28 C
Jakarta
Thursday, March 28, 2024

Fakta Menarik Ikan Mas Koki

Ikan mas koki merupakan jenis ikan hias yang cukup populer di kalangan kolektor. Kehadiran spesies ini mampu menambah warna serta mempercantik tampilan akuarium. Ikan dengan nama ilmiah Carassius auratus ini termasuk jenis ikan yang pertama kali berhasil dipelihara dan dibudidaya oleh manusia. Berikut ini adalah Fakta menarik ikan mas koki :

Fakta Menarik Hewan Ikan Mas Koki
Foto Istimewa

1. Hidup berkelompok

Ikan mas koki umumnya cenderung hidup dalam kelompok. Jika mereka kita lepaskan ke dalam air di alam bebas, mereka berkembang biak dengan sangat cepat. Mereka dianggap sebagai hama bagi populasi ikan lainnya. Namun, mereka sangat ideal sebagai ikan akuarium.

2. Ikan yang memiliki umur panjang

Ikan mas adalah salah satu ikan yang memiliki umur yang paling lama, dengan ikan mas tertua yang tercatat dalam sejarah yaitu mampu mencapa umur 49 tahun. Akan tetapi masih banyak ikan mas yang mudah mati, hal tersebut dapat terjdai karena tidak di plihara dengan kondisi yang tepat.

3. Termasuk ikan yang rakus

Ikan ini menunjukkan nafsu makan yang luar biasa dan dengan demikian dapat melahap berapapun makanan yang anda berikan. Hindari memberi makan ikan terlalu banyak dan hanya tambahkan jumlah makanan yang cukup untuk dimakan dalam tenggang waktu 2-5 menit.

4. Ribuan Telur

Ikan mas koki berkembang biak dengan cara bertelur. Ikan mas koki betina bisa mengeluarkan ribuan telur. Sayangnya, ikan mas koki sering memakan telur mereka sendiri. Padahal, telur-telur itu akan menetas dalam waktu dua hari.

5. Berumur Panjang

Ikan mas koki punya umur yang cukup panjang, yakni 7 – 10 tahun. Supaya bisa berumur panjang, kita harus memeliharanya dengan teliti dan benar. Jika tidak, ikan mas kokinya hanya akan hidup selama 6 bulan, bahkan kurang. Kasihan, ya!

Previous article
Next article

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles