Manfaat Buah Durian Bisa Mencegah Penuaan dan Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat Buah Durian Bisa Mencegah Penuaan dan Menjaga Kesehatan Tulang
Foto Istimewa

Durian dikenal sebagai buah yang memiliki aroma cukup menyengat. Meski tidak semua orang suka buah satu ini, cukup banyak manfaat buah durian untuk kesehatan yang bisa diambil oleh tubuh. Durian adalah buah yang kaya akan nutrisi, vitamin, dan mineral. Untuk itulah, durian dikenal menjadi salah satu buah yang digunakan dalam pengobatan tradisional. Buah ini dipercaya memiliki banyak nutrisi yang baik yang dapat membantu mengobati penyakit pencernaan, penyakit jantung dan lain-lain. Dalam satu buah durian memiliki berat hampir 602 gram dan merupakan sumber energi yang baik. Buah durian sebanyak 100 gram menghasilkan sekitar 147 Kkal energi, yang merupakan sekitar 7% dari anjuran asupan harian. Dalam durian juga ditemukan sekitar 44 senyawa aktif yang memicu bau durian yang menyengat. Namun, senyawa ini juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Lalu, apa saja manfaat buah durian untuk kesehatan? Berikut penjelasannya.

10. Baik untuk Pencernaan

Manfaat buah durian untuk kesehatan yang pertama adalah buah yang baik untuk kesehatan pencernaan. Karena kandungan serat pada buah aromatik satu ini, dapat membantu melancarkan buang air besar, mencegah sembelit dan membantu menyehatkan pencernaan pada tubuh manusia. Dalam jurnal ilmiah bertajuk Whole Fruits and Fruit Fiber Emerging Health Effects menyatakan bahwa serat dalam durian juga merangsang gerak peristaltik. Hal ini dapat meringankan proses pencernaan di usus dan juga membantu mengobati masalah seperti kembung, perut kembung berlebih, mulas, dan kram. Gerak peristaltik merupakan gerakan otot-otot yang berkontraksi untuk mendorong makanan sepanjang saluran pencernaan.

9. Mencegah Penyakit Jantung

Dalam durian terdapat senyawa organosulfur yang dapat mengatur enzim inflamasi, sehingga manfaat buah durian untuk kesehatan jantung juga dapat diperhitungkan. Senyawa organosulfur sendiri merupakan senyawa organik yang mengandung sulfur atau belerang, senyawa ini juga sering dikaitkan dengan bau-bauan terutama bau busuk. Serat dalam durian juga dipercaya mampu mengurangi jumlah kolesterol dalam darah dan membuang kolesterol jahat di dalam tubuh, sehingga dapat mencegah penyakit jantung.

8. Cegah Diabetes

Buah durian dipercaya mampu menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Manfaat buah durian untuk kesehatan ini karena senyawa bioaktif di dalam buahnya yang dapat membantu menstabilkan gula darah. Dalam sebuah penelitian dijelaskan bahwa antioksidan dalam durian mampu membantu mengurangi stres oksidatif akibat radikal bebas yang merupakan salah satu pemicu dari diabetes. Dalam penelitian lainnya dikatakan bahwa durian juga memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes karena tidak menyebabkan lonjakan pada gula darah.

7. Mengatur Tekanan Darah

Manfaat buah durian untuk kesehatan lainnya yaitu dipercaya mampu mengatur tekanan darah. Dalam sebuah studi, ditemukan bahwa durian merupakan sumber potasium (kalium) yang baik bagi tubuh. Menurut jurnal yang diterbitkan oleh Harvard Medical School, kadar kalium normal dalam tubuh penting untuk fungsi otot. Kalium berperan untuk melemaskan dinding pembuluh darah, menurunkan tekanan darah dan melindungi dari kram otot. Dengan kata lain, meningkatkan asupan kalium pada tubuh dapat menurunkan tekanan darah sehingga mencegah penyakit-penyakit berbahaya seperti stroke.

6. Mencegah Penuaan

Selain rasanya yang lezat dan bermanfaat bagi kesehatan, durian juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Penelitian membuktikan buah durian kaya akan vitamin C. Seperti yang diketahui, vitamin C merupakan salah satu sumber antioksidan yang baik untuk tubuh dan berperan melawan radikal bebas di dalam tubuh. Maka jangan heran ketika banyak produk kecantikan menjadikan vitamin C sebagai keunggulan kandungan utamanya. Selain dari vitamin C, durian juga memiliki berbagai sumber antioksidan lain. Pada sebuah studi dikatakan bahwa antioksidan dipercaya mampu melawan, mencegah dan mengurangi beberapa tanda penuaan pada kulit seperti garis halus, kerutan dan bercak penuaan.

5. Mencegah Kanker

Manfaat buah durian untuk kesehatan tubuh satu ini juga cukup penting dan sayang dilewatkan. Kandungan nutrisi dan vitamin dalam durian dipercaya mampu mencegah penyakit kanker. Dalam buah durian ditemukan zat polifenol yang dapat menghambat pertumbuhan kanker bahkan membunuh sel-sel kanker dalam tubuh.

4. Mengobati Penyakit Disfungsi Seksual

Dikutip dari Cleveland Clinic disfungsi seksual merupakan masalah yang terjadi selama fase respon seksual yang membuat sulitnya individu atau pasangan mendapatkan kepuasan seksual. Meskipun menurut penelitian masalah ini merupakan masalah yang biasa, namun 43 persen wanita dan 31 persen pria mengatakan bahwa masalah ini merupakan masalah serius yang sulit untuk dibicarakan, sehingga dapat berkembang menjadi masalah yang lebih serius. Dalam durian terkandung zat afrodisiak, yaitu zat yang mampu meningkatkan gairah seksual. Namun sampai saat ini belum ada studi yang memvalidasi fakta tersebut meskipun durian sejak dahulu sudah dijadikan sebagai obat tradisional untuk meningkatkan kesuburan.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat buah durian untuk kesehatan tulang juga diperoleh dari kandungan nutrisinya. Durian merupakan salah satu buah yang kaya akan potasium (kalium) dan magnesium yang dikenal dapat berkontribusi dalam menjaga kesehatan tulang. Dalam sebuah studi, asupan kalium pada tubuh yang tinggi dipercaya dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang pada wanita dan pria berusia diatas 50 tahun. Penelitian lainnya juga mengatakan bahwa kekurangan magnesium di dalam tubuh dapat meningkatkan risiko penyakit osteoporosis.

2. Mencegah Anemia

Anemia adalah salah satu kondisi medis dimana seseorang kekurangan sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen yang cukup ke jaringan tubuh sehingga menyebabkan tubuh merasa lelah dan lemas. Sebuah studi mengungkapkan kurangnya asupan zat asam folat dalam tubuh manusia menyebabkan turunnya jumlah sel darah merah pada tubuh. Hal ini dibuktikan dari beberapa penelitian yang menunjukkan penderita anemia juga tidak memiliki jumlah zat asam folat yang cukup di dalam tubuh mereka. Kandungan asam folat di dalam durian menjadikan manfaat buah durian untuk kesehatan sel darah yang tidak boleh dilewatkan.

1. Mengatasi Insomnia

Bagi sebagian orang, gangguan insomnia adalah hal yang mengganggu kinerja dan kesehatan tubuh secara keseluruhan, apalagi jika harus berhadapan dengan aktivitas yang padat keesokan harinya. Gangguan tidur atau insomnia biasanya disebabkan oleh berbagai hal, misalnya depresi, stres, gaya hidup tidak sehat dan pengaruh obat-obatan tertentu. Buah durian mengandung zat yang mampu mengatasi insomnia yaitu asam amino triptofan. Kandungan triptofan yang tinggi pada durian menimbulkan perasaan euforia atau bahagia dengan meningkatkan kadar serotonin di dalam otak. Hal ini lah yang membuat seseorang akan merasa tenang dan lebih mudah untuk tidur.

  • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Buah Durian Bisa Mencegah Penuaan dan Menjaga Kesehatan Tulang artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!