Manfaat Buah Leci bagi Kesehatan Tingkatkan Kekebalan dan Bantu Pencernaan

Manfaat Buah Leci bagi Kesehatan Tingkatkan Kekebalan dan Bantu Pencernaan
Foto Istimewa

Leci merupakan buah tropis kecil dari keluarga soapberry yang dikenal dengan rasa manisnya. Isi dari buah ini mirip dengan lengkeng atau rambutan, yang berwarna putih dan biji di tengah-tengahnya. Kulitnya berwarna merah dengan tekstur yang kasar, sehingga tidak bisa dikonsumsi. Selain bisa dikonsumsi dalam bentuk buah, leci juga bisa diolah menjadi beberapa bentuk makanan seperti jus atau sebagai tambahan pada es krim dan agar-agar. Rasa leci yang manis juga banyak kita temukan pada produk minuman seperti sirup atau minuman kemasan lainnya. Sama seperti buah lainnya, leci memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Serat, vitamin C, polifenol, flavonoid, tembaga, dan kalium adalah beberapa nutrisi dalam buah leci yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

3. Meningkatkan Kekebalan

Manfaat buah leci yang pertama dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selain kaya akan vitamin C, leci juga memiliki lebih dari 100% kebutuhan harian asam askorbat (ABA) dalam satu porsi yang bekerja sangat baik untuk meningkatkan kekebalan Anda. Vitamin C merangsang aktivitas sel darah putih yang melindungi tubuh dari benda asing.

Potensi sebagai Antiviral

Manfaat buah leci yang kedua bisa bermanfaat sebagai antivirus. Proanthocyanidins yang terkandung dalam leci diketahui memberikan kemampuan antivirus yang kuat. Lycheetannin A2, salah satu komponen leci, dapat membantu mencegah penyebaran virus.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Manfaat buah leci yang ketiga dapat meningkatkan sirkulasi darah. Kandungan tembaga yang tinggi pada leci membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh kita. Seperti Besi, tembaga juga bertanggung jawab untuk pembentukan Sel Darah Merah (RBC). Lebih banyak sel darah merah berarti sirkulasi darah menjadi lebih baik sehingga dapat meningkatkan oksigenasi organ dan sel.

Baca Juga :  Manfaat Bunga Rosella Untuk kesehatan

2. Mengatur Tekanan Darah

Manfaat buah leci yang keempat untuk mengatur tekanan darah. Leci membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan menjaga keseimbangan cairan. Buah ini kaya akan kalium dan rendah natrium sehingga mampu membantu mengatur tekanan darah. Kalium akan mengurangi penyempitan arteri dan pembuluh darah, sehingga menurunkan tekanan pada sistem kardiovaskular.

Baik untuk Kulit

Manfaat buah leci yang kelima bermanfaat bagi kulit. Leci dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan. Penyebab utama penuaan adalah produksi radikal bebas yang disebabkan oleh stres oksidatif yang tinggi. Vitamin C dalam leci bertindak sebagai antioksidan yang akan melawan radikal bebas ini.

1. Membantu Penurunan Berat Badan

Leci adalah sumber serat makanan yang berperan penting dalam penurunan berat badan. Leci terdiri dari kandungan air yang tinggi dan memiliki kandungan lemak yang hampir dapat diabaikan sehingga menjadikannya buah yang ideal untuk menurunkan berat badan. Sebagai tambahan, buah manis ini juga rendah kalori.

Membantu Pencernaan

Leci sarat dengan serat makanan. Serat ini mengatur pergerakan usus dengan memastikan kelancaran pada saluran pencernaan. Ini juga menambah massa pada tinja dan dapat bekerja sangat baik untuk mengatasi sembelit dan masalah perut lainnya. Buah leci akan merangsang cairan lambung dan pencernaan akan meningkatkan penyerapan nutrisi yang efisien.

Tulang yang Lebih Kuat

Manfaat buah leci yang terakhir untuk membantu tulang yang lebih kuat. Leci penuh dengan nutrisi penting seperti magnesium, fosfor, besi, mangan, dan tembaga. Mineral ini diketahui dapat meningkatkan penyerapan kalsium pada tulang, sehingga membuatnya kuat dan sehat.

  • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Buah Leci bagi Kesehatan Tingkatkan Kekebalan dan Bantu Pencernaan artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia
Baca Juga :  Manfaat Pasak Bumi Untuk Laki-laki dan kesehatan tubuh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here