Manfaat Buah Belimbing Atasi Inflamasi

Manfaat Buah Belimbing Atasi Inflamasi
Foto Istimewa

Manfaat belimbing untuk kesehatan tubuh. Buah manis-asam segar yang bantu diet, jaga tekanan darah hingga atasi sariawan. Buah berwarna kuning-hijau ini juga dikenal dengan nama Latin Averrhoa carambola. Rasanya yang asam dan segar seringkali dijadikan sebagai pelengkap rujak dan berbagai makanan olahan lainnya. Bila kamu membelah belimbing maka akan terlihat bentuk yang seperti bintang, oleh sebab itu buah ini pun sering dikenal dengan nama “star fruit.” Kamu bisa menemukan buah ini dengan mudah di wilayah Asia Tenggara. Menariknya lagi, selain bisa hidup dalam jangka waktu panjang, buah yang berbentuk bintang ini juga bisa dipanen cukup sering. Sebelum membahas mengenai kandungan dan manfaat lengkapnya, ada pun fakta menarik mengenai buah belimbing yang penting diketahui:

  • Berbunga sepanjang tahun, dengan musim berbuah dari April-Juni dan Oktober-Desember.
  • Hampir seluruh bagian buah dapat dimakan, termasuk kulitnya.

Juga dikenal sebagai five corner fruit dan carambola (berasal dari bahasa Portugis yang digunakan sejak 1598).

Kandungan Gizi Belimbing

Tanaman yang mampu hidup hingga 40 tahun ini dapat menjadi sumber serat dan vitamin C yang baik bagi tubuh. Dalam satu buah belimbing berukuran 91 gram (g) terdapat beberapa kandungan nutrisi di dalamnya:

  • Protein: 1 g
  • Serat: 3 g
  • Vitamin C: 52% dari Angka Kecukupan Gizi (AKG)
  • Vitamin B5: 4% dari AKG
  • Folat: 3% dari AKG
  • Tembaga: 6% dari AKG
  • Kalium: 3% dari AKG
  • Magnesium: 2% dari AKG

Buah ini pun cenderung rendah kalori, satu buahnya saja hanya mengandung 41 kalori. Sehingga sangat cocok dijadikan pilihan untuk kamu yang sedang dalam program diet.

Berbagai khasiat buah belimbing bisa kamu terima karena kandungan nutrisi di dalamnya yang cukup tinggi, dari mengontrol berat badan hingga jadi pilihan yang paling baik untuk mengatasi maag. Simak daftar selengkapnya:

Baca Juga :  Penyakit lupus

6. 1. Merupakan Anti Inflamasi Alami

Kadar anti-inflamasi dan antioksidan yang dimiliki oleh buah belimbing cukup besar, sehingga buah yang terkenal dengan bentuk bintangnya tersebut mampu mencegah terjadinya gangguan pada kulit.

Bah belimbing juga terdapat kandungan vitamin C yang tinggi, kandungan vitamin tersebut berfungsi untuk membuang racun yang ada pada tubuh kita.

5. 2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Berbagai kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah belimbing, dapat berdampak baik bagi kesehatan jantung. Terutama kandungan sodium dan kalium yang ada di dalamnya.

Kedua kandungan tersebut berfungsi untuk menjaga kestabilan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

4. 3. Mampu Mengontrol Berat Badan

Buah belimbing merupakan buah yang sangat cocok dikonsumsi bagi kamu yang sedang dalam program diet, bagaimana tidak, buah ini hanya memiliki 41 kalori. Dengan kalori yang rendah tersebut kamu bisa mengonsumsinya secara bebas dan teratur tanpa terlalu mengkhawatirkan kenaikan berat.

Selain itu, buah ini juga tinggi serat, sehingga dapat memperlancar pencernaan dan membantu penurunan serta mengontrol berat badan kamu.

3. 4. Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

Bagi para penderita hipertensi tentunya sangat baik dan diperbolehkan untuk mengkonsumsi buah asam manis ini. Sebab, dengan rutin mengonsumsi buah belimbing, maka secara pasti dapat menjaga tekanan darah tetap normal dan mencegah terjadinya hipertensi.

2. 5. Mencegah Masalah Pencernaan

Buah berbentuk bintang jika dibelah ini mengandung serat yang cukup tinggi, jadi sudah pasti dapat membantu memperlancar pencernaan kamu.

Selain melancarkan pencernaan, kandungan serat didalamnya tentunya serat juga mampu membuang ataupun mengeluarkan racun-racun dalam tubuh melalui usus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here