Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan dan Ibu Hamil
Foto Istimewa

Bukan hanya manis dan lezat, ternyata ada banyak manfaat buah srikaya untuk kesehatan dan ibu hamil. Ada berbagai jenis buah-buahan yang bisa menambah asupan nutrisi dan mineral masuk ke dalam tubuh, yaitu buah srikaya. Masing-masing buah mempunyai manfaat kesehatannya masing-masing. Selain di Indonesia, buah srikaya juga terkenal di India. Nah, buah satu ini biasanya dikonsumsi sebagai buah pencuci mulut. Rasanya manis karena mengandung glukosa dan fruktosa. Hal yang perlu diketahui, buah srikaya mengandung nilai kalori yang cukup tinggi untuk buah-buahan. Srikaya seberat 100 gram memiliki kalori sekitar 90 kalori, yang hampir dua kali lipat dari buah jeruk dan apel. Namun, manfaat yang bisa didapatkan dari buah srikaya nyatanya tidak main-main, lho! Apa saja? Simak ulasan manfaat buah srikaya berikut ini, ya! Jika mendengar kata buah srikaya, apakah Moms langsung terpikirkan tentang selai sarikaya? Nah, fakta menarik nih, Moms. Selai sarikaya tidak terbuat dari buah srikaya. Disebut selai sarikaya karena merupakan tradisi bangsa Melayu. Penamaannya menggunakan bahasa melayu, yaitu sri atau seri yang artinya cerah, dan kaya yaitu berwarna kuning emas seperti orang kaya. Dilihat dari kandungan bahannya, selai srikaya bukan berasal dari buah segar, melainkan terbuat dari santan, telur, gula, dan diberikan aroma khas dari daun pandan atau vanili. Jadi, jangan samakan buah srikaya dan selai sarikaya, ya, Moms! Nah, kembali dengan topik utama, sebenarnya apa saja kandungan dan manfaat buah srikaya sehingga bisa disebut menyehatkan? Berikut ini penjelasannya.

8. Potasium

Manfaat buah srikaya untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mengandung potasium. Buah srikaya juga mengandung potasium yang tinggi sehingga menjadikannya baik untuk mengatur tingkat tekanan darah dan membantu melawan rasa lelah. Buah srikaya juga baik diberikan untuk anak-anak untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya.

7. Vitamin C

Manfaat buah srikaya untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mengandung vitamin C. Menurut studi yang diulas dalam International Journal of Current Microbiology and Applied Sciences, buah srikaya mengandung vitamin C yang menjadi sumber antioksidan dan baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

6. Serat

Manfaat buah srikaya untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mengandung serat. Sudah dipastikan, serat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Nah, Moms bisa mengonsumsi buah srikaya sebagai pilihan untuk memenuhi asupan serat sehari-hari. Asupan serat juga bisa Moms dapatkan dari sayur-sayuran sebagai menu makan harian.

5. Vitamin A

Manfaat buah srikaya untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mengandung vitamin A. Tahukah Moms bahwa buah srikaya juga kaya akan vitamin A? Nah, vitamin A ini sangat penting untuk kesehatan mata, serta mampu menjaga kulit dan rambut juga tetap sehat.

4. Magnesium

Manfaat buah srikaya untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mengandung magnesium. Masih dari studi di atas, buah srikaya juga mengandung magnesium yang tinggi, sehingga sangat cocok dikonsumsi seseorang yang mengidap penyakit rematik dan radang sendi. Itulah beberapa kandungan utama dari buah srikaya. Hal yang perlu diketahui juga, buah srikaya menjadi sumber zat besi dan kalsium yang baik untuk tubuh.

Manfaat Buah Srikaya untuk Ibu Hamil

Nah, diungkapkan sebelumnya kalau buah srikaya baik untuk kesehatan ibu hamil. Lalu, apa saja manfaat yang bisa diterima bumil dari mengonsumsi buah srikaya? Ini ulasannya. Buah srikaya memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan dapat dikonsumsi dalam jumlah yang sedang dan tidak berlebihan. Nah, berikut ini manfaat buah srikaya yang bisa didapatkan oleh ibu hamil:

3. Meningkatkan Berat Badan

Manfaat buah srikaya untuk ibu hami yang pertama adalah meningkatkan berat badan. Moms, penting sekali untuk terus memantau berat badan selama hamil. Normalnya, berat badan Moms akan naik kira-kira 10-15 kg selama masa kehamilan. Namun, biasanya ibu hamil akan mengalami penurunan berat badan saat trimester pertama. Mengapa demikian? Morning sickness yang sering dialami ibu hamil pada awal kehamilan menyebabkan mual dan muntah hingga mengurangi nafsu makan. Hal ini membuat penyerapan kalori dan nutrisi ke dalam tubuh menjadi berkurang. Penurunan berat badan saat trimester pertama dianggap masih wajar. Namun, Moms perlu berhati-hati ketika berat badan terus menurun saat hamil. “Ketika terjadi penurunan berat badan berlebihan saat hamil bisa menjadi tanda yang lebih serius, yaitu hiperemesis atau disfungsi tiroid. Sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter kandungan,” ungkap dr. Pooja Shah, dokter kandungan yang berasal dari Arizona, Amerika Serikat. Sebagai upaya untuk meningkatkan berat badan saat hamil, Moms bisa mengonsumsi buah srikaya. Gula alami dalam buah srikaya nyatanya mampu mengatasi ibu hamil yang mengalami kekurangan berat badan. Gula alami ini tentunya lebih baik daripada Moms harus mengonsumsi makanan manis dengan gula buatan yang berlebihan.

Baca Juga :  5 Tempat Wisata Di Sentul Bogor Paling Rekomendasi Saat Ini

2. Mengatasi Diare

Manfaat buah srikaya untuk ibu hami yang selanjutnya adalah mengatasi diare. Ibu hamil rentan mengalami diare atau disentri. Kondisi ini tidak bisa dianggap sepele, lho! American Pregnancy Association mengungkapkan, penyebab diare saat hamil bisa terjadi karena perubahan hormon. Hormon dapat menyebabkan proses pencernaan pada ibu hamil melambat, sehingga menyebabkan diare. Kenaikan kadar hormon prostaglandin juga sering disebut dapat menyebabkan diare saat hamil. “Prostaglandin memaksa usus untuk berkontraksi lebih intens atau lebih sering, yang akhirnya menyebabkan diare,” ungkap dr. Mary Rosser, dokter kandungan di Columbia University Irving Medical Center. Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi diare saat hamil adalah mencukupkan cairan dalam tubuh agar terhindar dari dehidrasi dan menjaga pola makan tetap sehat. Nah, Moms bisa mengonsumsi buah srikaya untuk membantu mengurangi gejala diare. Kok bisa? Begini, Moms, studi dari diulas dalam Journal of Academia and Industrial Research menyebutkan bahwa buah srikaya memiliki beberapa khasiat obat karena adanya kandungan fitokimia seperti terpene, senyawa fenolik, dan flavonoid.

1. Menurunkan Risiko Keguguran

Manfaat buah srikaya untuk ibu hami yang selanjutnya adalah menurunkan risiko keguguran. Secara umum, seorang ibu hamil yang mengalami keguguran ketika janinnya tidak berkembang. Namun, kalau melihat dari penyebabnya bisa beragam sekali. Baik Moms yang masih berusia muda atau tua sama-sama memiliki risiko untuk mengalami keguguran. Terlebih lagi, ketika Moms memiliki beberapa kondisi yang meningkatkan risiko mengalami keguguran, seperti kelebihan berat badan atau berat badan jauh di bawah normal, mengidap penyakit infeksi menular seksual, memiliki kebiasaan merokok atau mengonsumsi alkohol, dan mengidap penyakit bawaan. Wanita yang sebelumnya pernah mengalami keguguran juga berisiko alami hal yang sama pada kehamilan selanjutnya. Namun, hal ini bukan berarti Moms tidak dapat hamil dengan sehat dan melahirkan bayi dengan selamat. Untuk itu, pemeriksaan rutin ke dokter kandungan itu wajib untuk memantau perkembangan janin di dalam kandungan. Selain itu, ketahui nutrisi apa yang paling dibutuhkan Moms saat hamil, sebab kebutuhannya bisa berbeda-beda. Setelahnya, terapkan pola makan yang sehat, teratur, dan memenuhi nutrisi yang Moms butuhkan. Salah satu kandungan nutrisi yang penting bagi ibu hamil adalah mineral tembaga. Nah, buah srikaya mengandung mineral tembaga yang tinggi sehingga mampu melindungi janin dengan baik. Buah srikaya memberikan porsi tertentu dari mineral tembaga ini. Selain mengurangi risiko keguguran, buah srikaya juga mampu mengurangi kemungkinan kelahiran prematur. Buah srikaya juga mengandung antioksidan yang dapat membersihkan tubuh dari racun, sehingga menjaga kesehatan ginjal dengan baik. Antioksidan dalam buah srikaya juga mampu membangun sistem kekebalan tubuh Moms lebih kuat saat hamil.

  • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Buah Srikaya untuk Kesehatan dan Ibu Hamil artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here