Manfaat Kayu Manis Tangkal Virus Hingga Turunkan Kolesterol

Manfaat Kayu Manis Tangkal Virus Hingga Turunkan Kolesterol
Foto Istimewa

Kayu manis bukan sekadar rempah, ia mampu tangkal virus dan tingkatkan imun. Simak daftar manfaat kayu manis untuk kesehatan! Menjaga sistem imun tubuh merupakan cara ampuh untuk menangkal berbagai virus seperti virus COVID-19. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menjaga imun tubuh seperti rajin mengasupi tubuh dengan vitamin sampai rutin berolahraga. Cara mudah lainnya adalah dengan rutin mengonsumsi rempah-rempah. Rempah-rempah terbukti dapat memperkuat daya tahan tubuh karena kaya akan antioksidan. Untungnya, Indonesia kaya akan rempah-rempah tradisional sehingga mudah sekali untuk didapatkan. Salah satu rempah yang terbukti memiliki banyak manfaat adalah kayu manis.  Kayu manis atau cinnamon adalah jenis rempah alami. Biasanya kayu manis sering ditemukan dalam bentuk batang atau bubuk.

Mungkin Toppers pernah mendengar manfaat kayu manis sebagai bumbu masakan karena citarasanya yang khas. Namun, kayu manis juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh yang masih jarang diketahui. Untuk kamu yang ingin menjaga daya tahan tubuh, berikut manfaat kayu manis untuk kesehatan yang jarang diketahui orang:

12. Kaya akan Antioksidan

Kita semua tahu pentingnya antioksidan untuk sistem kekebalan tubuh. Radikal bebas di lingkungan sehari-hari dapat merusak sel tubuh dan membuat kamu jatuh sakit. Manfaat kayu manis yang kaya akan antioksidan dapat melindungi dan memperbaiki sel tubuh dari kerusakkan ini. Bahkan saking tingginya akan antioksidan, kayu manis dapat digunakan sebagai pengawet makanan alami.

11. Memiliki Kandungan Anti-inflamasi

Sering merasa nyeri atau bengkak pada sendi? Rasa tidak nyaman dari inflamasi atau peradangan ini dapat mengganggu aktivitas keseharian kamu. Coba konsumsi teh kayu manis. Rasa hangat dari rebusan air kayu manis bermanfaat meredakan peradangan dan melepaskan tumpukan cairan yang berlebihan pada tubuh.

10. Memperbaiki Sirkulasi Darah

Penggumpalan darah pada pembuluh darah dapat menimbulkan efek samping seperti kram otot, gangguan pencernaan, dan rasa sakit di seluruh tubuh. Salah satu manfaat kayu manis adalah melancarkan sirkulasi pembuluh darah arteri dan meningkatkan kinerja otot jantung. Dengan konsumsi kayu manis, kamu akan merasakan lebih energetik dan aktivitas olahraga terasa lebih mudah.

9. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Toppers mungkin ketagihan mengonsumsi makanan cepat saji atau gorengan karena rasanya yang gurih dan enak. Namun, apakah kamu tahu jenis makanan ini tinggi akan lemak? Tidak heran mengapa semakin banyak orang mengalami penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.  Untuk membantu menanggulangi efek samping ini, kamu bisa rajin mengonsumsi kayu manis. Menurut American Heart Association, Kandungan antioksidan dan anti-inflamasi dari kayu manis mampu memperlambat proses penimbunan lemak, terutama di bagian perut, sehingga berpotensi mencegah penyakit kardiovaskular.

8. Menjaga Kadar Gula Darah

Rasa khas kayu manis yang ringan sering digunakan di manisan olahan sebagai pemanis alami dan pengganti gula. Di balik ini, sebuah studi membuktikan manfaat kayu manis dalam mengurangi gula darah. Karena hal ini, kayu manis cocok bagi penderita diabetes. Untuk merasakan khasiatnya, coba rutin mengonsumsi ½ sampai 2 sendok teh (1-6 gram) bubuk kayu manis setiap hari.

7. Meningkatkan Sensitivitas terhadap Insulin

Insulin memiliki peran utama dalam tubuh: mengatur metabolisme dan energi. Tahukah Toppers, sebagian orang mengalami resistensi insulin tanpa menyadarinya? Kondisi ini menyebabkan tubuh menghasilkan insulin berlebihan, sehingga orang cepat lapar dan naik berat badan. Jika tidak segera dirawat, situasi ini dapat menimbulkan komplikasi yang serius seperti diabetes tipe 2 dan sindrom metabolik.  Cara mudah mencegah resistensi insulin adalah dengan mengonsumsi rempah kayu manis. Kayu manis dipercaya dapat memperbaiki fungsi hormon insulin sehingga mencegah diabetes dan obesitas.

6. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol yang tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan karena berpotensi menyumbat pembuluh darah. Masalah ini bisa disebabkan oleh keturunan ataupun pola hidup yang tidak sehat.  Sebuah studi menyatakan khasiat kayu manis dalam menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Kamu bisa mencoba kombinasi minuman kayu manis dan madu yang enak. Caranya mudah! Campurkan 1 sdt madu dengan ½ sdt bubuk kayu manis dan didih dalam air atau teh.

5. Melawan Infeksi Bakteri dan Jamur

Manfaat kayu manis untuk kesehatan salah satunya mencegah pertumbuhan bakteri dan fungi dalam tubuh. Kayu manis memiliki komponen aktif, Cinnamaldehyde, yang dapat meningkatkan sistem imun dan melawan berbagai jenis infeksi seperti Listeria dan Salmonella. Minyak kayu manis juga sering digunakan untuk meredakan gejala penyakit saluran pernapasan yang disebabkan oleh fungi. Batang kayu manis mengandung essential oil yang ampuh menghilangkan bau mulut secara alami. Coba kunyah batang kayu manis, dijamin bakteri dalam mulut kamu hilang dalam sekejap.

4. Mencegah Kanker

Menurut penelitian, kayu manis bermanfaat mencegah pertumbuhan sel kanker dan juga mengobati penderita kanker. Properti antitumor dan antikanker dalam kayu manis berpotensi mengaktifkan respons antioksidan dan enzim yang berfungsi mendetoksifikasi usus. Untuk mendapati khasiat kayu manis ini, kamu bisa konsumsi mencampurkan bubuk kayu manis dengan minuman atau makanan sehari-hari.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson dapat dicegah sejak dini. Menurut para peneliti, kandungan ekstrak dalam kayu manis bisa mencegah penumpukkan protein berbahaya dalam otak yang sering ditemukan di pasien Alzheimer.  Manfaat kayu manis lainnya adalah berpotensi melindungi sel saraf otak (neuron) dan meningkatkan fungsi motorik, terutama bagi penderita Parkinson.

2. Memperbaiki Saluran Pencernaan

Perut sering kembung, kram, atau penuh gas, terutama setelah makan? Dalam tradisional Ayurvedic, minyak kayu manis digunakan untuk mengobati masalah pencernaan. Rasa hangat dan pedas dari kayu manis dipercaya berkhasiat menangkal berbagai virus dan kuman penyakit pada pencernaan. Untuk manfaat kayu manis tersebut, Toppers bisa minum teh atau rebusan air kayu manis setelah makan. Kamu akan segera merasakan perbedaan signifikan pada saluran pencernaan!

1. Menstabilkan Hormon

Dari pembahasan sebelumnya, kamu tahu akan manfaat kayu manis untuk menjaga kadar gula darah dan anti-inflamasi. Kondisi ini diperlukan untuk hormon yang stabil, terutama pada siklus wanita. Beberapa gejala seperti susah tidur, berat badan naik, letih lesu, dan masalah fertilitas bisa disebabkan oleh hormon yang tidak stabil. Kayu manis kerap digunakan sebagai obat herbal alami untuk meringankan gejala tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!