Manfaat Duku Obati Cacingan Hingga Antimalaria

Manfaat Duku Obati Cacingan Hingga Antimalaria
Foto Istimewa

Buah duku berukuran seperti bola bekel dengan kulit halus berwarna kuning muda. Apabila sudah matang, akan muncul bintik kecokelatan pada kulitnya. Selain rasanya yang manis, ternyata buah duku juga kaya akan nutrisi yang bagi kesehatan tubuh. Tak heran apabila buah ini sering kali dijadikan sebagai obat tradisional. Berikut fakta menarik buah bulat yang penting diketahui:

  • Nama latin untuk duku adalah Lansium parasiticum.
  • Duku berasal dari Asia Tenggara, sehingga cukup populer di Indonesia, Malaysia, hingga Thailand.
  • Buah duku akan mudah untuk kamu temui di bulan Februari hingga April.Menurut data Komposisi Pangan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia, buah duku mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh. Di dalam 100 gram (g) buah duku segar terdapat kandungan gizi berikut.
    • Energi: 63 kalori
    • Protein: 1,0 g
    • Lemak: 0,2 g
    • Karbohidrat: 16,1 g
    • Serat: 4,3 g
    • Kalsium: 18 miligram (mg)
    • Fosfor: 9,0 mg
    • Zat besi: 0,9 mg
    • Natrium: 2 mg
    • Kalium: 149,0 mg
    • Tembaga: 0,09 mg
    • Thiamin (vitamin B1): 0,05 mg
    • Riboflavin (vitamin B2): 0,15 mg
    • Niasin: 1,5 mg
    • Vitamin C: 9 mg

    10. 1. Sebagai Antioksidan

    Buah duku memiliki beberapa kandungan vitamin yang baik bagi tubuh, salah satunya adalah vitamin C. Kandungan vitamin C dalam buah duku dapat berperan sebagai sumber antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas. Selain itu, antioksidan dalam buah duku ternyata juga berperan untuk mencegah kerusakan akibat polusi dan zat beracun.

    9. 2. Menjaga Kesehatan Gusi

    Selain sebagai antioksidan, vitamin C di dalam buah duku juga dapat membantu kamu menjaga kesehatan bagian dalam mulut. Ini karena kandungan vitamin C dalam buah duku dapat membantu produksi kolagen, yaitu protein khusus yang ikut membentuk jaringan gusi.

    8. 3. Memperkuat Gigi dan Tulang

    Buah duku ternyata juga memiliki kandungan vitamin A dan fosfor yang berperan penting dalam menjaga kesehatan gigi dan tulang. Fosfor dalam buah duku juga berguna sebagai agen pembentukan tulang dan gigi. Untuk itu, konsumsi buah duku akan memungkinkan kamu untuk memiliki gigi dan tulang yang lebih kuat.

    7. 4. Baik untuk Sistem Pencernaan

    Kandungan serat yang tinggi dalam buah duku dianggap bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan. Dengan asupan harian serat yang tercukupi, kamu akan terhindar dari sembelit dan masalah pencernaan lainnya. Selain kaya akan serat, buah duku juga akan kaya kalori, mineral, dan zat besi yang ternyata lebih banyak jika dibandingkan dengan buah apel dan jeruk manis, lho.

    6. 5. Meredakan Migrain

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan riboflavin (vitamin B2) yang ada dalam buah duku dapat membantu meredakan migrain. Untuk itu, buah duku sering kali dimasukkan ke dalam daftar makanan oleh penderita migrain untuk membantu mengurangi serangan migrain.

    5. 6. Mengatasi Diare

    Selain membantu menjaga sistem pencernaan. Buah duku ternyata juga dapat kamu gunakan untuk mengobati diare. Diare biasanya disebabkan karena mengonsumsi makanan pedas atau makanan yang kurang bersih. Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi. Kini kamu bisa mengobati diare dengan ekstrak biji duku. Kamu cukup mencampurkan ekstrak biji duku dengan ¼ gelas air dan meminumnya.

    4. 7. Mencegah Penuaan Dini

    Salah satu penyebab penuaan dini adalah akibat dari radikal bebas. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, buah duku kaya akan vitamin C yang efektif menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Untuk itu, konsumsi buah duku akan membantu mendapatkan asupan vitamin C yang cukup sehingga dapat mencegah penuaan dini.

    3. 8. Menurunkan Demam

    Selain buahnya yang kaya nutrisi, biji buah duku ternyata juga dikenal mampu untuk membantu menurunkan demam. Kamu bisa mencobanya dengan cara menyeduh ekstrak biji duku. Namun sebelum itu, kamu harus mengeringkan biji duku terlebih dahulu. Setelah biji duku kering, panggang dan hancurkan bijinya sampai halus. Kemudian kamu bisa menyeduh biji duku yang sudah dihaluskan dengan air hangat.

    2. 9. Mencegah Malaria

    Menurut penelitian, ekstrak biji buah duku ternyata dapat membantu mencegah penyakit malaria. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa ekstrak biji buah duku merupakan sumber senyawa yang bekerja melawan Plasmodium falciparum, yaitu parasit penyebab malaria. Selain itu, kulit dan daun buah duku ternyata juga dapat mencegah pertumbuhan Plasmodium falciparum lho, Toppers.

    1. 10. Mengobati Cacingan

    Anak-anak yang sering bermain diluar, khususnya bermain di tanah, akan sangat rentan terkena cacingan. Akibatnya, anak akan mengalami gejala lesu, pucat, hingga penurunan berat badan. Kalau sudah begini, kamu bisa mengobati cacingan pada anak dengan buah duku. Giling biji buah duku sampai halus, lalu campurkan dengan ¼ gelas air dan minum 2 kali sehari.

    • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Duku Obati Cacingan Hingga Antimalaria artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia
Baca Juga :  MANFAAT KUNYIT UNTUK KECANTIKAN KULIT