Manfaat Daun Cincau Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Cincau Untuk Kesehatan
Foto Istimewa

banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk membuat sajian atau sebagai minuman, misalnya seperti es cincau. Daun ini memang lebih sering digunakan untuk membuat cincau atau seperti agar-agar yang dicampurkan ke dalam es. Dan untuk rasanya sendiri juga enak dan nikmat ketika dicampur di dalam minuman seperti es. Dan tanpa kamu sadari ketika kamu meminum es cincau yang terbuat dari daun cincau maka sama saja kamu memberikan asupan banyak nutrisi untuk tubuh kamu. Karena daun cincau itu sendiri mengandung nutrisi yang cukup untuk menyehatkan tubuh. Selain itu daun ini juga digunakan sebagai bahan utama untk pembuatan obat herbal.

  • Beberapa vitamin ; vitamin A, vitamin B1
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Fosfor
  • Tokoferol
  • Mineral
  • Kalsium
  • Serat
  • Zat besiCara yang cukup unik dalam mengolah cincau menjadi obat herbal, maka akan semakin tidak seperti obat atau merasakan pahit ketika mengkonsumsinya. Jadi akan semakin mudah untuk dikonsumsi sehingga akan sangat baik untuk dijadikan terapi dalam penyembuhan beberapa penyakit yang kamu derita. Dan berikut ini ada beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi daun tersebut.

    10. 1. Mengobati demam

    Tidak hanya untuk orang dewasa daun cincau bisa dikonsumsi tapi untuk anak-anak yang sedang maka akan sangat mudah mereka mengkonsumsinya. Dan anak-anak tidak akan merasakan pahit seperti meminum obat pada umumnya. Jadi tinggal dibuat agar-agar saja biar semakin enak mengkonsumsinya.

    9. 2. Mengobati sakit perut

    Jika kamu merasakan tidak nyaman dengan perut kamu, seperti masuk angin, atau susah dalam BAB, kamu bisa mengkonsumsi es cincau. Selain enak dan segar ketika diminum tapi juga akan menyembuhkan rasa sakit yang ada di dalam perut.

    8. 3. Menurunkan tekanan darah

    Tekanan darah yang terlalu tinggi bisa sangat berbahaya, efeknya bisa saja pingsan bahkan terkena stroke. Khasiat dari mengkonsumsi daun cincau baik kamu buat dalam bentuk air rebusan atau agar-agar maka akan menurunkan tekanan darah.

    7. 4. Mengendurkan otot

    Jika kamu sehabis melakukan aktifitas seperti olahraga maka otot kamu akan terasa kencang dan tidak jarang juga akan disertai rasa pegal-pegal. Manfaat daun cincau bisa mengendurkan otot yang menegang. Paling tidak meminum air rebusannya atau mengkonsumsinya dalam bentuk agar-agar.

    6. 5. Menurunkan kadar kolesterol

    Tingginya kolesterol di dalam tubuh bisa mengakibatkan timbulnya berbagai macam penyakit. Kamu bisa menggunakan ekstrak dari daun cincau untuk menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh. Dan hal ini sama saja kamu mencegah timbulnya berbagai macam penyakit seperti hipertensi, penyakit jantung, dan lain-lain.

    5. 6. Mengobati maag

    Salah satu penyebab timbunya penyakit maag adalah pola makan yang tidak teratur dan asupan makan yang buruk atau rendah akan nutrisinya. Kamu bisa mengobatinya dengan mengkonsumsi ekstrak daun cincau setiap harinya, hal ini juga akan mencegah maag yang sering kambuh.

    4. 7. Mencegah peradangan

    Ada beberapa penyakit yang bisa menimbulkan peradangan, misalnya seperti sakit gigi biasanya disertai peradangan di area yang sakit dan bahkan hingga rahang. Untuk mencegah terjadinya peradangan kamu bisa meminum air rebusan atau mengkonsumsi agar-agar dari daun cincau setiap harinya. Setidaknya saat pagi hari atau pada waktu malam hari menjelang istirahat.

    3. 8. Mengobati diabetes

    Tingginya kadar gula darah yang ada di dalam tubuh bisa menjadi fatal jika tidak segera diobati. Daun cincau yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup akan menyehatkan hormon insulin pankreas. Dengan demikian maka pancreas akan berfungsi lebih baik untuk mengatur kadar gula darah yang ada di dalam tubuh.

    2. 9. Mengobati tipes

    Nutrisi yang ada di dalam daun cincau akan mengembalikan kekbalan tubuh jika dikonsumsi secara teratur. Dan sangat baik jika penderita tipes sering mengkonsumsinya setidaknya 3 kali minum air rebusan. Hal ini ditujukan untuk mengembalikan kekebalan atau sistem imun di dalam tubuh.

    1. 10. Meningkatkan sistem imun

    Timbulnya berbagai macam penyakit yang ada di dalam tubuh kita, salah satu faktornya adalah lemahnya kekebalan tubuh untuk menangka serangan penyakit. Setidaknya meminum air rebusan atau mengkonsumsi agar-agar dari daun cincau 2 hingga 3 kali dalam sehari akan meningkatkan sistem imunitas pada tubuh.

    • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Daun Cincau Untuk Kesehatan artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia
Baca Juga :  Manfaat Daun Kenikir Lawan Diabetes