Manfaat Bunga Kenop untuk Kesehatan Bantu Cegah Kanker Prostat

Manfaat Bunga Kenop untuk Kesehatan Bantu Cegah Kanker Prostat
Foto Istimewa

Bunga kenop (Gompherna globosa L) merupakan salah satu jenis tanaman yang cukup mudah ditemui di Indonesia. Bunga yang memiliki warna ungu memiliki nama yang berbeda-beda di berbagai daerah seperti kembang adas-adasan (Jawa), taimanatulu (Sulawesi), dan masih banyak lagi. Tidak hanya indah dan cantik, bunga satu ini juga memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan. Sudah sejak lama, bunga kenop sering dijadikan obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit. Seperti dikutip dari Tea Review, ekstrak bunga kenop mengandung vitamin C, vitamin B6, Vitamin K, dan folat. Beberapa kandungan tersebut dipercaya mampu menjaga kesehatan tubuh dan mengatasi berbagai penyakit. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan manfaat bunga kenop ini, salah satunya dibuat teh. Meski begitu, para ahli menyarankan untuk mengonsumsi ekstrak bunga kenop secara teratur dan tidak berlebihan. Berikut beberapa manfaat bunga kenop:

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah akan sangat mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C seperti bunga bunga kenop diperlukan agar dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sudah sejak dulu, bunga kenop digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mencegah berbagai penyakit seperti flu, demam, dan panas. Pasalnya, bunga kenop mengandung vitamin C tinggi yang berperan penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat. Caranya cukup mudah, cuci bersih 10 kuntum bunga kenop, 15 gram temulawak, 75 gram buah jeli yang sudah direndam. Setalah itu, rebus semua bahan dengan 3 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Saring air rebusannya menjadi tiga bagian, lalu minum bersama 1 sendok makan tiga kali sehari.

Baca Juga :  Manfaat Bunga kecombrang Untuk Kesehatan

4. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol merupakan zat lemak yang terdapat di dalam sel tubuh. Kadar kolesterol yang seimbang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh dalam membantu membangun sel-sel baru agar tubuh bisa tetap berfungsi secara normal. Namun, apabila jumlah kolesterol terlalu tinggi, maka dapat menimbulkan berbagai macam penyakit kronis seperti terkena penyakit jantung hingga stroke. Untuk mengatasi kolesterol tinggi, sebaiknya mengonsumsi ekstrak bunga kenop secara rutin. Sebuah penelitian yang dilakukan ilmuwan dari Universitas Federal Piaui menunjukkan, bunga kenop berfungsi efektif untuk mengurangi tekanan darah dan kolesterol. Meski begitu, manfaat bunga kenop satu ini memerlukan penelitian lebih lanjut.

3. Mencegah Radikal Bebas

Manfaat bunga kenop selanjutnya, yaitu mencegah radikal bebas. Ekstrak bunga kenop mengandung sifat anti bakteri yang berperan penting untuk melawan berbagai radikal bebas yang menyerang tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C yang tinggi pada bunga kenop juga akan menjaga daya tahan tubuh tetap terjaga. Untuk mendapatkan hasil optimal, sebaiknya mengonsumsi ekstrak bunga kenop secara teratur. Tentunya, hal ini harus diimbangi dengan pola hidup sehat, seperti olah raga dan mengonsumsi makanan yang kaya serat seperti buah dan sayuran.

2. Mengobati Luka

Tidak hanya mampu melawan virus dan bakteri, bunga kenop juga berfungsi efektif untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Kandungan metanol pada bunga kenop berperan sebagai anti mikroba yang mampu menyembuhkan luka bakar atau gigitan serangga. Selain itu, sifat anti bakteri pada bunga kenop juga berperan penting untuk menyembuhkan penyakit kulit lainnya seperti kadas, kurap, dan jamur. Caranya cukup mudah, giling tanaman ini hingga menjadi pasti, kemudian oleskan pada kulit yang terluka.

1. Mencegah Kanker Prostat

Salah satu jenis kanker yang paling banyak dialami oleh masyarakat ialah kanker prostat. Menurut data Globocan, pada 2018 terjadi sebanyak 348.809 kasus baru kanker, di mana 11.361 di antaranya merupakan penderita kanker prostat. Di Indonesia sendiri, angka kematian akibat kanker prostat mencapai 5.007 jiwa. Melansir dari Healthline, kanker prostat merupakan jenis kanker yang berkembang di dalam kelenjar dan biasa dialami oleh pria. Sebagian besar penderita penyakit ini berusia di atas 65 tahun. Meski berkembang secara perlahan, namun kanker prostat dapat menyebabkan kematian jika tidak segera atasi. Salah satu cara mengatasi kanker prostat secara alami adalah dengan bunga kenop. Kandungan antioksidan pada bunga kenop berperan penting untuk menjaga kesehatan prostat. Selain itu, kandungan ini juga mampu mencegah kanker prostat yang biasa dialami kaum pria. Meski begitu, sebaiknya tidak mengonsumsi ekstrak bunga kenop secara berlebihan. Pasalnya, bunga kenop bisa membuat seseorang keracunan jika dikonsumsi melebihi batas dosis atau sekitar 200 mg/kg berat tubuh. Oleh karena itu, bagi yang memiliki penyakit kronis, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter.

  • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Bunga Kenop untuk Kesehatan Bantu Cegah Kanker Prostat artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia
Baca Juga :  Manfaat Temu Ireng Untuk Kecantikan dan Efek Samping

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here