Manfaat Tanaman Patah Tulang Untuk kesehatan Bisa Cegah Kanker

Manfaat Tanaman Patah Tulang Untuk kesehatan Bisa Cegah Kanker
Foto Istimewa

Nama tanaman patah tulang tidak terlalu populer di kalangan masyarakat. Tanaman ini termasuk ke dalam jenis tumbuhan perdu yang bisa tumbuh setinggi 2-6 meter. Biasanya, tanaman ini ditanam dalam pot, tanaman pagar, atau dibiarkan tumbuh liar. Ternyata, tanaman patah tulang memiliki sejumlah kandungan yang berguna bagi kesehatan. Beberapa zat yang terdapat dalam tanaman patah tulang, di antaranya antioksidan, flavonoid, dan anti-inflamasi. Meskipun dinamakan tanaman patah tulang dan kerap digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi patah tulang, para ahli kurang menyarankan hal tersebut. Pasalnya, patah tulang merupakan cidera yang serius dan perlu penanganan medis lebih lanjut.

8. Mencegah kanker

Salah satu pemicu kanker adalah terjadinya kerusakan sel akibat radikal bebas yang biasanya berasal dari polusi, asap rokok, dan pola hidup yang kurang sehat. Mengutip Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine, tanaman patah tulang mengandung antioksidan yang berperan penting untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas yang dapat memicu terjadinya kanker.

7. Mencegah infeksi

Adanya bakteri pada luka kerap menjadi pemicu terjadi infeksi dan memperlambat proses penyembuhan luka. Dikutip dari Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine, tanaman patah tulang dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi karena memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang baik.

6. Memiliki sifat anti HIV

Meskipun masih memerlukan penelitian lebih lanjut, dalam Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine disebutkan bahwa bagian daun dan batang dari tanaman patah tulang memiliki sifat anti HIV yang cukup efektif untuk menangani penyakit HIV/AIDS.

4. Mengatasi radang sendi

Mengutip Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine, tanaman patah tulang memiliki sifat anti arthritis yang dapat mengurangi rasa sakit sendi yang dialami oleh pasien. Sebuah studi juga menunjukkan bahwa tanaman patah tulang juga dapat mengatasi rasa nyeri pada masalah persendian lain seperti osteoporosis dan osteoarthritis.

3. Mengatasi peradangan hati

Selain mengatasi peradangan pada sendi, tanaman patah tulang juga dapat mengatasi peradangan dalam hati. Kondisi tersebut seringkali terjadi akibat hepatitis, dikutip dari Paramanand Ayurveda, tanaman patah tulang juga bisa menyembuhkan hepatitis meskipun masih diperlukan studi lebih lanjut.

2. Mengobati tumor

Dikutip dari International Journal of Pharmaceutical & Biological Archives, tanaman patah tulang memiliki aktivitas antitumor. Dalam sebuah studi dijelaskan bahwa perkembangan tumor dapat dihambat oleh pengobatan dengan tanaman patah tulang.

1. Meningkatkan imun tubuh

Tanaman patah tulang mengandung antibakteri dan antivirus yang baik, sehingga mampu melindungi tubuh dari virus maupun bakteri berbahaya yang menurunkan imun dan menyebabkan sakit. Selain sifat antivirus dan antibakteri, tanaman patah tulang juga diketahui mengandung vitamin C yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

  • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Tanaman Patah Tulang Untuk kesehatan Bisa Cegah Kanker artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here