Beberapa mitos mengenai hiu
Foto Istimewa

Bagi sebagian orang, hiu dikenal sebagai hewan mematikan. Ikan bergigi tajam itu dianggap mengerikan dan suka menyerang manusia. Namun, di antara sekian banyak rumor mengerikan tentang hewan itu, ternyata hiu berperan penting dalam menjaga ekosistem laut. Berikut ini adalah Beberapa mitos mengenai hiu :

1. Ikan hiu selalu haus akan darah manusia

Karena banyaknya film fiksi yang beredar mengenai perbuatan brutal hiu terhadap manusia, banyak orang percaya jika hiu memang akan selalu memangsa manusia. Padahal faktanya hiu hanya akan memangsa manusia jika merasa terancam maupun sedang dalam kondisi sangat lapar. Hiu juga tidak akan langsung memakan manusia ketika melihat manusia kecuali mereka merasa terancam terhadap keberadaanmu.

2. Hiu betina membutuhkan hiu jantan agar dapat memiliki anak

Faktanya hiu wanita tidak memerlukan pejantan agar bisa memiliki anak. Karena hiu memiliki kemampuan Partenogenesis, yakni kemampuan untuk memproduksi sel telur tanpa melakukan fertilisasi dari hiu jantan. Hal ini bisa kamu temukan di hewan lainnya seperti pada lebah dan semut.

3. Semua hiu tumbuh berukuran besar

Mungkin banyak yang berasumsi bahwa ikan hiu memiliki tubuh yang cukup besar dan memiliki gigi runcing yang tajam. Hiu yang memiliki badan sebesar 40 kaki sebenarnya termasuk ke dalam jenis hiu paus, hiu ini tidak berbahaya bagi manusia. Ada pula hiu yang memiliki tubuh seperti ikan biasa, tubuhnya hanya sebesar 2 kaki, hiu ini bernama coral catshark. Karena tubuhnya yang kecil membuat hiu ini sering dipelihara di akuarium.

4. Ikan hiu harus terus berenang

Banyak yang beranggapan jika ikan hiu harus terus berenang di air seumur hidup mereka, jika tidak maka hiu akan mati. Faktanya ikan hiu memiliki celah insang yang berada di leher mereka. Insang ini bertujuan agar mereka dapat menarik oksigen ketika berada di dalam air. Sehingga menyebabkan hiu harus terus berenang agar bisa bertahan hidup.

Baca Juga :  Fakta Menarik Burung Merak Putih

5. Ikan hiu tidak memiliki predator

Sama seperti yang telah dijelaskan di atas, terkadang lumba-lumba akan memangsa hiu kecil seperti coral catshark. Namun menurut Sarasota Dolphin Research Program, predator yang paling ditakuti hiu adalah manusia. Karena setiap tahunnya jutaan hiu mati karena perbuatan manusia. Bahkan penelitian tersebut menunjukkan angka populasi 100 juta hiu telah berkurang karena manusia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here