29.3 C
Jakarta
Saturday, August 13, 2022

Jenis Anggrek di Indonesia

Bunga anggrek memang cantik dan termasuk bunga favorit untuk menghias interior rumah. Sayangnya, seringkali tanaman anggrek yang kita beli tak kunjung berbunga walau sudah dirawat lama. Di dunia terdapat lebih dari 25.000 jenis tanaman anggrek, dan 4.000 jenis di antaranya tersebar di berbagai pulau di Indonesia, seperti Kalimantan, Jawa, Sulawesi, Papua, dan pulau-pulau lain. Berikut ini merupakan jenis anggrek di Indonesia

1. Anggrek Bulan

Jenis anggrek di Indonesia
                                      Foto Istimewa

Inilah bunga anggrek yang sering digaungkan dalam sebuah lirik lagu. Nama ilmiahnya Paraphalaenopsis serpentilingua. Panjang juga, ya. Kalimantan Barat merupakan daerah yang menguasai kecantikan anggrek ini.

Ciri khas anggrek bulan yakni, berwarna putih dengan corak kuning dan merah. Kenapa dinamakan anggrek bulan? Tentu saja karena bentuk dan warnanya hampir mirip rembulan di malam hari.

Bunganya putih dan daunnya hijau memanjang. Akarnya sedikit terasa berdaging. Anggrek ini membutuhkan sedikit cahya matahari untuk penunjang hidupnya.

2. Anggrek Kasut Kumis

Jenis Anggrek di Indonesia
                                        Foto Istimewa

Anggrek kasut kumis bisa dikatakan kembaran dari kantung semar. Pasalnya, bentuknya berkantung dan berbulu. Itulah sebabnya dinamakan kasut kumis karena bulunya yang begitu terlihat.

Bunga anggrek kasut kumis memiliki perpaduan warna ungu dan hijau. Kedua warna ini membuat anggrek kasut kumis semakin indah dan serasi. Nama ilmiahnya yakni Paraphalaenopsis chamberlainianum.

3. Anggrek Kebutan

Foto Istimewa

Namanya mengingatkan pada istilah yang menggambarkan kebiasaan gemar naik kendaraan dengan kecepatan di atas normal alias kebut-kebutan. Tapi, bukan berarti anggrek ini bisa melaju selayaknya motor ya. Nama kebutan disandang karena warna oranye yang memoles bunga anggrek terlihat sangat indah. Warna-warna tersebut berkerumun dalam satu tangkai.

Anggrek kebutan ini termasuk anggrek langka yang dilindungi negara. Jadi, kamu pun harus menjaga kelestariannya.

Baca Juga :  5 Rekomendasi Pantai di Indonesia

4. Anggrek Bulan Bintang

                                  Foto Istimewa

Nah lho, tadi ada anggrek bulan. Sekarang muncul anggrek bulan bintang. Tentu saja ada alasannya, mengapa nama anggrek bulan bintang melekat padanya.

Anggrek ini punya lima buah kelopak yang berbentuk mirip bintang. Lalu di tengahnya persis seperti bulan. Warnanya sangat indah dan menawan sehingga banyak yang menyukai jenis anggrek bulan bintang.

5. Anggrek Kerlip

                              Foto Istimewa

Anggrek ini masih satu spesies dengan anggrek bulan. Aromanya sangat wangi dan bentuknya memikat hati. Pemilik naman latin Phalaenopsis violacea ini merupakan anggrek yang banyak dibudidayakan karena keindahan tampilannya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,430SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles