Manfaat Jengkol untuk Kesehatan Tubuh Cegah Radikal Bebas

Manfaat Jengkol untuk Kesehatan Tubuh Cegah Radikal Bebas
Foto Istimewa

Jengkol merupakan salah satu bahan makanan dengan bau yang khas dan menyengat, terutama ketika anda sedang buang air kecil. Hal tersebut membuat sebagian orang tidak terlalu jenis makanan ini. Namun, tidak sedikit juga ada beberapa orang yang gemar menyantap makanan ini karena dapat diolah menjadi berbagai macam masakan yang memiliki cita rasa lezat dan tentu saja mampu menggugah selera makan Anda. Di balik baunya yang menyengat, ternyata jengkol menyimpan berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan. Bagi anda yang tidak menyukai jengkol, mungkin anda harus mengetahui beberapa manfaat baik untuk kesehatan tubuh dengan cara mengonsumsi jengkol.

9. Sebagai Sumber Protein

Manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah sebagai sumber protein. Setiap hari, tubuh membutuhkan asupan protein yang cukup. Pada umumnya, Anda dapat memperoleh asupan protein yang bersumber dari daging, tahu, tempe, susu , dan makanan yang lainnya. Namun ternyata jengkol juga dapat menjadi sumber protein yang baik bagi tubuh. Bahkan, kandungan protein pada jengkol melebihi kandungan protein yang ada di dalam kacang hijau. Namun perlu diingat agar mengonsumsi jengkol tidak terlalu berlebihan.

8. Mencegah Penyakit Maag

Memiliki kebiasaan menunda makan atau telat makan biasanya akan menyebabkan penyakit maag. Jika Anda memiliki riwayat penyakit maag, maka hal tersebut akan berdampak pada lambung dan tentu saja akan sangat berbahaya. Manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh ternyata dapat mencegah penyakit maag. Untuk itu, konsumsi jengkol dengan takaran secukupnya akan dapat membantu anda untuk meredakan maag.

7. Dapat Menangkal Radikal Bebas

Jika tubuh Anda mengalami kekurangan antioksidan, maka racun atau radikal bebas akan mudah masuk ke dalam tubuh anda dan menyebabkan berbagai macam penyakit. Sebaiknya mulai dari sekarang anda rutin mengonsumsi jengkol. Manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh adalah dapat menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Kandungan antioksidan yakni polifenol, terpenoid, dan alkaloid dapat mampu melawan radikal bebas di dalam tubuh yang bisa menyebabkan penyakit jantung, diabetes, dan gangguan metabolik yang lainnya.

Baca Juga :  Makanan Khas India yang Terkenal di Dunia

6. Mencegah Anemia

Manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah dapat mencegah anemia. Jengkol merupakan bahan makanan yang kaya akan zat besi dimana zat besi dapat berperan penting untuk mencegah dan mengatasi kekurangan produksi sel darah merah di dalam tubuh. Ketika tubuh kekurangan zat besi, produksi sel darah merah otomatis akan berkurang. Akibatnya adalah suplai oksigen dan nutrisi akan yang dibutuhkan akan berkurang dan dapat menyebabkan anemia. Mengonsumsi jengkol bagi para wanita yang sedang menstruasi sangat disarankan agar tubuh anda tidak kekurangan zat besi karena jumlah darah menstruasi yang keluar dari tubuh.

5. Pembentukan Jaringan Tubuh

Manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh yang lainnya adalah dapat membantu pembentukan jaringan tubuh. Kandungan protein tinggi yang ada pada jengkol dapat membantu pembentukan jaringan di dalam tubuh. Kandungan tersebut dipercaya jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan kandungan protein pada kacang hijau dan kedelai.

4. Mencegah Tulang Rapuh dan Memperkuat Tulang dan Gigi

Selain zat besi dan protein, kandungan zat lain yang terdapat di dalam jengkol adalah kalsium dan fosfor. Dua zat ini merupakan manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh khususnya untuk mencegah tulang rapuh. Jadi, mengonsumsi jengkol secara rutin dengan porsi yang cukup akan membuat tulang di tubuh anda menjadi lebih kuat

3. Mengatasi Penyakit Jantung Koroner

Manfat jengkol untuk kesehatan tubuh yang berikutnya adalah dapat mengatasi penyakit jantung koroner. Jengkol merupakan makanan yang bersifat diuretik (yang membuat pembuangan urine menjadi halus). Pembuangan urine yang halus akan sangat baik untuk penderita penyakit jantung.

2. Mencegah Diabetes

Asam jengkolat merupakan zat yang ada di dalam jengkol dan dapat membantu mencegah timbulnya diabetes. Asam jengkolat ini membentuk kristal yang tidak larut oleh air. Sifat diuretik jengkol ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang mengalami gangguan ginjal. Dikhawatirkan ginjal tidak akan bisa menyaring buah jengkol asam jengkolat. Akibatnya ginjal tidak mampu menyaring asam jengkolat yang sulit berhentinya buang air kecil.

Baca Juga :  Ternyata Bisa untuk Poles Sepatu, Ini Fakta Unik Kembang Sepatu

1. Mengatasi Penyempitan Pembuluh Darah

Penderita penyakit jantung biasanya akan mengalami penyempitan pada pembuluh darah sehingga aliran darah menuju jantung menjadi tidak lancar. Manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh berguna untuk melebarkan dan mencegah pembuluh darah menyempit kembali. Agar khasiat jengkol menjadi optimal, sebaiknya jangan memasak jengkol hingga terlalu matang

  • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Jengkol untuk Kesehatan Tubuh Cegah Radikal Bebas artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here