32.9 C
Jakarta
Friday, August 12, 2022

Fakta Menarik Hewan Orang Utan

Hallo sobat, kalian pasti sudah pernah mendengar soal hewan orang utan bukan? nah kita akan membahas Fakta Menarik Hewan Orang Utan

Orang utan adalah kera besar, klasifikasi yang mencakup gorila, simpanse, bonobo, dan manusia. Mereka adalah satu-satunya kera besar yang ditemukan di Asia. Orang utan juga merupakan mamalia arboreal terbesar di dunia, yang berarti mereka adalah mamalia terbesar yang memiliki kemampuan untuk hidup di pohon.

Orang utan terancam punah. Mereka telah punah di beberapa bagian Asia, menurut Kebun Binatang San Diego. Sebagian besar habitat hutan mereka di Kalimantan dan Sumatera telah hilang untuk memberi ruang bagi perkebunan kelapa sawit.

Orang Utan Jantan Jauh Lebih Besar dari Betina

Fakta Menarik Hewan
                                    Foto Istimewa

Sebagai aturan, spesies primata yang lebih besar cenderung menunjukkan lebih banyak diferensiasi seksual daripada yang lebih kecil. Orang utan tidak terkecuali: Jantan dewasa berukuran sekitar lima setengah kaki dan beratnya lebih dari 150 pon, sementara betina dewasa jarang melebihi empat kaki dan 80 pon.

Anehnya, meskipun kebanyakan orang utan jantan mencapai kematangan seksual pada usia 15 tahun, lipatan dan kantong yang menandakan status ini sering tidak berkembang sampai beberapa tahun kemudian.

Orang Utan Kebanyakan Hewan Soliter

                                    Foto Istimewa

Fakta orang utan berikutnya, yaitu mereka bukan hewan yang hidup berkelompok. Tidak seperti sepupu gorila mereka di Afrika, orang utan tidak membentuk keluarga besar atau unit sosial. Populasi terbesar terdiri dari betina dewasa dan anak-anak mereka.

Laki-laki alfa bersuara keras untuk menarik perhatian betina saat berahi, sementara pejantan yang tidak dominan memilih memaksakan diri pada betina yang tidak mau (yang lebih suka kawin dengan pejantan bergelang).

Orang Utan Betina Hanya Melahirkan Setiap Enam hingga Delapan Tahun

                                            Foto istimewa

Sebagian alasan mengapa orang utan sangat sedikit di alam liar karena betina jarang dalam hal kawin dan bereproduksi. Orang utan betina mencapai kematangan seksual pada usia 10, dan setelah kawin, dan masa kehamilan sembilan bulan (sama seperti manusia), mereka melahirkan satu anak.

Baca Juga :  Fakta Menarik Hewan Penguin

Setelah itu, ibu dan anak membentuk ikatan yang tak terpisahkan selama enam sampai delapan tahun ke depan, sampai laki-laki remaja pergi sendiri, dan perempuan bebas untuk kawin lagi.

Karena rentang hidup rata-rata orang utan adalah sekitar 30 tahun di alam liar, Anda dapat melihat bagaimana perilaku reproduksi ini menjaga populasi agar tidak lepas kendali.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,420SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles