Islam Salah Satu Agama Minoritas DI Cina

Islam merupakan salah satu agama minoritas di Cina. Meskipun demikian, keberadaannya diakui oleh pemerintah dan didukung penuh untuk memiliki fasilitas tempat ibadah.

Di setiap kota di Cina hampir bisa dipastikan terdapat masjid yang dibangun oleh umat Islam. Bahkan, terbangunnya masjid tersebut tidak terlepas dari bantuan pemerintah setempat.

Di Cina, Islam mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Setidaknya hal itu bisa dilihat dari banyaknya restoran halal yang bertebaran di seluruh sudut kota di Cina serta bertambahnya jumlah masjid di setiap kotanya. 

Penulis yang sedang menempuh PhD di Chongqing University, Hilyatu Millati Rusyidah, mengungkapkan, pada bulan Ramadhan aktivitas masjid-masjid di Cina makin menggeliat. Hal itu bisa dilihat misalnya dalam jadwal kajian keagamaan. Menurut dia, kajian-kajian tersebut ditujukan untuk makin memperdalam pemahaman warga Muslim Cina tentang ajaran Islam.

Jika mengengok kehidupan Muslim, mereka mayoritas menjadi pengusaha restoran halal yang berasal dari suku Hui dan Uighur. Mereka membuka restoran di tempat strategis, seperti kampus-kampus dan pusat kota.

Muslim Juga memiliki Organisasi keagamaan

Menurut Hilya, tidak sulit untuk menemukan restoran halal. Geliat bisnis Muslim juga dapat kita temui di lokasi-lokasi sekitar masjid. Biasanya mereka membuka toko-toko dan resrtoran halal setiap Jumat, ketika banyak umat Islam melaksanakan shalat Jumat.

Muslim juga memiliki organisasi keagama an yang mirip dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Organisisasi tersebut bernama Chinese Islamic Association, yang didirikan sejak Mei 1953. Organisasi tersebut menjadi wadah yang mampu menjembatani seluruh muslim di China.

Sebagai warga asing di China Hilya mengaku tidak mendapatkan larangan dalam hal beribadah. Kondisi ini berbeda dengan apa yang diberitakan media massa selama ini. Menurut Hilya, umat Islam di Cina mendapatkan kebebasan penuh dalam menjalankan ibadah.

Baca Juga :  TRADISI UNIK PERNIKAHAN MUSLIM DI SELURUH DUNIA

Tidak hanya itu, masyarakat asli juga sangat respek terhadap umat Islam Indonesia di sana. Menurut dia, bagi warga setempat, keharmonisan akan selalu dijaga sebagaimana ajaran nenek moyang mereka.

Nah, untuk info selanjutnya? yuk langsung langsung aja mampir ke channel youtubenya “KanalDuniaIslam”

Baca Juga: Ini Yang Terjadi Saat Khalid Bin Walid Minum Racun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here