25.8 C
Jakarta
Thursday, March 28, 2024

Fakta Menarik Bunga Tulip

Fakta Menarik Bunga Tulip
                                     Foto Istimewa

Tulip merupakan nama genus untuk 100 spesies tumbuhan berbunga yang termasuk ke dalam keluarga Liliaceae. Tulip berasal dari Asia Tengah, tumbuh liar di kawasan pegunungan Pamir dan pegunungan Hindu Kush dan stepa di Kazakhstan. Negeri Belanda terkenal sebagai negeri bunga tulip. berikut ini fakta menarik bunga tulip :

1. Tulip bukan berasal dari Belanda

Selama ini, banyak orang yang mengira bahwa tulip berasal dari Belanda. Hal itu karena banyaknya bunga tulip yang tumbuh di negara tersebut. Namun, ternyata tulip justru berasal dari daratan di wilayah Asia Tengah, barulah kemudian dibawa ke Turki, lalu ke Belanda pada sekitar tahun 1560.

2. Memiliki arti tersendiri pada setiap warna

Fakta menarik selanjutnya adalah makna warna bunga tulip. Beberapa warna tulip seperti merah, putih dan ungu memiliki maknanya sendiri. Kamu tentu bisa menjadikannya pertimbangan jika ingin memberikan bunga tulip kepada seseorang.

Bunga tulip dengan kelopak merah menandakan cinta sejati. Tak heran jika jenis ini laku keras saat peringatan Valentine. Tulip kelopak putih berarti permintaan maaf atau pengampunan, sedang tulip ungu merupakan simbol kerajaan

3. Bunga tulip bisa dimakan

Tulip sebenarnya bagian dari keluarga lily yang juga termasuk bawang putih, bawang merah, dan asparagus. Oleh karena itu, bagian kelopak bunga tulip pun dapat diolah sebagai pengganti bawang dan membuat anggur. Saat Perang Dunia II, tulip sering dijadikan santapan untuk menahan rasa lapar.

4. Hanya mekar selama 7-10 hari

Di beberapa negara seperti Amerika Serikat, ada perayaan festival tulip tahunan yang digelar setiap bulan Mei. Sayangnya, perayaan yang diadakan untuk melihat keindahan tulip ini hanya berlangsung singkat sekitar 7-10 hari karena memang cuma selama itulah tulip mekar.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles