Channel E – Bagi hunian, tanaman hias menambah warna, semangat dan turut memproduksi udara segar ke ruangan kamu, tidak peduli ukurannya. Tidak hanya tanaman hijau, namun bunga juga memberikan kontribusi dalam mendetoksifikasi udara di sekitar ruangan kamu.

Kembali ke kelas sains: Selama proses fotosintesis (kamu ingat kata itu, bukan?), tumbuhan mengubah karbondioksida yang kita hembuskan menjadi oksigen segar dan membuang racun dari udara yang kita hirup. Lalu, tanaman apa saja yang bisa kita letakkan di rumah dan menjadi agen penyerap racun di udara? Yuk, simak 6 tanaman hias penyerap racun udara di bawah ini!

 

1. Hebras (Gerber Daisy – Gerbera Jamesonii)

TANAMAN
gambar istimewa

Kembang Gerber Daisy aslinya berasal dari kawasan Afrika Selatan dan jadi tanaman hias penyerap racun ruangan dengan warna-warna yang variatif. Ia memiliki kemampuan menyerap racun seperti trichloroethylene yang biasanya muncul dari produk sabun cuci.

2. Sirih Gading (Epipremnum aureum)

TANAMAN
gambar istimewa

Tanaman Sirih gading yang cantik ini juga disebut sebagai devil’s ivy, dengan nama Latinnya yaitu Epipremnum aureum. Selain harganya cukup murah, sirih gading juga mudah didapatkan di berbagai pusat penjualan tanaman hias. Sedangkan manfaat tanaman hias penyerap racun ini dapat menyerap formaldehida atau formalin dari udara di sekitar rumah. Murah meriah, ya!

3. Lidah Buaya (Aloe Vera)

TANAMAN
gambar istimewa

Tidak hanya untuk perawatan rambut maupun wajah, lidah buaya atau Aloe Vera ini sangat cocok dijadikan tanaman hias dalam atau pun luar ruangan karena kemampuannya dalam menyaring polutan di udara. Cara merawatnya pun mudah, karena tidak memerlukan banyak air dan cahaya matahari. Pas sekali dijadikan tanaman hias di ruang tamu, kamar maupun dapur.

5. Lidah Mertua (Sansevieria)

TANAMAN
gambar istimewa

Dikenal sebagai lidah mertua dan pedang-pedangan di Indonesia, sementara nama internasionalnya ada snake plant, snake tongue dan devil’s tongue.

Tanaman ini begitu umum berada di halaman rumah-rumah Indonesia, padahal, lidah mertua juga baik sebagai tanaman indoor. Manfaatnya sebagai penyerap racun lidah mertua ini antara lain penghasil oksigen, mengatasi polusi udara, menyerap karbon dioksida, hingga menimalkan radiasi.

6. Bunga Krisan (Chrysanthemum)

TANAMAN
gambar istimewa

Disebut juga sebagai bunga Seruni, bunga wangi dan cantik dengan beragam warna seperti merah, kuning, ungu, putih hingga oranye.

Akan tampak bagus di ruang makan atau ruang tamu kamu, bunga Krisan ini memiliki kemampuan menyerap berbagai zat berbahaya seperti benzena, formalin, amonia, hingga xylene.

 

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here