantu dalam mengatasi jantung berdebar.

11. Mencegah kanker

Ekstrak etanol yang terkandung di dalam tanaman urang-aring memiliki aktivitas antikanker tertentu. Urang aring dipercaya dapat menghambat pertumbuhan sel kanker di hati dan digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengobatai beberapa jenis kanker.

12. Menjaga kesehatan mata

Urang aring kaya akan kandungan karoten yang merupakan antioksidan yang penting dalam menjaga kesehatan mata. Zat karoten ini mampu menghilangkan radikal bebas yang menyebabkan degenrasi makula dan pembentukan katarak pada mata.

Sehingga, mengonsumsi urang aring sebagai obat herbal dapat memelihara penglihatan kamu menjadi tetap jernih.

13. Mencegah infeksi saluran kencing

Sifat antiseptik dan antibakteri yang dimiliki urang aring membuatnya efektif dalam mengobati dan mencegah infeksi pada saluran kencing. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa, urang aring memiliki kemampua diuretik yang dapat membantu buang air kecil menjadi lebih mudah.

Selain itu, mengonsumsi urang aring dapat mengurangi rasa tidak nyaman dan mampu menetralkan bakteri dengan cepat serta mengembalikan fungsi kandung kemih hingga normal.

Nah, itulah dia 13 manfaat yang dapat diberikan oleh urang aring yang bahkan tidak hanya untuk rambut, tetapi juga bagi kesehatan tubuh kita. Kamu bisa menggunakan urang aring sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai keluhan seperti di atas.

Jangan lupa kunjungi youtube kami diĀ Channel E Indonesia

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here