25.1 C
Jakarta
Wednesday, April 17, 2024

Fakta Menarik Mengenai Hewan Kecoa

Kecoak adalah salah satu kelompok hewan unik yang paling kuno dan paling sukses bertahan hidup di muka bumi hingga saat ini. Keberadaan kecoak telah teridentifikasi sejak Zaman Karbon, sekitar 350 juta tahun lalu. Saat itu bumi masih menjadi satu benua besar yang disebut dengan Pangaea dan kemudian terbagi menjadi Amerika utara dan selatan, Afrika, Eropa, dan Asia. Kecoa termasuk salah satu dari sedikit hewan purba yang mampu bertahan dengan berbagai seleksi alam yang membawa kepunahan, hewan ini telah berevolusi berkali-kali sehingga makin tangguh dan susah dibasmi. Berikut ini Fakta Menarik Hewan Kecoa :

Fakta Menarik Hewan Kecoa
Foto Istimewa

1. Tahan Radiasi Nuklir

Kecoa bisa dikatakan sebagai mahluk superhero yang paling hebat ini karena kecoa bisa bertahan hidup walaupun terkena radiasi nuklir. Sebuah penelitian dari Lowa Universitas AS mengatakan jika jika kecoa ini merupakan salah satu spesies yang mampu bertahan terhadap radiasi hingga 105.000 rems . Hal ini disebabkan jika kecoa akan mengalami siklus regenenerasi sel yang disebut sebagai siklus molting. Kecoa akan bisa bertahan radiasi sekitar 48/jam atau 1/4 minggu. Berbeda dengan manusia yang hanya tahan terhadap radiasi 1/4 dari kecoa.

2. Kecoa mampu hidup diluar Angkasa

Salah satu hal yang tidak kamu ketahui tentang kecoa yakni kecoa mampu hidup diluar angkasa selama 18 bulan. Pernyataan ini telah diungkapkan oleh seoarng wakil presiden akademi ilmu pengetahuan Rusia Anatoly Grigoryev mengatakan jika kecoa mampu bertahan hidup di ditempat ekstrim minus 150 derajat dan suhu panas 60 derajat celcius.

3. Tahan Banting

Kenapa kecoa ini menjadi salah satu binatang yang super hebat ? sebab kecoa ini salah satu spesies yang tahan banting karena memiliki lapisan pelindung di sekujur tubuhnya. Walaupun ketika si pemangsa kecoa ini melihat kecoa sudah mati, namun itu merupakan salah satu teknik kecoa untuk melarikan diri yang pada dasarnya kecoa tersebut masih hidup.

4. Kecoa Mampu hidup Tanpa Kepala

Salah satu keunikan dari kecoa ini adalah kecoa mampu bertahan hidup tanpa kepala. Ketika kecoa mengalami serangan yang menyebabkan kepalanya putus , kecoa masih bertahan hidup. Sebab , kecoa berbeda dengan manusia dimana jika manusia kepala menjadi salah satu bagian tubuh paling penting untuk pernapasan tetapi tidak untuk kecoa. Kecoa bernapas melalui ventilator diseluruh tubuh dan otak. Kecoa juga juga termasuk hewan yang memiliki tekanan darah dan berdarah dingin sehingga dengan memiliki kebutuhan makanan yang sedikit dirinya bisa bertahan hidup selama satu bulan lebih lama.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles