Manfaat Bunga Matahari untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Bunga Matahari untuk Kesehatan dan Kecantikan
Foto Istimewa

Manfaat bunga matahari biasanya akan didapatkan dari bijinya. Biji bunga matahari diyakini bisa membantu menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan gula darah karena mengandung vitamin E, magnesium, protein, asam lemak linoleat dan beberapa senyawa tanaman lainnya. Selain itu, penelitian mengaitkan biji bunga matahari dengan beberapa manfaat kesehatan lainnya seperti di bawah ini.

7. Mengatasi Peradangan

Peradangan jangka pendek adalah respons kekebalan alami, sementara peradangan kronis merupakan faktor risiko banyak penyakit kronis. Misalnya, peningkatan kadar penanda inflamasi protein C-reaktif dalam darah terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Epidemiology, yang melibatkan lebih dari 6.000 orang dewasa, mereka yang melaporkan makan biji bunga matahari dan biji lainnya setidaknya lima kali seminggu memiliki tingkat protein C-reaktif 32 persen lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak makan biji. Meskipun jenis penelitian ini tidak dapat membuktikan sebab dan akibat, diketahui bahwa vitamin E yang berlimpah dalam biji bunga matahari telah membantu menurunkan kadar protein C-reaktif. Flavonoid dan senyawa tanaman lain dalam biji bunga matahari membuktikan bahwa manfaat bunga matahari juga membantu mengurangi peradangan.

6. Mengontrol Diabetes

Manfaat bunga matahari, terutama pada efek biji bunga matahari pada gula darah dan diabetes tipe 2 telah diuji dalam beberapa penelitian dan tampaknya menjanjikan, meski tetap diperlukan lebih banyak penelitian. Mengutip penelitian dari Department of Human Nutrition, University of Otago, orang yang makan 1 ons (30 gram) biji bunga matahari setiap hari sebagai bagian dari diet sehat dapat mengurangi gula darah puasa sekitar 10 persen dalam enam bulan, dibandingkan dengan diet sehat saja. Efek penurun gula darah dari biji bunga matahari mungkin sebagian disebabkan oleh asam klorogenat senyawa tanaman. Studi juga menunjukkan bahwa menambahkan biji bunga matahari ke makanan seperti roti dapat membantu mengurangi efek karbohidrat pada gula darah. Protein dan lemak bijinya memperlambat laju pengosongan perut, memungkinkan pelepasan gula yang lebih bertahap dari karbohidrat.

Baca Juga :  Manfaat Tanaman Kumis Kucing untuk Mengobati Infeksi Saluran Kencing

5. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat bunga matahari, terurama pada biji bunga matahari yang kaya vitamin E, berfungsi sebagai antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan mata. Laporan penelitian dari U.S. Office of Dietary Supplements juga menunjukkan bahwa biji bunga matahari dapat mendukung penglihatan yang baik dengan menangkal penyakit mata seperti degenerasi makula terkait usia.

4. Bagus untuk Otot

Moms membutuhkan banyak protein untuk mendukung dan menumbuhkan otot yang kuat, dan manfaat bunga matahari adalah sumber yang bagus untuk membentuk otot ini. Biji bunga matahari mengandung sekitar 20 persen protein. Satu cangkir biji bunga matahari, setelah dikupas, menghasilkan hampir 10 gram protein. Cobalah menambahkannya ke smoothie atau ke dalam greek yogurt untuk mendapatkan protein ganda.

3. Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat bunga matahari yang datang dari biji selanjutnya adalah menjaga sistem kekebalan yang kuat. Imun yang kuat sendiri adalah kunci untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan, dan biji bunga matahari adalah pendukung kekebalan yang hebat, berkat kandungan vitamin E. Mereka juga mengandung sedikit seng dan selenium, dua pendukung sistem kekebalan lainnya.

Sementara itu, untuk kecantikan, ada beberapa manfaat bunga matahari, yakni:

2. Menjaga Berat Badan Ideal

Mendapatkan banyak serat dan protein adalah langkah penting dalam menurunkan berat badan atau menjaga berat badan yang sehat, dan biji bunga matahari dikemas dengan keduanya. Kedua nutrisi tersebut membantu Moms untuk merasa kenyang lebih lama, dan serat juga mendorong pencernaan yang baik dan membantu mengatur gula darah.

1. Sebagai Bahan Dasar Kosmetik

Manfaat bunga matahari selanjutnya datang dari bentuk minyak bunga matahari. Minyaknya ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit, sehingga minyak bunga matahari sering digunakan sebagai campuran bahan pembuatan produk kosmetik. Di dalam minyak ini ada asam oleat, vitamin E, sesamol, dan asam linoleat yang menjadi senjata untuk mendapatkan kulit yang sehat. Moms bisa mengaplikasikan langsung minyak bunga matahari, atau dijadikan campuran produk kosmetik, seperti hand body, sabun mandi, pembersih wajah, deodoran, dan lain sebagainya. Umumnya, minyak ini berfungsi sebagai bahan pelembut untuk meminimalisir iritasi kulit sehingga kosmetik berbahan ini dapat digunakan oleh semua jenis kulit termasuk yang sensitif dan mudah berjerawat.

  • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Bunga Matahari untuk Kesehatan dan Kecantikan artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia
Baca Juga :  Fasilitas Jemaah Haji Laksanakan Wukuf di Arafah, Arab Saudi

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here