Channel E – Fungal acne adalah salah satu jenis jerawat yang ditimbulkan oleh pertumbuhan jamur pada kulit. Penanganan fungal acne juga ternyata akan berbeda dengan jerawat biasa yang disebabkan pertumbuhan bakteri. Perawatan fungal acne tidak bisa hanya mengandalkan produk skincare yang dikhususkan untuk kulit berjerawat.

Selain memiliki penanganan berbeda, buat kamu yang mengalami fungal acne, ada beberapa kandungan skincare yang wajib kamu hindari. Buat kamu yang penasaran, ini 5 kandungan skincare yang wajib dihindari bagi para beauty enthusiast yang memiliki fungal acne!

1Benzoyl Peroxide

Walaupun benzoyl peroxide sering didewakan sebagai salah satu kandungan untuk mempercepat penyembuhan jerawat yang ditimbulkan oleh bakteri, ternyata kandungan ini dapat memperparah fungal acne. Hal ini disebabkan oleh benzoyl peroxide membuat kulit menjadi kering dan dehidrasi. Fungal acne pada kulit akan tambah parah karena dengan keadaan kulit yang kering dan dehidrasi, skin barrier tidak dalam keadaan yang optimal.

2Coconut Oil

Coconut oil atau minyak kelapa adalah salah satu kandungan skincare yang disebut sebagai kandungan dengan sejuta manfaat untuk kecantikan kulit, tetapi ternyata ini juga adalah kandungan yang dapat menyebabkan terjadinya fungal acne. Coconut oil yang mengandung 47% fatty acid dalam bentuk lauric acid akan menjadi sumber makanan bagi Malassezia yang menjadi penyebab utama terjadinya fungal acne pada kulit.

3Lipid

Selain fatty acid, skincare dengan kandungan oil yang mengandung lipid juga wajib dihindari. Pasalnya, ternyata Malassezia sangat menyukai kandungan yang mengandung lipid sehingga akan memperparah keadaan fungal acne yang kamu miliki.

5Esters

Merasa asing dengan kandungan skincare yang masuk dalam kategori esters? Agar lebih mudah, kandungan skincare yang masuk dalam kategori esters adalah yang berakhiran -ate seperti glyceryl stereate dan sebagainya. Meski tidak semua kandungan yang masuk kategori esters memicu fungal acne, sebaiknya kamu menghindari kandungan skincare ini ya!

 

Jangan lupa kunjungi youtube kami diĀ Channel E Indonesia

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here