Demam naikturun tidak bisa dianggap sepele. Kondisi ini kemungkinan merupakan gejala dari penyakit infeksi, seperti tifus, malaria, atau demam berdarah. Jika terlambat ditangani, demam naik-turun akibat penyakit tersebut berisiko menimbulkan komplikasi serius.

Seseorang dikatakan mengalami demam jika suhu tubuhnya mencapat 38 derajat Celsius atau lebih. Demam naik-turun ditandai dengan kenaikan suhu tubuh yang terjadi secara fluktuatif. Demam bisa muncul hari ini, reda pada esok hari, kemudian muncul kembali sehari setelahnya. Demam juga bisa naik-turun sepanjang hari.

1Cara Mengatasi Demam Naik-Turun

Demam merupakan respons alami yang terjadi saat tubuh melawan bakteri atau virus penyebab penyakit. Hal ini juga menjadi pertanda bahwa tubuh sedang meningkatkan sistem imun.

Bila Anda mengalami demam, baik akibat kondisi tertentu atau setelah vaksin, ada beberapa penanganan awal yang dapat dilakukan untuk mengatasinya, yaitu:

  • Perbanyak istirahat
  • Gunakan pakaian dengan bahan yang tidak terlalu tebal dan nyaman
  • Mandi dengan air hangat atau gunakan kompres dingin
  • Konsumsi obat penurun demam, seperti paracetamol
  • Pastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi

Dalam upaya memenuhi cairan tubuh, memperbanyak konsumsi air putih penting Anda lakukan, sebab tubuh akan kehilangan cairan lebih banyak saat demam. Bahkan, setiap kenaikan suhu tubuh sebanyak 1° Celcius, tubuh akan kehilangan cairan sebanyak 10%.

Selain itu, tubuh juga akan kehilangan ion bersamaan dengan cairan yang hilang. Padahal, ion tubuh berperan penting dalam mendukung aktivitas sel dan jaringan tubuh, seperti saraf dan otot, agar dapat berfungsi dengan baik.

Oleh karena itu, penting untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan dan ion saat sedang demam. Selain air putih, Anda juga dapat mengonsumsi minuman yang mengandung ion atau minuman elektrolit untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mencegah terjadinya dehidrasi saat sedang demam.

Jika mengalami demam naik-turun, disertai gejala lain berupa batuk, sesak napas, dan lemas, segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan penyakit yang Anda derita. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan tes penunjang, seperti tes darah dan urine, untuk menentukan diagnosis.

Setelah penyebab demam naik-turun diketahui, dokter akan memberikan penanganan yang sesuai untuk mengobati penyakit dan mencegah komplikasi yang berbahaya.

Lihat kesehatan lainnya disini.

Tonton video menarik dari Channel E Indonesia disini.

Next

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!