Channel E – Salah satu cara kita menjaga kesehatan adalah dengan memperhatikan asupan makanan yang kita konsumsi. Sebab, makanan yang kita makan bukan hanya memberikan pengalaman berbeda, tapi juga harus memiliki kandungan gizi seimbang untuk memenuhi nutrisi dalam tubuh.

Jika saat ini kamu sedang tidak bisa mengonsumsi daging, kamu bisa menggantinya dengan jenis makanan lain yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi pengganti daging atau yang disebut pula dengan substitusi daging. Yuk Simak penjelasannya berikut ini.

1. Tempe

gambar istimewa

Jika kamu berpikir makanan yang ramah vegetarian memiliki harga yang mahal, kamu salah. Menurut Risma, tempe bisa menjadi pilihan tepat sebagai bahan substitusi daging karena memiliki kandungan protein yang hampir sama. Rasanya yang enak, serta harganya yang terjangkau, membuat tempe menjadi makanan sehat yang mudah didapat.

Selain itu, tempe memiliki kandungan yang mampu melawan radikal bebas, sehingga dapat membantumu menghambat proses penuaan dini, serta mencegah terjadinya penyakit degeneratif, seperti jantung dan kanker.

2. Tahu

gambar istimewa

Masih terbuat dari kacang kedelai, tahu juga bisa kamu gunakan sebagai pengganti daging. Berbeda dengan tempe yang masih memiliki tekstur kacang, tekstur tahu lebih lembut dan mudah hancur saat dicerna di mulut.

Tahu memiliki banyak manfaat. Selain mengandung protein tinggi, tahu bermanfaat untuk mengontrol gula darah, meningkatkan kekuatan tulang, menghambat pertumbuhan sel kanker, dan menurunkan kadar kolestrol pada tubuh.

4. Kacang-kacangan

gambar istimewa

Protein daging bisa kamu gantikan pula dengan kacang-kacangan. Memang, secara tekstur dan rasa, kacang-kacangan tidak bisa menggantikan daging. Namun, kacang-kacangan memiliki manfaat dan nutrisi yang hampir sama dengan daging.

Manfaat kacang-kacangan adalah memiliki kandungan protein yang tinggi, asam folat yang mampu memperbaiki dan memperkuat sel-sel otak, menyeimbangkan gula darah, serta mencegah obesitas.

 

Jangan lupa kunjungi youtube kami diĀ Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here