Fitur Snapdragon 8 Gen 1 akan sangat keren untuk smartphone kelas flagship mendatang. Dan ini cuma membutuhkan waktu beberapa minggu lagi lho guys menjelang perilisannya

Terlepas dari nama baru, Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 ini juga merupakan model ke-18 dalam seri 8, setelah kamu menjumlahkan semua Plus dan varian lainnya.

Gak cuma itu, Qualcomm juga telah memutuskan untuk menghapus penomoran dari GPU Adreno, Hexagon DSP, dan berbagai macam bagian lainnya di dalam chip.

FITUR BARU DI SNAPDRAGON 8 GEN 1

Grafik dan CPU

Snapdragon 8 Gen 1 akan ditenagai oleh satu core CPU powerhouse Cortex-X2 dengan clock 3GHz lebih tinggi dari tahun lalu. Sedangkan dua core Cortex-A710 pada 2,5GHz, dan empat core Cortex-A510 yang hemat energi pada 1,8GHz.

Qualcomm bertahan dengan pengaturan CPU tri-cluster 1+3+4 yang telah dicoba dan diuji, daripada pengaturan 2+2+4 yang sedikit lebih eksperimental di Google Tensor.

fitur Snapdragon 8 Gen 1

Dalam hal grafis, Snapdragon 8 Gen 1 menyertakan GPU Adreno internal yang tidak bernomor. Dari segi kinerja, Qualcomm menawarkan peningkatan kinerja 30% yang mengesankan dari SoC generasi sebelumnya dan penghematan daya 25%.

Peningkatan kinerja mencapai 60% saat menggunakan Vulkan API. Meskipun ini peningkatan yang luar biasa, tapi katanya sih gak akan bisa mengalahkan milik Apple guys.

Support Video 8K HDR10+ dan Kamera 108Mp

Triple ISP generasi terakhir ini akan meningkatkan 14-bit ke 18-bit imaging pipeline dan mendukung output gambar RAW 18-bit lho guys.

Singkatnya ini mirip dengan hasil kamera iPhone 12 series guys kameranya, tapi masa iya sih? Hehe, kita lihat aja nanti ya.

fitur Snapdragon 8 Gen 1

Baca Juga: realme GT 2 Pro Sentuh 1 Juta Poin di AnTuTu

Pengambilan video di generasi terakhir ini juga sudah support video 8K HDR10+. Ini akan menjadikan yang pertama kali ada di smartphone Android guys.

Baca Juga :  WhatsApp Akan Rilis Fitur Keluar Grup Diam-diam, Asyik!

Fitur Lainnya

Qualcomm mengatakan telah memenuhi persyaratan untuk iSIM dan Android Ready SE. Ini adalah teknologi pertama perusahaan yang akan hadir. Ini adalah kerjasama dari Google juga kok guys.

fitur Snapdragon 8 Gen 1

Intinya banyak peningkatan keamanan. Perangkat Snapdragon 8 Gen 1 masa depan akan bisa berfungsi ganda sebagai kunci mobil, dompet digital, SIM, dan bentuk identifikasi lainnya.

Seperti yang kita harapkan dari subsistem nirkabel Qualcomm Snapdragon Fast Connect 6900. Nantinya akan ada dukungan Bluetooth 5.2 dan Wi-Fi 6E. Harusnya sih Bluetooth 5.3 yang terbaru, tapi sayangnya belum ada guys.

Baca Juga: Samsung Mungkin Gak Akan Rilis Galaxy Note Series Lagi

Ada juga fitur bagus untuk audiophiles, ada aptX Lossless dengan audio kualitas CD bit-exact sebagai bagian dari suite audio aptX Lossless dan Snapdragon Sound.

Chipset ini juga mendukung spesifikasi core Bluetooth LE Audio yang dirubah. Sekarang kamu hanya perlu sepasang headphone yang akan memanfaatkan teknologi terbaru tersebut guys.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here