30.5 C
Jakarta
Sunday, August 14, 2022

Fakta Tentang Bunga Kamboja

Fakta Tentang Bunga Kamboja
Foto Istimewa

Pohon kamboja atau Plumeria alba merupakan pohon yang berasal dari Amerika Tengah tepatnya dari Meksiko dan Karibia yang dibawa melalui Afrika sampai ke Asia. Di Indonesia sendiri, bunga kamboja identik dengan hal-hal yang berbau mistis dan banyak ditemukan di area pemakaman. Namun meskipun demikian tidak banyak yang mengetahui fakta-fakta unik dari bunga yang satu ini. Berikut ini fakta tentang Bunga Kamboja :

1. Tanaman yang Membutuhkan Asupan Cahaya Matahari Langsung

Jika pada umumnya tanaman tidak bagus terkena matahari secara langsung, lain halnya dengan bunga kemboja. Bunga yang satu ini ternyata membutuhkan asupan cahaya matahari secara langsung, bahkan minimal 6 jam setiap harinya harus terkena sinar matahari.

Maka tidak heran jika kamboja sangat cocok ditanam di daerah panas atau tropis. Sedangkan bagi yang ingin menanamnya di daerah dingin, perlu melakukan perawatan khusus agar kamboja bisa bertahan hidup.

2. Bunga Berguguran Sebelum Layu

Fakta unik dari bunga kamboja selanjutnya adalah bunganya yang berguguran sebelum layu. Hal tersebut mengakibatkan harummnya akan bertahan meskipun sudah terlepas dari pohonnya.

Maka tidak heran jika area pemakanan senantiasa tercium aroma bunga kamboja. Siklus bunga yang hancur juga ikut mendukung proses organik pada tanah, sehingga membuat pohon kamboja akan subur sepanjang masa.

3. Di Pulau Bali Banyak Ditanam di Area Pura

Bukan rahasia umum lagi jika bunga kamboja identik dengan Pulau Bali. Hal tersebut karena kamboja digunakan sebagai ritual. Maka tidak heran jika di Bali, pohon kamboja banyak ditemukan di dekat halaman bangunan suci atau di Pura. Selain itu, bunga kamboja sendiri sangat erat dengan kebudayaan setempat.

4. Kelompak Bunga Bisa Berhelai Genap

Baca Juga :  Kreasi Resep Puding Buah yang Sederhana dan Menyegarkan

Bentuk dari buah kamboja sendiri terlihat seperti tabung dengan kedua ujungnya yang terlihat lancip. Dengan jumlah satu atau dua yang saling terpisah satu sama lain.
Panjangnya sendiri antara 15 sampai 20 cm dengan besar diameternya 2 cm. Biji-biji kamboja akan terbawa angin apabila buah kamboja sendiri sudah matang dan pecah.

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,450SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles