32.9 C
Jakarta
Friday, August 12, 2022

Afrika Selatan, Ada Kehidupan Umat Muslim Disana

Afrika Selatan, Tengok Populasi Muslim Di Johanessburg

yang mayoritas (79 persen) penduduknya beragama Kristen, ia merasakan kebebasan untuk mengekspresikan keyakinannya.

Bahkan sebelum 1994, saat politik apartheid masih diterapkan, Di sini bebas Saya tak pernah merasakan pembatasan karena agama saya, Mariam adalah salah satu dari sekitar 2 juta warga muslim (1,5 persen) yang ada di sana

Ia tinggal di Bosmont, daerah di Johannesburg yang menjadi salah satu pusat permukiman warga keturunan Melayu. Di daerah itu Tempo juga sempat mengunjungi Masjid Bosmont.

Begitu melewati Jalan Maraisburg, menara masjid yang cukup menjulang itu akan gampang ditemukan, Di area masjid yang didirikan pada 1966 itu juga ada sekolah Bosmont Muslim School Sekolah itu mendidik 360 murid dari TK hingga SMP.

Di masjid itu biasanya digelar salat Jumat, Tempat ini juga biasa dijadikan sebagai pusat Maulid–peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW, yang di komunitas itu selalu dirayakan secara istimewa dan berlangsung sehari penuh.

warga muslim di Afrika Selatan bisa dengan leluasa mengekspresikan diri, Warga muslim disana kebanyakan tinggal di Cape Town.

 

Keturunan Etnis Melayu

Mereka umumnya masih mengelompokkan diri di suatu wilayah berdasarkan etnis asalnya, karena memang dipaksa demikian saat zaman apartheid dulu.

Di Bosmont, misalnya, kebanyakan warga muslim berasal dari keturunan etnis Melayu (Indonesia dan Malaysia). Pemeluk Islam keturunan India di Johannesburg antara lain mengelompok di daerah Fordsburg.

Masjid dan sekolah di Bosmont hanyalah satu dari fasilitas serupa yang terus bertumbuh di seantero Afrika.

Saat ini di Negeri Pelangi itu ada sekitar 600 masjid, 102 buah di antaranya di Johannesburg dan 400 institusi pendidikan Islam.

Baca Juga :  Fatimah Al Fihri, Muslimah Pendiri Universitas Pertama di Dunia

Ibrahim mengaku optimistis soal perkembangan Islam ke depan, Sebab ia melihat warga muslim yang semula hanya menjadi pekerja kasar kini sudah banyak yang merambah profesi intelektual, seperti di dunia pendidikan dan finansial.

Nah, untuk info selanjutnya? yuk langsung aja mampir ke channel youtubenya “KanalDuniaIslam”

 

Baca Juga: bangkok menjadi jejak masuknya islam

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,420SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles