Apa itu tradisi Chaand Raat?

Chaand Raat (Hindi: चाँद रात; Bahasa Bengali: চাঁদ রাত; Urdu: چاند رات; berarti, Malam Bulan) adalah cara berkata di negara tersebut yang digunakan di beberapa negara untuk malam Idul Fitri; istilah ini dapat berarti malam dengan bulan purnama. Istilah ini berasal dari kata dalam bahasa Sanskerta candrá (चंद्र) “bulan” dan rā́tri (रात्रि) “malam”

Chand raat atau malam rembulan merupakan tradisi lebaran yang digelar umat islam di India Pakistan dan Bangladesh. Ini menjadi tradisi unik seperti malam takbiran di Indonesia.

Jika di Indonesia punya tradisi malam takbiran saat malam sebelum merayakan idul Fitri esok harinya. Di India Pakistan dan Bangladesh punya tradisi yang mirip sebutannya adalah Chand Raat atau malam rembulan.

Tradisi Yang DI Gelar Saat Lebaran

Chand Raat atau malam rembulan merupakan takbiran di India Pakistan dan Bangladesh. Pada malam tersebut umat islam negara tersebut berkumpul disebuah tanah lapang terbuka melihat rembulan. Mereka berkumpul untuk sama sama menyaksikan pergantian bulan. Tidak hanya sekedar berkumpul, bagi mereka kaum perempuan akan berhias diri mewarnai tangan mereka dengan daun inai atau di Indonesia dikenal dengan sebutan pacar.

Sama seperti di Indonesia kaum perempuan akan mulai menyiapkan berbagai makanan dirumah untuk merayakan lebaran esok harinya. Pada malam itu toko toko akan lebih lama buka bahkan bisa masuk waktu dini hari karena banyak dari umat muslim maupun non muslim pergi berbelanja pada malam hari itu .

Suasana begitu ramai  dan gembira mirip dengan suasana natal bagi kalangan umat Kristen. Diberbagai jalan dihiasi berbagai bendera warna warni. Toko toko yang buka pada  malam itupun menghias dekorasi dengan berbagai lampu warna warni dan hiasan menarik lainnya.

Baca Juga :  Inilah Populasi Umat Muslim, Di Kesultanan Oman

Para kaum lelaki dan juga perempuan menghias diri dengan pakaian tradisional yang disebut dengan nama shalwar kameez. Untuk kaum pria biasanya berpakaian putih, sementara  itu kaum perempuan menggunakan pakaian dengan warna yang beragam.

Nah, untuk info selanjutnya? yuk langsung langsung aja mampir ke channel youtubenya “KanalDuniaIslam”

Baca Juga: Kehidupan umat muslim di china

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here